Loading...

5 Tips Memilih Primer Terbaik Sesuai Jenis Kulit Anda

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Fashion, Wanita

Sebuah primer  untuk wajah tidak hanya membantu riasan wajah untuk tinggal lebih lama, tetapi juga menutup pori-pori yang dapat merusak riasan wajah Anda dan juga membantu meratakan warna kulit wajah Anda.

Memilih primer wajah mungkin sulit dilakukan karena untuk memilih primer harus didasarkan pada jenis kulit Anda dan kesesuaiannya.

makeup-primer

Loading...

Di bawah ini adalah beberapa tips dalam memilih primer yang tepat sesuai jenis kulit, yang kami harapkan akan membantu Anda.

1. Kulit Normal – Pilih Primer yang Ringan dan Tekstur

Pada kulit normal, kemungkinan pori-pori kulit terbuka lebih kecil. Sebuah jenis primer ringan dan lembut akan membantu untuk menutup pori-pori kulit Anda dan meratakan warna kulit wajah Anda.

Menerapkan lapisan primer yang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan foundation  biasa dan pelembab dapat Anda lakukan untuk membuat riasan wajah lebih tahan lama. Sebuah  primer mengkilat dapat menyamarkan tekstur tidak rata yang biasanya terdapat pada kulit normal.

2. Kulit Berminyak – Pilih Primer dengan Efek Matte

Untuk kulit berminyak, pemilihan primer dengan efek matte akan membantu untuk menyumbat pori-pori yang terbuka pada kulit. Primer matte dengan silikon membantu untuk mengontrol produksi sebum (minyak) berlebih pada kulit berminyak Anda.

Oleskan lapisan primer dengan rata pada kulit Anda dan daerah kulit yang mengandung banyak minyak.  Kulit berminyak membutuhkan perawatan khusus, jadi pilihlah primer yang membantu untuk menahan pengeluaran minyak secara berlebihan pada kulit wajah Anda.

3. Kulit Kering – Pilih Primer dengan Efek Melembabkan

Untuk jenis kulit kering, maka pemilihan primer dengan bahan yang melembabkan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Memilih primer dengan sifat pelembab yang baik akan menyamarkan garis-garis halus dan kerutan yang terlihat pada dasar kulit dan pada permukaan wajah.

Sebuah primer yang baik dengan sifat pelembab akan memberikan manfaat menguntungkan untuk kulit Anda.  Hindari primer yang mengandung silikon karena tidak akan cocok untuk jenis kulit kering Anda.

4. Kulit Kombinasi – Pilih Primer Silikon

Gunakan primer berbasis silikon untuk jenis kulit kombinasi dengan efek matte dan  pelembab. Kulit kombinasi ditandai dengan bagian atas wajah yang  berminyak. Jadi, pilih primer yang akan membantu untuk menyumbat pori-pori yang terbuka.

Oleskan lapisan primer pada kulit sebelum menggunakan foundation pada kulit Anda

5. Kulit Sensitif – Pilih Primer yang Mengandung Air

Seperti yang kita ketahui, perawatan kulit sensitive lebih sulit dari pada perawatan untuk kulit berminyak. Kulit sensitif membutuhkan perawatan ekstra  karena cenderung mendapatkan masalah saat Anda menggunakan make-up dan produk kulit lainnya.

Pilih primer yang mengandung air untuk kulit sensitif. Sebuah primer mengandung  air akan terasa ringan untuk  kulit sensitif Anda.

Jika Anda akan menggunakan riasan wajah, Hindari memilih primer yang mengandung  silikon atau primer yang mengandung minyak karena tidak akan memberikan manfaat pada kulit sensitif Anda bahkan hanya dapat menyebabkan kerusakan yang cukup besar untuk kulit sensitif.

**

Demikian beberapa jenis primer yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kondisi dan keadaan jenis kulit Anda. Penerapan primer di wajah Anda akan membantu make up Anda untuk tahan lebih lama dan membuat Anda terlihat percaya diri.

Setelah selesai, jangan lupa untuk membersihkan wajah Anda. Bagaimanapun penggunaan primer menjadi salah satu penyumbatan pori –pori pada kulit wajah, jika tidak dilakukan pembersihan akan menyebabkan masalah kulit seperti jerawat yang akan merusak kulit Anda.

(FOTO: glamcheck.com)