Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Mulut Bayi?

Bersihkan mulat bayi sehabis makanBersihkan mulut bayi setiap selesai makan

Sebagai orang tua, kita pantas khawatir mengenai kesehatan anak kita, khususnya bila masih bayi. Memastikan bahwa kondisi mulut bayi dalam keadaan yang sehat dan bersih akan membantu gigi tumbuh lebih cepat dengan gusi yang sehat. Orang tua biasanya akan semakin khawatir ketika gigi pertama bayi sudah mulai tumbuh. Apalagi jika masalah yang menyangkut kesehatan mulut mulai muncul, misalnya terjadi kerusakan pada gigi (berlubang atau gigi susu yang tanggal). Hal itu memang lumrah karena akan diganti dengan gigi baru. Namun, tak ada salahnya untuk memberikan perhatian khusus pada kesehatan mulut bayi.

Berikut 5 cara menjaga kebersihan mulut bayi:

Loading...

1. Ketika anak selesai makan, jangan lupa untuk melap gusi dan mulut bayi dengan kain katun basah. Bila sudah tumbuh gigi, gunakan sikat gigi yang berbulu halus dan lembut untuk membersihkan giginya. Ini akan membantu menghilangkan plak pada gigi dan kelebihan gula sehingga gigi anak Anda akan tetap sehat.

READ:  10 Tanda Hubungan Sehat

2. Adakalanya bintik-bintik cokelat atau putih muncul pada gusi bayi Anda. Buatlah kebiasaan untuk memeriksa mulut anak secara teratur. Dengan pemeriksaan teratur Anda akan tahu apakah mulut atau gigi anak kotor, sehingga Anda bisa langsung membersihkannya. Hal ini bertujuan agak mulut anak bersih dan bernafas segar.

3. Bila anak suka mengkonsumsi makanan manis, cobalah untuk menguranginya. Makanan manis akan membuat gigi anak Anda gampang berlubang dan rusak.

4. Pastikan Anda benar-benar membersihkan botol susu atau peralatan makan anak Anda dengan baik. Gunakan air panas dan rendamlah  selama beberapa saat untuk menghilangkan kuman yang masih menempel agar tak masuk di mulut bayi.

5. Biasanya jika anak sedang tumbuh gigi, gusi mereka akan terasa gatal sehingga mereka sering mencari sesuatu yang bisa dikunyah untuk mengurangi gatal tersebut. Untuk menghindari bayi memasukkan benda-benda berbahaya yang bisa saja melukai mulut, berikan mereka mainan yang bisa digigit khusus dibuat untuk bayi. Jadi, akan lebih aman.

READ:  5 Kunci Sukses Menjadi Orang Tua yang Ideal

(photo: kcparent.com)