Loading...

8 Kiat Sehat Mengatasi Stress Dalam Hidup dan di Tempat Kerja

Penulis: Altifanidya Aster Rubrik: Kesehatan

Kehidupan memang berjalan terus tanpa peduli dengan kondisi kita sedang bagaimana. Meskipun kita sedang sulit, hidup akan terus berjalan, meskipun suasana hati sedang tidak enak, dunia akan terus berputar dan tidak akan memperdulikan apa yang kita rasakan, begitulah hidup yang terkadang memicu stress dan depresi pada banyak orang.

Tuntutan dunia yang harus selalu diikuti justru bukan menenangkan malah menjadikan anda tertekan dan sulit mengatur kehidupan pribadi  sehingga berpengaruh sekali terhadap kondisi kesehatan dan kematangan mental seseorang. Padahal. sebagaimana yang kita ketahui, mental sehat akan menghasilkan tubuh yang sehat.

Kiat Sehat Mengatasi Stress

Loading...

Bagaimana mendapatkan mental dan tubuh yang sehat di bawah tekanan kehidupan, stres dan depresi yang menghadang?

Seseorang yang cakap dan pintar tentu bisa membedakan bagaimana seharusnya mereka menjalani kehidupan di luar dan kehidupan di dalam keluarga, internal dirinya serta membedakan mana yang harus didahulukan antara kehidupan pekerjaan, lingkungan dan keluarga.

Kecakapan dalam menjalani inilah yang bisa menjadikan seseorang itu sehat mental dan pikirannya sehingga memicu kesehatan fisik mereka.

1. Menyesuaikan Kondisi

Sesuaikan kondisi tekanan lingkungan sekitar dengan kondisi yang kita mampu lakukan, jangan pula terlalu terikat. Misalnya jika aktivitas anda padat sekali, jangan menahan dan menunda jadwal makan anda, karena ini akan berdampak pada kondisi fisik anda, terutama psikis anda yang sedang stress oleh jadwal yang padat ditambah kondisi tubuh yang belum diasupi makanan.

Begitu juga jika terjadi kebalikannya,anda tidak harus memperturutkan selera anda hanya karena lapar mata, padahal aktivitas anda tidak begitu banyak, ini sangat berpengaruh pada kesehatan anda.

2. Pijatan Rutin

Pijatan tubuh rutin akan memberikan efek relaksasi dan menenangkan pada anda yang sudah menjalani hari-hari yang berat dengan rutinitas dan tuntutan pekerjaan yang menekan.

Tujuan dari pemijatan adalah untuk melancarkan peredaran darah ke otak, sehingga otak akan memberikan perintah rileks kepada otot tubuh, ini perlahan akan memperbaiki kondisi fisik anda dan psikis anda secara otomatis.

3. Kualitas Tidur

Perbaiki kualitas tidur anda yang biasanya sangat sedikit dan tidak nyenyak. Anda bisa membiasakan untuk tidur tepat waktu, tidak kurang dan tidak berlebihan agar tubuh kembali segar dan siap menghadapi tekanan pekerjaan di luar sana.

4. Rutin Berolahraga

Olahraga ringan namun teratur setiap hari dengan cara meregangkan otot-otot anda, mengeluarkan keringat yang berfungsi mempercepat aliran darah serta melancarkan kerja paru-paru menyuplai oksigen ke otak sehingga tubuh terasa segar, tidur lebih nyenyak, tidak mudah lelah dan yang pasti terhindar dari stres.

5. Lakukan Hobi

Jangan sepelekan hobi anda, karena hobi akan menstimulasi tubuh anda menjadi rileks, tenang dan menghilangkan stress. Hobi apapun itu jenisnya selalu menjadi teman terbaik untuk mereka yang terlalu disibukkan oleh tetek bengek dunia.

6. Konsumsi Air Putih

Minum cukup air putih sebagai terapi paling sederhana dalam menyehatkan tubuh, melawan radikal bebas, membersihkan sistem metabolisme di dalam tubuh dan membantu tubuh dari kemungkinan dehidrasi yang memicu tekanan darah menjadi meningkat, mudah marah dan mudah stress

7. Meditasi

Jika anda bisa dan sempat, lakukanlah meditasi, karena ini sangat ampuh membersihkan pikiran dan memaksimalkan konsentrasi.

Cukup dilakukan sebisa anda, 2 menit juga sudah cukup membantu, karena penelitian mengatakan meditasi 15 menit sama dengan anda beristirahat selama 1 jam.

8. Seks Sehat

Seks yang sehat akan memberikan kenyamanan, meredam emosi dan memberikan efek tenang bagi anda. Jadi jangan hindari berhubungan seks di saat anda sedang stres oleh dunia luar, karena berhubungan seks justru akan merilekskan anda.