6 Cara Mengurangi Risiko Diabetes

Diabetes menjadi salah satu jenis penyakit yang paling banyak menelan korban dan membutuhkan banyak biaya pengobatan.

Sebuah persentase yang mengkhawatirkan menyatakan telah banyak penduduk yang terkena resiko diabetes dan jumlahnya semakin meningkat.

Tidak hanya orang-orang dengan riwayat keluarga diabetes yang rentan terhadap hal ini, tetapi juga anak-anak muda karena perubahan gaya hidup dan makanan yang dimodifikasi secara genetik dan diproses.

Loading...

Cara Mengurangi Risiko Diabetes

Jika ada riwayat diabetes dalam keluarga, Anda dapat melakukan banyak hal untuk mengurangi risiko terkena atau setidaknya menundanya untuk waktu yang lama demi menghindari resiko diabetes ini.

Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan dan ubah dalam gaya hidup Anda untuk mengurangi risiko terkena diabetes.

1. Berolahraga Secara Teratur

Anda tidak perlu banyak latihan dan keluar setiap hari untuk melakukan olahraga, tetapi dapat memulai dan mengikuti latihan olahraga ringan. Bagian yang penting adalah bahwa Anda melakukannya secara teratur.

Latihan setiap hari atau setidaknya satu jam dalam sehari bisa menjadi penambahan energi yang akan menurunkan resiko menderita diabetes.

READ:  8 Manfaat Cantik Dengan Baking Soda

2. Konsumsi Makan Sehat

Jauhi mengkonsumsi makanan olahan, makanan yang dimodifikasi secara genetik dan mengandung banyak gula. Sebaiknya Anda melakukan program diet sebagai salah satu cara yang akan menjauhkan Anda dari kemungkinan terkena diabetes.

3. Jangan Merokok  

Jika Anda seorang pecandu perokok, cobalah untuk mengurangi jumlah rokok atau mencoba untuk berhenti merokok.

Salah satu penyebab dari diabetes yaitu merokok. Bukan hanya diabetes, tetapi merokok juga dapat menimbulkan berbagai macam jenis penyakit lainnya.

4. Kurangi Minum

Jika Anda adalah seseorang peminum yang lebih dari sekali dalam seminggu, maka untuk menghindari resiko terkena diabetes ada baiknya untuk segera mengurangi atau lebih baik untuk menghilangkan kebiasaan tersebut.

Anda dapat mengubahnya menjadi minuman sekali dalam satu bulan atau dua kali dalam sebulan.

5. Menurunkan Berat Badan

Cobalah untuk berolahraga dan mengurangi berat badan Anda terutama di sekitar perut. Lemak  perut juga merupakan salah satu penyebab diabetes karena membuat produksi insulin dalam tubuh menurun.

READ:  8 Manfaat Teh Jahe

6. Tambahkan Serat dan Biji-bijian

Menerapkan diet serat dan biji-bijian akan menghindarkan Anda dari mengonsumsi  banyak kalori dan juga memudahkan sistem pencernaan Anda.

Selain itu, serat dan biji-bijian juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Jadi keinginan Anda untuk makanan dan makan lebih banyak dalam sehari akan berkurang.

**

Demikian 6 hal yang dapat menjauhkan Anda dari risiko diabetes. Perubahan kecil dalam diet dan gaya hidup dapat menurunkan risiko diabetes. Anda tidak perlu menjauhi semua jenis makanan, Anda bisa tetap makan dalam jumlah sedikit.

Mengurangi ngemil dan junk food juga akan membantu Anda menangkal diabetes setidaknya beberapa tahun ke depan.

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, membuat perubahan kecil sekarang maka akan menghindarkan Anda dari resiko diabetes dan membuat Anda menjadi lebih sehat. Semoga bermanfaat.