Bagaimana Cara Mudah Budidaya Buah Naga Dalam Pot?

 Cara Mudah Budidaya Buah Naga Dalam PotBuah yang masih satu spesies dengan kaktus ini memang menjadi buah yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan.

Selain dapat digunakan sebagai jus buah segar, buah naga juga bisa diracik menjadi ramuan herbal yang mampu mengobati beberapa penyakit tertentu.

Buah asal Meksiko ini memang tidak begitu banyak kita temukan di indonesia, karena memang pembudidayaan buah naga masih terbilang sangat terbatas dan jarang di negara kita ini.

Loading...

Meskipun demikian tentu kita tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk membudidayakan buah naga jika mengetahui cara untuk membudidayakan buah kaya vitamin ini dengan mudah.

Berikut cara membudidayakan buah naga secara mudah dengan menggunakan pot :

1. Menyediakan Pot

Tahap awal yang harus kita persiapkan sebelum membudidayakan buah naga dengan menggunakan pot, tentu kita harus menyiapkan sebuah pot.

Kita bisa mengguanakan pot bunga yang bisa didapatkan di tempat penjual pot atau bisa juga kita menggunakan ember sebagai pot tanaman ini.

2. Tiang Penyanggah

Setelah kita menyediakan sebuah pot, maka selanjutnya kita harus menyediakan sebuah tiang penyanggah yang berguna untuk menyanggah cabang tanaman ini, karena cabang buah naga terbilang memiliki bobot yang berat.

READ:  Cara Mudah Membuat Terompet Tahun Baru dari Botol Bekas

Dengan menggunakan tiang penyanggah maka cabang dari tanaman buah naga akan tetap tegak dengan bantuan tiang tersebut.

3. Media Tanam

Selanjutnya adalah menyediakan media tanam berupa tanah, pasir, pupuk kandang dan pupuk urea yang akan kita masukkan ke dalam pot yang sudah diletakkan tiang penyanggah di dalamnya.

Kemudian campurkan sampai betul-betul merata media tanam yang terdiri dari tanah, pasir, pupuk kandang dan pupuk urea tadi. Siram campuran media tanam tersebut dengan air dan diamkan selama 1 malam.

4. Penanaman Bibit

Masukkan bibit buah naga yang siap tanam, minimal sudah sepanjang 30 cm dengan kedalaman lebih kurang sedalam 10 cm dari permukaan tanah ke dalam pot yang sudah berisi media tanam.

Dan biasanya bibit yang sudah siap tanam jika sudah berwarna hijau tua dan sedikit keabu-abuan dari batang bibit buah naga tersebut.

5. Perawatan

Yang terakhir setelah selesai penanaman bibit ke dalam pot, maka selanjutnya yang harus kita lakukan adalah perawatan tanaman buah naga tersebut.

READ:  Cara Menghilangkan Rasa Bosan Saat Bekerja

Letakkan pot berisi bibit tanaman buah naga di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung, dan siramlah tanaman tersebut secara rutin minimal 1 kali sehari. Jangan menyiramnya dengan air yang terlalu banyak.

**

Nah itulah cara mudah membudidayakan buah naga dengan menggunakan pot yang bisa kita lakukan di rumah.

Sebaiknya mulailah penanaman buah naga ini setelah musim hujan, karena tanaman buah naga yang masih satu golongan dengan kaktus ini menyukai tempat yang panas dan sedikit tandus tentunya.

Semoga bermanfaat.