5 Solusi Terbaik Untuk Mengatasi Kulit yang Terbakar

mengatasi luka bakar ringanLuka bakar pada kulit seringkali disebabkan oleh radiasi matahari, atau panas akibat api.

Luka yang ditimbulkan dapat berupa luka kecil atau luka bakar besar. Luka bakar ini menyebabkan pembengkakan dan merusak jaringan kulit.

Oleh karena itu, luka bakar yang terdapat pada kulit harus diberikan perawatan yang tepat karena jika dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan masalah kulit serius.

Loading...

Pada dasarnya kulit yang terbakar terbagi menjadi tiga jenis.

Pertama adalah luka bakar tingkat awal, ini adalah luka bakar ringan yang menyebabkan pembengkakan pada lapisan epidermis kulit. Luka bakar ini tidak akan menimbulkan efek yang serius dan dapat diobati dengan beberapa obat alami yang ada di rumah Anda.

Jenis luka bakar lainnya adalah luka bakar tingkat kedua dan luka bakar tingkat ketiga. Ini menyebabkan kerusakan jaringan yang serius dan harus ditangani di bawah pengawasan dokter yang terlatih.

Di bawah ini adalah beberapa solusi terbaik untuk mengatasi luka bakar tingkat pertama. Jenis luka ini dapat diobati dengan menggunakan metode sederhana dan alami seperti berikut:

READ:  12 Tanda Peringatan Anak Anda Mungkin Seorang Psikopat

Es

Es atau air dingin sangat efektif untuk digosokkan pada kulit yang terbakar karena dapat memberikan bantuan pendinginan. Es dapat bertindak sebagai zat inflamasi yang membantu dalam mengurangi rasa sakit.

Es atau air dingin adalah pengobatan yang bisa langsung Anda gunakan untuk mengatasi luka bakar pada kulit. Namun, menggosok dengan terlalu banyak es juga dapat berbahaya tp sebab dapat meninggalkan bekas luka dan ruam pada kulit.

Jika Anda mengalami luka bakar, penggunaan es adalah cara yang paling mudah dan cepat yang dapat mengurangi rasa sakit Anda.

Madu

Madu juga memiliki sifat anti inflamasi dan menenangkan kulit yang terbakar. Selain itu madu mampu menyamarkan bekas luka yang disebabkan oleh kulit terbakar.

Oleh karena itu, solusi lain untuk luka bakar adalah dengan menerapkan sedikit madu pada bagian kulit yang terluka secara rutin.

Cuka

Cuka merupakan sejenis zat yang memiliki sifat pendinginan. Hal ini sangat berkhasiat dalam hal penyembuhan luka bakar pada kulit, dan merupakan obat yang baik untuk mengatasi kulit terbakar.

READ:  Atasi Jerawat Dari Kaki Hingga Kepala

Akan tetapi cuka tidak boleh Anda gunakan dalam bentuk terkonsentrasi, harus diencerkan dengan air lalu diterapkan pada kulit yang terbakar dengan menggunakan kain atau kapas.

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, tapi salah satu khasiat terbaik adalah untuk mengatasi luka bakar di kulit.

Tanaman ini memiliki sifat anti inflamasi, meringankan rasa sakit dan juga dapat menghindari pembentukan bekas luka. Anda dapat langsung menerapkan gel lidah buaya pada bekas luka bakar.

Kunyit

Kunyit memiliki sifat antiseptik dan anti inflamasi. Oleh karena itu, kunyit merupakan salah satu solusi yang sangat baik untuk kulit terbakar.

Penggunaan kunyit akan membuat luka bakar tidak membengkak. Untuk pengobatan yang lebih efektif, Anda dapat mencampurkan kunyit dengan minyak zaitun.

**

Jika salah satu solusi di atas tidak bekerja dengan baik dan rasa sakit tidak dapat diatasi, segeralah melakukan konsultasi ke dokter. Jika dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan luka serius dan meninggalkan bekas luka pada kulit serta merusak tekstur kulit Anda.

READ:  Belajar Mengenali Stres

Perlu Anda ingat untuk tetap hati-hati dalam mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi luka bakar pada kulit.