8 Cara Menjaga Perut Tetap Bersih

8 Cara Menjaga Perut Tetap BersihUntuk memiliki gerakan usus yang sehat, menjaga kesehatan usus dan rektum sangatlah penting. Manfaatnya diantaranya ialah sebagai berikut:

– Menurunkan resiko terkena kanker kolorektal, salah satu jenis kanker yang paling umum di negara-negara industri
– Menurunkan resiko mengalami sindrom iritasi usus, sembelit kronis, dan diare kronis
– Menurunkan resiko terkena wasir
– Mengurangi produksi gas
– Penyerapan air dan mineral yang lebih efisien
– Memberikan perasaan ringan dan nyaman di daerah perut

Nah, berikut adalah 8 cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga perut Anda tetap bersih:

Loading...

1. Tetap terhidrasi

Tidak ada yang lebih baik bagi tubuh dibandingkan air. Minum lebih sedikit air akan memperlambat sistem pencernaan kita, menyebabkan masalah bagi perut. Kita harus minum banyak air setiap hari untuk menjaga sistem kita tetap sehat. Jika urin bersih dan tidak berbau, itu berarti Anda mendapatkan cukup air.

2. Makan lebih banyak sayuran, buah dan gandum

Sayuran, buah dan produk gandum kaya akan serat. Serat penting bagi tubuh. Buah seperti strawberry, mangga, alpukat, dan buah kering seperti kismis dan prem memberikan serat yang dibutuhkan dan membantu menjaga perut tetap bersih dan sehat.

READ:  Manfaat Sehat dan Cantik Buah Delima

3. Jangan berbaring 2 jam setelah makan

Banyak dari kita yang sering berbaring setelah makan malam. Hal ini memperlambat proses pencernaan yang mana dapat menyebabkan masalah bagi perut kita.

4. Makan sesuai jadwal

Beberapa dokter mengatakan bahwa makan sesuai jadwal teratur dapat membantu menjaga perut dalam kondisi baik dan tetap sehat. Cobalah untuk sarapan pagi, makan siang dan malam pada waktu yang sama setiap harinya.

5. Yoga/Olahraga Teratur

Melakukan olahraga dan yoga secara teratur menjaga makanan yang ada dalam perut bergerak, karenanya hal itu dapat mengurangi konstipasi. Keduanya juga akan membantu menjaga bentuk dan berat badan Anda. Tambahkan olahraga/yoga ke dalam jadwal harian untuk hidup lebih sehat.

6. Hindari makanan cepat saji

Semakin banyak lemak jenuh yang Anda konsumsi, semakin sulit bagi perut Anda. Anda harus mencoba untuk mengurangi asupan burger, kue, keripik, pizza, dan donat untuk membantu perut Anda sehat dan mencegahnya dari bentuk nyeri apa saja.

7. Makan perlahan

Makan terburu-buru atau mengunyah gigitan besar dapat memberikan banyak tekanan pada perut Anda. Dan sistem pencernaan Anda harus bekerja lebih keras dalam mencerna makanan. Hal ini dapat menyebabkan sakit perut atau mempengaruhi sistem pencernaan secara negatif. Mengunyah makanan seluruhnya akan mempermudah pencernaan dan Anda juga dapat menikmati rasa lezat makanan lebih lama.

READ:  Pengobatan Rumahan Untuk ISPA

8. Berhenti melakukan kebiasaan buruk

Asupan alkohol, rokok, dan obat-obatan dapat mengganggu fungsi perut dan sistem pencernaan yang mana dapat menyebabkan gangguan perut dan heartburn. Hal ini seharusnya dapat dicegah atau paling tidak dikurangi.

Tips!

Setiap malam kedua, cobalah untuk memasukkan 1 sendok teh minyak kastor dalam setengah gelas susu. Dengan cara ini Anda dapat menghindari terserapnya bahan pengawet yang ada dalam makanan oleh tubuh Anda. Minyak kastor dalam susu merupakan pengobatan ayurveda yang benar-benar alami dan tidak memiliki efek samping.

Metode pembersihan yang sangat efektif lain untuk usus besar ialah dengan mengonsumsi teh jahe. Rebus 2 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Saat memasak, aduk 1 sendok teh jahe bubuk dan tambahkan dengan sedikit gula putih. Biarkan dingin dan sebelum minum tambahkan 6 tetes lemon. Anda bisa meminum teh jahe ini dua kali sehari. Hindari jahe selama sembelit.