Yuk Kenali Tanda dan Gejala dari Kanker Ovarium

gejala-kanker-ovariumKanker ovarium saat ini menyerang sejumlah wanita di seluruh dunia setiap tahunnya. Kanker ovarium adalah sejenis kanker yang tumbuh di sekitar ovarium.

Lebih dari 90% kanker ovarium dapat ditemukan saat muncul dari permukaan ovarium yaitu lapisan epitel dan diklasifikasikan sebagai epitel.

Ada dua jenis pertumbuhan kanker di tuba falopi dan karena itu, dua kanker ini sangat sulit untuk dibedakan. Terkadang kanker di saluran tuba meniru kanker ovarium. Jenis lain dari kanker ovarium yang disebabkan oleh sel germinal tumor dan sel pendukung lainnya.

Loading...

Wanita yang belum pernah hamil dan wanita infertil dapat dikatakan sebagai wanita dengan kondisi yang disebut endometriosis, berada di bawah resiko tinggi tertular kanker ovarium. Alasan herediter juga menjadi faktor yang meningkatkan risiko kanker ovarium pada perempuan.

Masalah dengan kanker ovarium adalah bahwa diagnosis sangat sulit dilakukan dan gejala dari kanker ovarium tidak benar-benar spesifik. Meskipun demikian, ada beberapa tanda dan gejala yang patut Anda waspadai karena berhubungan dengan kanker ovarium.

READ:  Yang Perlu Anda Tahu Tentang Hiperpigmentasi

Berikut adalah beberapa tanda-tanda kanker ovarium yang dapat Anda kenali.

1. Perut Kembung

Perut Anda akan terlihat seperti kembung dan bahkan Anda merasa kenyang untuk makan ataupun minum.

Perut kembung tidak otomatis berarti bahwa Anda mengidap kanker ovarium, tetapi jika ini terus berlanjut untuk waktu yang lama, maka lebih disarankan bagi Anda agar melakukan pemeriksaan. Kunjungi dokter untuk mengetahui masalah apa yang sedang terjadi pada tubuh Anda.

2. Nyeri Panggul dan Perut Terasa Sakit

Sakit yang tajam terasa pada panggul dan daerah perut juga bisa menjadi salah satu tanda gejala kanker ovarium.

3. Kekenyangan

Anda mungkin sering merasa kekenyangan setelah makan dalam porsi yang sedikit. Jika Anda merasakan hal demikian, maka lakukan pemeriksaan pada daerah sekitar perut untuk mencari tahu masalah apa yang sedang dialami.

Rasa kenyang yang Anda rasakan mungkin juga dapat disebabkan karena hal lain, tetapi akan lebih aman untuk melakukan pemeriksaan lebih awal.

4. Sering Buang Air Kecil

Rasa ingin buang air kecil dengan frekwensi lebih sering kadang-kadang lebih dari tiga kali atau empat kali dalam waktu kurang dari satu jam, juga bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan ovarium Anda.

READ:  Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag

5. Pendarahan Abnormal Pada Vagina

Hal ini mungkin menjadi salah satu tanda yang jarang dialami, tetapi ini dapat dijadikan sebagai tanda tertentu kemungkinan terjadinya pertumbuhan kanker dalam ovarium.

Jika terjadi perdarahan saat memasuki usia menopause dan perdarahan rectum, segera waspada. Ini dapat menjadi tanda-tanda kanker ovarium. Jika gejala ini terjadi selama lebih dari satu bulan, maka akan lebih baik untuk melakukan pemeriksaan.

6. Sakit Punggung, Sembelit, Kelelahan & Penurunan Berat Badan

Hal-hal ini bisa menjadi gejala dari masalah atau penyakit lain yang mungkin ada dalam tubuh Anda, Tetapi perlu juga Anda ingat, beberapa gejala dapat menjadi salah satu tanda dari kanker ovarium.

**

Demikian6 gejala yang dapat Anda kenali sebagai kanker ovarium. Mendiagnosis dan mengobati kanker ovarium sulit berdasarkan gejala ini karena sebagian besar masalah ini dapat disebabkan oleh penyakit lain juga. Jadi sebaiknya segera konsultasi pada dokter.

Gejala kanker ovarium biasanya sangat sulit ditemukan dan tidak akan tampak dalam tahap awal kanker ovarium. Ini dikarenakan, kanker ovarium dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak dan perempuan yang sedang menyusui beresiko terkena kanker ovarium.

READ:  Cara Mudah dan Alami Menurunkan Berat Badan

Kanker ovarium dapat didiagnosis dengan tes darah dan biopsi. Pada umumnya deteksi dapat dilakukan hanya pada tahap berikutnya, karena itu dapat berakhir fatal pada banyak wanita.

Lakukan pola hidup sehat untuk menghindari kanker ovarium. Ini dapat menjadi salah satu cara untuk membantu Anda. Semoga bermanfaat.