Memiliki Kulit Sensitif? Ikuti 5 Tips Berikut!

Memiliki Kulit Sensitif? Ikuti 5 Tips Berikut!Banyak perusahaan kecantikan merancang produk untuk kulit berminyak atau sensitif, tapi bagaimana Anda bisa membedakan mana produk yang tepat untuk Anda?

Ada tiga tipe dasar kulit: berminyak, sensitif atau normal. Jika Anda tidak cocok dengan salah satu kategori ini, akan sulit bagi Anda untuk memilih produk perawatan kulit.

Sebagian besar orang tahu jika mereka memiliki kulit sensitif. Kulit sensitif di sini tidak mengacu pada kondisi yang didiagnosis secara medis, yang harus selalu diperlakukan sesuai dengan saran dari dokter.

Loading...

Kulit sensitif yang dimaksud adalah kulit yang lebih peka dan perlu diperlakukan dengan perawatan ekstra, hal ini dapat bervariasi dari orang ke orang. Seseorang mungkin menemukan bahwa kulit mereka bereaksi terhadap paparan cuaca ekstrim atau wewangian baru, sementara yang lain menemukan bahwa mereka harus menghindari produk yang diformulasikan terlalu agresif dan menanggalkan sebum alami.

Dalam suatu studi di Eropa, 52% dari partisipan mengaku kulit mereka sensitif. Nah, simak yuk tips untuk kulit sensitif berikut, dilansir dari Good Health Nutrition. Tips kecantikan ini juga dapat membantu jika Anda tidak yakin jenis kulit Anda atau memiliki kulit kombinasi.

READ:  Atasi Insomnia dengan Makanan Sehat

Lindungi Kulit dengan Tabir Surya

Tabir surya penting untuk setiap jenis kulit. Kulit sensitif dapat sangat peka terhadap panas dan matahari. Menerapkan tabir surya setiap hari penting bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Lembut dan Jangan Membersihkan Kulit Secara Berlebihan

Eksfoliasi atau membersihkan kulit sensitif secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi. Dan, Anda mungkin ingin menggunakan air hangat dibanding air panas sebelum melangkah ke kamar mandi karena panas dapat menjadi faktor yang memberatkan lainnya. Ingatlah untuk menjaga kulit Anda tetap bersih, tapi jangan berlebihan.

Hindari Pakaian Sempit

Orang dengan kulit sensitif mungkin menemukan bahwa tidak hanya wajah mereka saja yang peka. Cobalah untuk mengenakan pakaian longgar untuk memungkinkan kulit Anda bernapas.

Jaga Kulit Sehat dari Dalam

Kebiasaan sehat seperti menjaga diri tetap terhidrasi, makan makanan bergizi dan berolahraga dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, dan tentunya penampilan secara keseluruhan, terlepas dari jenis kulit Anda.

Lakukan Patch Test pada Produk Baru

Berinvestasi pada produk perawatan kulit atau makeup baru bisa menyenangkan, tapi pastikan Anda melakukan patch test sebelum terlibat. Patch test adalah tindakan pencegahan dan itu hanya berarti menerapkan produk ke daerah kecil kulit. Tergantung pada tingkat sensitivitas, patch test terbaik diterapkan 24 jam hingga satu minggu.

READ:  10 Tips dalam Merawat Kulit Sensitifmu!

Jika Anda memiliki kulit sensitif maka Anda akan tahu daerah terbaik untuk Anda, tapi kami sarankan menyeka sejumlah kecil produk di belakang telinga Anda atau di lokasi yang tidak mencolok lainnya. Jika Anda tidak melihat reaksi dalam waktu seminggu, produk tersebut mungkin akan baik-baik saja untuk digunakan pada kulit sensitif Anda.