Cara Membuat Maskara dan Eyeliner Alami

Cara Membuat Maskara dan Eyeliner AlamiBeberapa orang merasa tidak lengkap tanpa menggunakan maskara dan eyeliner. Keduanya merupakan elemen penting dalam kotak makeup.

Penting untuk menggunakan maskara dan eyeliner yang ramah bagi kulit karena produk-produk ini dapat menyebabkan mata gatal atau alergi akibat bahan kimia yang terkandung didalamnya.

Nah, mengapa tidak mencoba membuatnya sendiri? Simak artikel berikut untuk tahu cara membuat maskara dan eyeliner alami, dilansir dari PositiveMed.

Loading...

Maskara

Yang dibutuhkan:
1. Minyak kelapa – 2 sendok makan (30 mL)
2. Gel lidah buaya – 4 sendok makan (60 mL)
3. Lilin lebah – 1/2 sendok makan (7,5 mL)
4. Arang aktif – 2 kapsul
5. Kontainer maskara

Cara membuat:
1. Campurkan minyak kelapa, lilin lebah dan gel lidah buaya dalam panci di atas api dengan panas rendah. Aduk terus hingga lilin meleleh sepenuhnya.
2. Masukkan kapsul ke dalam larutan, biarkan tercampur sempurna, lalu angkat panci.
3. Tuangkan campuran ke dalam kantong plastik kecil, seperti kantong sandwich, dan tekan pada satu sudut. Berikan lubang kecil pada sudut yang berlawanan.
4. Buatlah pucuk dengan melipat sudut dan letakkan dalam kontainer maskara sehingga Anda bisa dengan mudah menuangkan campuran ke dalam kontainer. Berhati-hatilah karena dapat meninggalkan noda di tangan Anda.
5. Setelah campuran berada dalam tabung, maskara Anda siap untuk digunakan. Tutup dan maskara alami buatan Anda telah selesai!

READ:  6 Sikap Wanita yang Dibenci Pria dalam Hubungan Asmara

Catatan:
1. Anda dapat menambahkan 1 sendok makan lilin lebah jika Anda berada di tempat dengan iklim hangat, hal ini juga akan membuat maskara lebih tahan lama dan tahan air.
2. Anda bisa menemukan arang aktif di toko makanan kesehatan manapun. Jika Anda tidak ingin menggunakan arang aktif, Anda dapat menggunakan bubuk kakao.

Eyeliner

Bahan yang dibutuhkan:
1. Minyak kelapa – 2 sendok makan (30 mL)
2. Gel lidah buaya – 4 sendok makan (20 mL)
3. Arang aktif – 1-2 kapsul (untuk warna hitam)
4. Bubuk kakao – 1/2 sendok makan (7,5 mL) (untuk warna coklat)
5. Tabung untuk produk hasil

Cara membuat:
1. Campurkan minyak kelapa, gel lidah buaya, dan arang aktif atau bubuk kakao dalam panci dan tempatkan di atas api dengan panas rendah, aduk secara konstan hingga meleleh sepenuhnya.
2. Angkat panci dan biarkan hingga dingin.
3. Ambil kantong plastik dan tuangkan campuran ke dalam kantong dorong ke satu sudut. Berikan lubang kecil pada sisi berlawanan kantong.
4. Buatlah pucuk dengan melipat kantong, masukkan pucuk ke dalam kontainer dan dorong campuran masuk ke dalam kontainer perlahan-lahan.
5. Ketika campuran sepenuhnya berada dalam tabung, eyeliner alami buatan Anda sudah jadi, bebas bahan kimia dan sehat bagi mata.

READ:  Manfaatkan Khasiat Telur untuk Rambut Lebih Halus

Catatan:
Pastikan Anda menyimpan tabung di tempat yang kering dan dingin, dan gunakan kuas yang bersih. Ganti kuas Anda setiap 6 bulan dan ganti eyeliner Anda jika mulai mengeluarkan bau busuk.