Loading...

4 Hal yang Perlu Anda Khawatirkan Saat Menggunakan Pewarna Kuku 

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Fashion, Kesehatan, Wanita

Jika Anda sangat suka memberi warna pada kuku Anda,  maka Anda harus menyadari beberapa hal keamanan saat menggunakan kuteks (pewarna kuku).

Perlu untuk Anda sadari, banyak produk pewarna kuku yang mengandung racun dan bahan berbahaya yang tersedia dalam cat kuku Anda. Jika Anda pecinta nail art, maka Anda perlu ekstra hati-hati mengenai keamanan ini.

Bahaya  Pewarna Kuku

Loading...

Ingin tahu keamanan apa saja yang perlu untuk Anda perhatikan dan jaga? Berikut kami bagikan untuk Anda.

1. Kuteks Gel Bisa Membuat Kuku Anda Kering

Kuteks gel adalah sebuah tren yang telah dilakukan selama bertahun-tahun. Tetapi banyak yang masih bertanya-tanya, amankah kuteks gel ini untuk digunakan?  Nah, jawabannya mungkin ‘Tidak‘. Ini mungkin akan membahayakan kuku Anda.

Hal ini telah dibuktikan dalam suatu penelitian, bahwa menggunakan kuteks gel tidak hanya akan membuat kuku Anda kering tapi juga lebih rapuh. Jadi, bila memungkinkan, cobalah untuk menghindari menerapkan kuteks gel pada kuku Anda.

2. Zat Formaldehyde yang Dapat Menyebabkan Kerapuhan Kuku

Untuk para pecinta nail art,  selain dari bentuk nail art itu sendiri, hal yang membuat mereka jatuh cinta dengan kuteks adalah warna. Namun penting untuk Anda ketahui, baru-baru ini diketahui didalam kuteks atau yang lebih dikenal dengan pewarna kuku terdapat zat formaldehida.

Zat ini adalah bahan yang digunakan sebagai pengeras dan juga memiliki beberapa efek berbahaya. Bahan ini dapat menyebabkan kerapuhan dan kekeringan pada kuku Anda.

3. Kandungan Toluene Pada Kuteks Dapat Menyebabkan Kerusakan

Toluene adalah bahan beracun lain yang ditemukan di sebagian besar pewarna kuku. Bahan ini mungkin akan menyebabkan kerusakan besar pada sistem saraf Anda.

Hal ini dapat menyebabkan kelahiran cacat pada anak-anak, sehingga akan sangat berbahaya bagi wanita hamil jika menggunakan kuteks saat sedang mengandung.

Selain itu juga dapat menyebabkan kerusakan pada kuku karena akan membuat kuku terlihat pucat dan rapuh.

4. Pembersih Kuku Dapat Menyebabkan Kekeringan

Pembersih kuku yang biasanya dianggap tidak berbahaya ternyata juga dapat menjadi ancaman untuk kesehatan kuku Anda. Ada banyak penghilang kuteks yang mengandung bahan  berbahaya.

Aseton yang ditemukan dalam cat kuku, jika digunakan selama periode tertentu akan menyebabkan kekeringan dan kerapuhan kuku. Walaupun ada pembersih kuku yang tidak mengandung aseton, namun ini juga tetap berbahaya untuk kuku Anda.

**

Demikian beberapa hal yang penting untuk Anda pikirkan sebelum menggunakan pembersih kuku dan pewarna kuku. Ini mungkin tidak akan tampak dalam penggunaan jangka pendek, namun akan terlihat saat penggunaan jangka panjang.

Anda boleh saja menggunakan kuteks atau pewarna kuku untuk mempercantik tampilan kuku Anda, namun perlu diingat, penggunaan yang terlalu sering akan merusak keindahan alami dari kuku dan kesehatan kuku Anda. Akan lebih baik jika Anda tidak memberi warna pada kuku Anda dan membiarkannya tampil alami.

Semoga bermanfaat.