7 Tips Perawatan Untuk Kulit yang Terkena Rosacea

Mengatasi RosaceaRosacea adalah salah satu jenis peradangan kulit yang terjadi pada orang dewasa. Penyakit ini ditandai dengan adanya benjolan kecil berwarna merah dan bernanah.

Obat untuk penyakit satu ini belum dapat ditemukan, namun bukan berarti tidak dapat ditangani. Sebuah perawatan khusus dan diet yang benar akan membantu Anda terhindar dari komplikasi lebih lanjut karena roscea.

Di beberapa kasus, rosacea dimulai pada awal 20-an dan sekali kondisi ini terjadi, maka cara terbaik yang dapat dilakukan yaitu dengan berkonsultasi pada dokter kulit yang kemudian akan menganalisa tingkat keparahan dan memberikan pengobatan yang benar sehingga tidak semakin memburuk.

Loading...

Nah, untuk langkah awal perawatan rosacea, Anda dapat lakukan hal berikut ini.

1. Makan Makanan yang Tepat

Ada jenis makanan tertentu yang dapat memicu rosacea seperti bir, alkohol, buah jeruk, tomat, keju, alpukat, terong, kacang-kacangan, dan polong. Ketika Anda berkonsultasi dengan dokter atau dokter kulit, cari tahu apa yang harus Anda hindari untuk mengurus menghindarinya.

Makanan panas dan pedas juga memicu rosacea menjadi lebih buruk, jadi yang cara terbaik adalah menghindari jenis makanan tersebut. Biasakan makan makanan sehat dan sederhana jika Anda terkena rosacea.

READ:  5 Tips Alami Atasi Demam Pada Bayi

2. Gunakan Krim yang Tepat

Rosacea juga ternyata dapat muncul karena salah penggunaan make up. Karena itu penting untuk Anda memperhatikan bahan yang terkandung dalam produk kecantikan yang akan digunakan.

Pastikan produk yang digunakan tidak mengandung mentol, minyak kayu putih, asam salisilat, minyak cengkeh, aroma, cokelat, dan peppermint. Unsur-unsur ini dapat memicu rosacea.

Jadi, pilihan terbaik adalah dengan menanyakan atau berkonsultasi kepada dokter Anda sebelum menerapkan segala jenis cream pada kulit Anda.

3. Gunakan Cleansing

Kulit yang terkena rosacea akan lebih mudah kering dibanding kulit pada umumnya. Jadi mencuci wajah secara teratur membantu untuk tetap membuat kulit wajah tetap lembab dan juga selain itu membebaskan wajah dari debu atau kotoran. Dianjurkan untuk menggunakan toner dan sabun ringan untuk membersihkan.

Selain itu sangat penting untuk tidak menggosok kulit.setelah mencuci kulit wajah Anda. Jika Anda ingin mengeringkan wajah, gunakan handuk berbahan lembut untuk mengeringkannya.

4. Gunakan Lotion yang Mengandung Tabir Surya

Panas berlebih atau sengatan matahari dapat mempengaruhi keadaan kulit yang terkena rocasea. Karena itu sangat penting untuk Anda menutupi kulit wajah Anda dengan menggunakan tabir surya yang dapat melindungi wajah dari sengatan matahari berlebih.

Anda dapat memilih tabir surya yang mengandung seng oksida.Ini akan membantu kulit terhindar dari iritasi dan gatal.

5. Coba Concealer dan Make Up yang Ringan

Ada banyak jenis kosmetik yang berbahan dasar ringan sehingga tidak akan memperburuk roscea pada wajah Anda. Bahkan Anda dapat meminta rekomendasi kosmetik apa yang baik digunakan.

6. Gunakan Teh Hijau

Teh hijau memiliki banyak kandungan anti-inflamasi. Tidak hanya untuk diminum tapi menerapkannya pada daerah yang terkena rosacea juga akan memberikan bantuan besar untuk perawatan.

Gunakan kapas yang telah direndam dalam air teh hijau lalu oleskan dengan lembut pada daerah yang terkena rosacea. Ini akan mengurangi peradangan dan kemerahan yang disebabkan oleh panas matahari atau kekeringan.

Setelah menerapkannya untuk beberapa waktu, biarkan daerah tersebut kering dan kemudian gunakan krim khusus atau lotion khusus.

**

Demikian 6 tips perawatan sederhana untuk kulit rosacea yang dapat Anda lakukan. Lakukan pola hidup sehat untuk menghindari penyakit ini. Dan juga hindari penggunaan kosmetik keras jika diwajah Anda terdapat roscea.

Lakukan konsultasi pada dokter kulit Anda untuk mengantisipasi jika terjadi masalah berlanjut. Semoga bermanfaat.