Loading...

5 Tips Jitu Agar Anak Gemar Belajar

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga

Apakah Anda khawatir karena anak Anda menyukai segala sesuatu tetapi tidak dengan hal belajar? Anda sudah mencoba banyak cara tapi masih sulit untuk membuat mereka belajar?

Tidak heran jika hal ini akan membuat Anda kehilangan kendali dan akhirnya melampiaskan kemarahan pada anak Anda.

Tetapi perlu untuk Anda ketahui hal ini tidak akan membantu menyelesaikan masalah Anda dan situasi saat itu juga. Anda harus tenang, sabar menjadi guru buat anak Anda dan menunjukkan kepada mereka hak tentang kesenangan apa yang akan mereka dapatkan saat membaca dan belajar.

Loading...

Jika Anak Malas Belajar

Nah, 5 tips ini mungkin akan membantu untuk mengatasi anak Anda yang sangat sulit belajar.

1. Ketahui Keinginan Anak

Satu hal yang orangtua harus lakukan adalah mengetahui segala sesuatu yang diinginkan oleh buah hati mereka. Belajar untuk memahami minat anak, mendorong mereka untuk membaca dan menemukan lebih banyak informasi sesuai dengan apa yang mereka sukai secara langsung telah membuat anak Anda berlatih untuk belajar.

Anda juga dapat membantu mereka untuk mendapatkan informasi yang lebih menarik. Jenis dorongan yang dipadukan dengan kreativitas dapat mengalihkan fokus mereka terhadap pembelajaran.

Karena itu jika Anda ingin anak Anda belajar maka mulailah dengan kepentingan mereka atau apa yang mereka sukai terlebih dahulu.

2. Membaca dengan Anak

Jika anak Anda merasa bahwa membaca dan belajar menjadi sebagai kegiatan yang sangat membosankan, maka membaca bersama mereka dapat Anda lakukan sebagai salah satu cara. Anda bisa bergantian membacakan buku pada anak Anda.

Setelah membaca, masing-masing dari Anda harus meringkas apa yang sudah Anda baca sebelumnya. Ini dapat menjadi seperti pengalaman kolektif yang membuat  sistem pembelajaran lebih menarik.

3. Lakukan Pendekatan Kreatif

Kreativitas dapat membuat cara belajar lebih menarik. Jika Anda hanya mengandalkan kemampuan pengetahuan dari membaca buku maka dapat dipastikan tidak akan membuat anak Anda memiliki imajinatif. Mereka membutuhkan sebuah imaji bebas dan pengeksplorasian yang lebih.

Jika mereka tertarik pada ilmu pengetahuan, cobalah membuat beberapa model atau melakukan beberapa eksperimen praktis  bersama mereka. Anda juga dapat membawa mereka ke museum atau mendorong mereka untuk menonton acara TV  yang menunjukkan tentang ilmu pengetahuan.

Jika mereka mencintai seni, Anda dapat membuatkan mereka buku-buku grafis, membaca cerita atau mengambil peran-bermain dan membuatnya lmenjadi sebuah cerita dalam bentuk drama.

Jika anak Anda tertarik akan ilmu fisika, maka Anda dapat menggunakan game angry bird sebagai daya tarik.

4. Bermain Asah Otak

Anda dapat membuat anak-anak bekerja dan berpikir secara efektif dengan cara bermain game asah otak seperti scrabble, catur, teka-teki silang, Sudoku dan semua permainan yang dapat mengasah dan membuat otak mereka berfikir.

Permainan ini membuat mereka berpikir lebih kreatif dan efektif.

5. Berikan Hadiah Saat Anak Juara Kelas

Anak-anak menjadi sangat senang ketika mereka mendapatkan sebuah hadiah atau dibuatkan sebuah acara kecil saat mereka berhasil menjadi juara kelas.  Katakan pada  mereka bahwa Anda akan memberikan hadiah jika mereka berhasil menjadi juara kelas di sekolah.

Ini dapat menjadi sebuah dorongan belajar yang sangat efektif buat anak. Selain itu semangat belajar yang dirasakan anak juga akan semakin bertambah jika Anda menjanjikannya dengan hadiah yang sangat mereka inginkan.

**

Demikian beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membuat anak Anda lebih gemar untuk belajar.  Jenis dorongan akan memberi semangat baru pada anak,  membantu mereka untuk belajar dan menantang diri mereka sendiri. Anak-anak lebih suka jika cara belajar yang dilakukannya lebih menarik.

Perlu diingat, jangan pernah memaksa anak Anda untuk belajar karena hanya akan memperburuk keadaan anak. Semoga bermanfaat.