8 Penyakit Serius Pada Bayi yang Harus Diwaspadai

Sistem kekebalan tubuh bayi belum bekerja secara maksimal, karena bayi masih sangat kecil dan masih sangat rentan terserang penyakit berbahaya.

Sistem kekebalan tubuh anak baru akan berkembang secara maksimal pada usia 5 tahun, sehingga untuk bayi di bawah usia tersebut kita sebagai orangtua harus paham dan benar-benar tahu apa sajakah penyakit yang bisa membahayakan nyawa si bayi beserta cara pencegahannya.

Penyakit Serius Pada Bayi

Loading...

Salah satu pencegahan yang efektif yang bisa dilakukan orangtua adalah rutin membawa anak untuk imunisasi, karena imunisasi dan vaksinasi adalah cara paling handal saat ini untuk mencegah beberapa penyakit berbahaya pada anak,

Beberapa penyakit yang harus diwaspadai diantaranya:

1. TB (Tuberkulosis)

Penyakit ini disebabkan bakteri pada paru-paru, infeksi bakteri ini akan menyebabkan bayi bersin dan batuk yang berkepanjangan.

Vaksinasi BCG adalah cara mencegah penyakit ini berkembang di tubuh anak. Biasanya diberikan pada balita yang baru lahir, yang sudah memiliki berat badan di atas 2500 gr.

2. Difteri

Penyakit ini juga disebabkan bakteri yang menginfeksi tenggorokan, ini akan mudah menular lewat batuk, bersin, dan kontak kulit.

READ:  Cara Mencuci dan Merawat Spring Bed

Vaksinasi DPT adalah cara paling efektif untuk mencegah penyakit ini.

3. Pertusis

Penyakit ini juga disebabkan oleh bakteri dan amat menular, bisa menular melalui batuk dan bersin dengan gejala pilek disertai kejang, nafas sesak berbunyi, muntah dan batuk mengeluarkan lender kental namun bukan dahak.

4. Campak

Campak muncul ditandai gejala demam tinggi dengan munculnya bintik-bintik merah pada kulit.

Usahakan agar anak jangan terkena angin dulu, karena panasnya akan kembali masuk ke dalam sehingga demam tidak akan turun-turun. Jangan lupa, minumkan anak cukup air agar tidak dehidrasi.

5. Polio

Disebabkan virus yang menyerang sum-sum tulang belakang dan menyerang otak, penyakit ini akan berakibat kelumpuhan pada anak. Dan jangan salah, polio itu menular, bisa lewat kontak liur, feses, lendir ingus dan lainnya.

Sekarang sudah ada vaksinasi polio rutin pada anak balita yang diberikan gratis oleh pemerintah.

6. Tetanus

Penyakit yang disebabkan bakteri dari terkontaminasinya tubuh oleh kotoran hewan dan tanah. Bakteri akan meracuni tubuh dan menyebabkan saraf di otak, saraf yang mengendalikan memerintah otot menjadi kejang-kejang,

READ:  Cara Meluruskan Rambut dengan Cepat

Imunisasi TT sudah sangat mudah didapat dan tiap anak pasti akan mendapat imunisasi TT ini.

7. Meningitis

Meningitis adalah penyakit yang disebabkan virus yang masuk melalui aliran darah dan akan menginfeksi bagian tubuh, biasanya sumsum tulang belakang dan selaput otak akan dibuat meradang. Vaksinasi HiB adalah cara pencegahannya.

8. Pneumonia

Penyakit infeksi pernafasan akut ini akan menyebabkan paru anak dipenuhi cairan dan nanah sehingga anak akan mengalami sakit yang sangat saat bernafas dan akan kekurangan oksigen, ini dapat beresiko kematian mendadak.

Penyakit ini disebabkan oleh jamur, bakteri, dan virus yang bisa menular lewat batuk, bersin dan melalui aliran darah ibu ke anak saat persalinan.