Diet Aman dan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Diet Sehat Ibu MenyusuiWanita yang baru saja melahirkan dan sedang menyusui tentu sering galau dengan kondisi tubuh mereka yang sedikit melar dan membengkak diakibatkan proses kehamilan selama9 bulan.

Selain itu mereka merasa juga tidak bisa melakukan diet sama sekali dikarenakan setelah melahirkan dilanjutkan dengan fase menyusui. Mereka takut jika diet akan mengganggu perkembangan bayi mereka, karena si bayi masih sepenuhnya makan dan mendapat nutrisi dari ASI saja.

Sebenarnya jika si ibu lebih cermat dan pintar, ternyata ada cara diet yang aman dan sehat meskipun anda sedang dalam masa menyusui. Terasa akan begitu lama jika anda harus menunggu hingga 2 tahun hingga si kecil disapih menyusu hanya untuk berdiet.

Loading...

Untuk mencapai berat badan ideal pada ibu menyusui ternyata tidak sulit dan tidak membahayakan bayi, jika mengikuti aturan yang tepat dan diet yang sehat.

Yang penting yang harus anda ingat, asupan harian anda harus ditambah hingga 300kkal perhari agar asupan makanan bayi anda tercukupi.

Bagaimana sebenarnya diet sehat selama masa menyusui itu? Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan:

READ:  Diet DASH dan Tekanan Darah Tinggi

1. Nutrisi Cukup

Mengonsumsi cukup nutrisi, dalam hal ini korbohidrat kompleks, sayur, buah, protein rendah lemak, susu non fat, dan konsumsi cukup air putih. Contoh yang bisa anda makan antara lain susu low fat atau non fat, ikan, telur, tempe dan tahu (kacang-kacangan) serta daging ayam.

2. Hindari Fast Food

Tidak ada fast food atau makanan cepat saji, karena kadar lemak jenuhnya cukup tinggi.

3. Porsi Makanan

Boleh makan sering, namun dalam porsi kecil. Jangan makan jarang dengan porsi besar karena ini akan membuat metabolisme anda berantakan.

Anda bisa makan 6 kali sehari, namun dalam porsi kecil, dengan aturan 3 kali makanan utama, dan 3 kali cemilan sehat.

4. Jauhi Stres

Jangan stres, caranya dengan mengajak si kecil bermain, sehingga tanpa sadar anda sudah membakar cukup kalori tiap harinya. Kurangi mengeluh karena akan memicu stress.

5. ASI hingga Anak 2 Tahun

Jika ASI anda lancar dan tidak bermasalah, alangkah baiknya anda menyusui hingga usai anak anda 2 tahun, karena menyusui juga salah satu cara diet alami tanpa efek samping yang bisa Anda lakukan.

Dengan menyusui, produksi hormon anda akan meningkat dan akan membakar kalori bahkan mencapai 500 kkal/hari, dan jangan salah, ini sama dengan bersepeda selama 1 jam.

6. Olahraga Ringan

Jangan takut berolahraga meskipun anda menyusui. Cukup olahraga ringan seperti jalan kaki, kardio seperti sit up dan push up.

Libatkan bayi anda dalam berolahraga, sebagai ganti beban anda, seperti saat berjalan santai sambil menggendong bayi anda. Anda juga bisa berenang atau bersepeda.

Memberikan ASI Eksklusif selama 6 bulan pada bayi anda sangat baik jika dikombinasikan dengan berolahraga ringan, ini akan mempercepat proses penurunan berat badan dan pembakaran lemak.

**

Hal penting yang anda harus perhatikan adalah anda harus mencukupi kebutuhan nutrisi anda setidaknya 300kkal/hari untuk asupan anda selama menyusui. Produksi ASI secara alami akan mengikis lemak tubuh anda yang dibawa sejak hamil dulu.

Jika anda ingin program diet yang tepat dan aman, lebih baik lagi jika anda berkonsultasi dengan ahli gizi anda dan dapatkan kembali tubuh ideal anda meskipun masih dalam masa menyusui.

Selamat mencoba!