8 Tips dan Cara Memperbesar Peluang Kehamilan

Anda berdua sudah menikah dan memutuskan punya anak?

Nah mungkin ini saatnya untuk lebih fokus dan memperhatikan beragam cara agar hubungan seks Anda bisa lebih efektif dan berakhir dengan pembuahan.

Cara Memperbesar Peluang Kehamilan

Loading...

Berikut ini ada beberapa tips dari para ahli untuk memperbesar peluang terjadinya pembuahan bagi pasangan yang ingin mendapatkan anak.

#1. Hentikan Pil dan Kontrasepsi

Berhenti menggunakan pil dan alat kontrasepsi tidak langsung membuat ovulasi Anda normal. Jangan panik, ini hal yang biasa. Perlahan-lahan masa ovulasi atau masa subur akan kembali normal seperti semula.

#2. Pahami Masa Subur

Buat para wanita, ini adalah hal yang penting. Masa subur biasanya mencapai puncaknya 14 hari setelah hari pertama haid terakhir. Mengetahui dengan pasti masa subur yang dihitung dari rentang waktu menstruasi adalah satu cara terpenting untuk tahu pasti waktu yang efektif agar pembuahan bisa terjadi.

Anda juga bisa menggunakan alat pengukur masa subur yang banyak beredar di pasaran.

#3. Berhubungan Seks 3 Hari Sekali

Masa hidup sel sperma pria rata-rata adalah 72 jam sejak dihasilkan. Berhubungan seks 3 hari sekali di masa subur tentu meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan.

READ:  Mengenal Euthanasia, Dari Jenis Hingga Etika

#4. Lebih Banyak Posisi Lebih Baik

Cobalah beragam posisi meski kata orang posisi missionaris adalah posisi terbaik untuk mendapatkan anak. Tidak ada penelitian yang bisa membuktikan kalau satu posisi benar memperbesar peluang terjadinya pembuahan. Karena itu cobalah beragam posisi senyaman mungkin.

#5. Tempatkan Bantal Di Bawah Bokong

Ada dokter yang memberi saran agar wanita menempatkan bantal di bawah bokong mereka selama 20-30 menit selepas berhubungan seks. Ini seperti memberi bantuan alami pada sel sperma agar bisa berenang lebih cepat menemui sel telur.

Cara lainnya Anda bisa saja berbaring telentang tanpa bergerak banyak apalagi sampai melompat-lompat.

#6. Perhatikan Diet Anda

Mengkonsumsi banyak makanan sehat tentu memperbesar peluang kehamilan. Terlalu ketat dalam berdiet bisa mengakibatkan terganggunya produksi hormon dalam tubuh Anda sehingga mempengaruhi peluang terjadinya kehamilan.

Rokok, alkohol dan obat terlarang juga terbukti bisa mempersulit terjadinya proses kehamilan.

#7. Perhatikan Konsumsi Obat Anda

Ini khususnya buat para wanita dan pria yang harus mengkonsumsi obat-obatan dari dokter. Beberapa jenis obat dapat mempengaruhi produksi hormon atau malah mempengaruhi rahim wanita.

READ:  Apa itu Keguguran Spontan?

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui obat mana yang cocok bagi Anda yang sedang dalam program mendapatkan keturunan.

#8. Rileks!

Rasa kuatir berlebihan, apalagi kuatir kalau Anda berdua gagal mendapatkan keturunan bisa membuat proses pembuahan makin sulit terjadi. Santailah, biarkan alam yang mentukan hasil prosesnya. Nikmatilah waktu Anda berdua tanpa harus terbebani kegagalan.

Renungkan, siapa tahu tanpa Anda sadari rasa takut gagal itu benar-benar menghalangi Anda untuk menikmati hubungan dan mendapatkan keturunan. Bila memang perlu carilah bantuan dari orang ketiga yang bisa membantu Anda lebih rileks dan santai.