7 Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Rontok

7 Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut RontokPria lebih cenderung mengalami kerontokan rambut, tapi hal ini juga biasa pada wanita. Penyebab utama kerontokan rambut ialah terkait dengan gaya hidup, kebiasaan makan, pilihan makeup, obat-obatan, penggunaan obat, dan beberapa kebiasaan lainnya.

Berikut adalah 7 kebiasaan buruk yang seharusnya Anda hindari untuk mencegah rambut rontok, dilansir dari PositiveMed:

1. Pemakaian produk rambut berbasis bahan kimia berlebihan

Loading...

Sebagian besar produk rambut menjanjikan nutrisi bagi rambut dan menjadikannya berkilau. Banyak dari produk tersebut yang berbasis pada bahan kimia yang justru menjadikan rambut kering.

Shampoo dapat menjadikan rambut sehat dan bersih hanya jika Anda memilih shampoo tanpa bahan kimia yang mengandung herbal alami dan bahan aktif alami. Kondisioner dengan ekstrak herbal alami dapat mengkondisikan rambut Anda dengan baik.

2. Gaya rambut ketat

Gaya rambut seperti ekor kuda atau sanggul super ketat merupakan salah satu penyebab rambut rontok. Gaya rambut ketat ini dapat melemahkan akar rambut, dan itulah sebabnya rambut menjadi mudah rontok.

Dr. Joshua Zeichner menjelaskan bahwa daya penarik untuk jangka waktu lama dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada akar rambut dan menyebabkan rambut rontok. Cobalah menggunakan gaya rambut longgar yang lebih nyaman dan sehat bagi rambut Anda.

READ:  Mengenal Alopecia dan Penyebab Kebotakan

3. Stres Fisik

Penyebab stres fisik seperti kecelakaan, flu, atau operasi dapat menyebabkan rambut rontok. Rambut kita memiliki siklus hidup yang diprogram sesuai fase pertumbuhan, fase istirahat, dan fase gugur.

Saat kita melalui stress atau penyakit fisik, ia dapat mengganggu siklus rambut dan dapat mendorong rambut melalui fase gugur. Rambut rontok yang disebabkan oleh trauma fisik dapat dilihat dalam 3-6 bulan.

4. Kurangnya nutrisi

Seperti halnya tubuh kita yang membutuhkan nutrisi untuk tetap sehat, sel-sel rambut kita juga membutuhkan nutrisi agar tetap sehat dan tebal. Nutrisi itu penting dan kita bisa memperolehnya dari apa yang kita makan.

Nikmati makanan seimbang yang berisi vitamin, mineral, dan protein. Hal ini akan menjaga sel-sel otak Anda sehat dan mengurangi rambut rontok.

5. Paparan matahari 

Terlalu banyak terpapar matahari dapat menyebabkan rambut Anda kering, yang pada akhirnya menjadikan rambut Anda lebih rentan terhadap kerusakan. Ya, sinar UV dapat merusak rambut Anda. Kenakan topi saat akan keluar rumah. Anda juga bisa menggunakan SPF spray pada rambut Anda.

READ:  Fakta, Gejala dan Penanganan Vaginosis Bakteri

6. Kurang tidur

Kulit kepala Anda juga merupakan bagian dari kulit Anda. Bagaimanapun Anda merawat kulit Anda, rawatlah rambut Anda dengan cara yang sama.

Mendapatkan cukup tidur penting untuk menjaga rambut dan kulit kepala Anda tetap sehat. Kurang tidur dapat menyebabkan kerusakan rambut, akibatnya ialah rambut rontok. Hal ini juga akan menjaga diri Anda bebas stres yang mana akan membantu memberikan rambut lebih sehat.

7. Over-styling

Panas dapat merusak rambut Anda, menjadikannya kering . Panas juga dapat merusak folikel Anda dengan menjadikannya tidak dapat tumbuh sehat.

Dokter menyarankan untuk menghindari blow dryer dan pengeritingan atau pelurusan dengan menggunakan besi. Jika Anda merasa harus menggunakan blow dryer, gunakan dari bagian tengah rambut untuk menghindari akar dan ujung rambut.