4 Langkah Sederhana Membuat Susu Kedelai Murni di Rumah

Cara Membuat Susu Kedelai MurniSusu kedelai murni merupakan asupan dengan kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi, yang sangat sehat untuk dikonsumsi siapa pun dan kapan saja.

Susu kedelai tentunya dapat Anda beli di toko atau supermarket, namun harganya bisa jadi sangat mahal terutama bila dibandingkan dengan susu sapi.

Kedelai, di sisi lain, bisa Anda dapatkan dengan harga yang jauh lebih murah dan bahkan dapat Anda beli secara organik.

Loading...

Maka dari itu akan lebih menguntungkan jika Anda bisa membuat sendiri susu kedelai murni di rumah. Langkah-langkahnya cukup mudah dan pastinya Anda tidak perlu mengeluarkan lebih banyak biaya.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat susu kedelai murni sangat sederhana dan bisa Anda peroleh dengan mudah. Bahan utama yang Anda butuhkan hanyalah kacang kedelai dan air.

Anda juga bisa memberi bahan tambahan lain seperti vanili, garam atau gula untuk meminimalisir rasa langu yang ditimbulkan dari kedelai.

Cara Membuat Susu Kedelai Murni

Berikut adalah cara membuat susu kedelai murni di rumah:

READ:  Definisi Hiperkalsemia

Alat dan Bahan yang diperlukan:

  • Kacang kedelai
  • Air
  • Kain kasa atau saringan
  • Spatula
  • Wadah

Cara membuat:

1. Setelah menyiapkan segala alat dan bahan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci kacang kedelai dengan menggunakan air bersih, setelah itu rendam dalam wadah selama kurang lebih 10 jam hingga kacang membesar dan menjadi lebih lunak. Kemudian bersihkan kulit arinya.

2. Setelah direndam, siapkan blender kemudian masukkan kacang kedelai beserta air ke dalamnya dengan perbandingan 1:3, jika Anda memasukkan satu mangkuk kacang kedelai ke dalam blender, Anda harus memasukkan 3 mangkuk air.

Blender hingga menjadi halus kemudian saringlah dengan menggunakan kain kasa ataukah saringan yang memiliki lubang kecil, Anda juga dapat menggunakan alat alteratif seperti kain katun tipis sebagai saringan.

3. Langkah selanjutnya adalah perebusan. Hal ini dilakukan untuk mensterilkan susu kedelai dari kuman, serta mengurangi aroma kedelainya. Rebuslah dengan api sedang lalu aduk-aduk dengan menggunakan spatula, agar susu tidak pecah.

Dalam proses perebusan ini, Anda dapat mencampurkannya dengan beberapa bahan tambahan sesuai dengan keinginan Anda, misalnya saja pandan, jahe, gula atau sedikit garam. Saat menambahkan vanili, jangan memasukkan terlalu banyak karena ini dapat membuat susu terasa pahit.

READ:  Mengenal DiGeorge Syndrome

4. Setelah direbus, Anda dapat menyajikan minuman ini dalam keadaan hangat atau dingin.

Manfaat Susu Kedelai Murni

Susu kedelai murni sangat sederhana dan mudah untuk dibuat, memiliki kelezatan yang sempurna serta mengandung berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, antara lain:

  • Menurunkan kolesterol, salah satu khasiat terbaik dari susu kedelai murni adalah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, terutama jika dikonsumsi secara rutin.
  • Mencegah kanker prostat, susu kedelai murni memiliki kandungan yang berfungsi mengurangi risiko kanker prostat.
  • Mencegah osteoporosis, manfaat kesehatan lain yang dapat Anda peroleh dari susu kedelai murni adalah mencegah risiko osteoporosis, karena kandungan fitoestrogen yang dikandungnya.

Selain beberapa manfaat di atas, masih ada banyak manfaat lain yang ditawarkan susu kedelai murni bagi kesehatan Anda, maka dari itu mulai sekarang ada baiknya untuk mengkonsumsi susu kedelai murni.

Jika Anda tidak ingin mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkannya, Anda dapat membuatnya sendiri dengan langkah-langkah seperti di atas.