Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat adalah hal yang paling menjengkelkan. Sebagaimana bernafas bebas adalah sebuah kenyamanan hakiki, tentunya kita akan merasa sangat terganggu ketika hidung tersumbat.

Iya ‘kan?  Kenapa sih hidung tersumbat? Dan apa yang menyebabkannya?

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Loading...

Secara inti, hidung tersumbat memang disebabkan karena munculnya cairan yang menggenang di saluran rongga sinus dan ini menyumbat aliran pernafasan. Tetapi, apakah penyebabnya? Kenapa cairan ini muncul tba-tiba?

Sebenarnya tidak ‘tiba-tiba’ juga. Perlu diketahui bahwa rongga sinus memproduksi cairan lendir sepanjang waktu. Dan ketika terjadi penyumbatan… itu berarti alirannya terganggu sehingga terjadi penumpukan cairan lendir pada rongga sinus. That’s why.

Penyebab hidung tersumbat

Berikut adalah beberapa penyebab hidung tersumbat:

  • Peradangan di rongga hidung akibat infeksi
  • Pembengkakan di rongga hidung
  • Ruangan ber-AC, karena  temperaturnya mempengaruhi intensitas aliran cairan
  • Alergi

Apa yang harus dilakukan ketika hidung tersumbat?

Tentunya kita akan segera melakukan berbagai cara untuk membuat pernafasan kita kembali normal. Cara atau pengobatan yang terbaik tentunya adalah cara yang alami dan aman.

READ:  Makan Menggunakan Tangan Kanan Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Hindari sebisa mungkin pemakaian obat kimiawi karena obat sejenis ini sesungguhnya tak baik buat kesehatan dalam jangka panjang.  Penyembuhan sesaat atau instan memang terkesan menolong tetapi tidak setelahnya karena selalu menimbulkan dampak buruk atau efek samping.

Berikut beberapa cara alamiah yang bisa dilakukan :

1. Memakai uap panas atau hangat

Hirup uap panas dari rebusan air yang sedang mendidih. Ini akan membuat hidung merasa lebih lega untuk beberapa saat. Ini bisa dilakukan beberapa kali hingga hidung merasa nyaman dan lebih baik.

2. Larutan air garam

Larutkan satu sendok teh garam ke dalam air hangat dan masukkan ke dalam teko mini supaya lebih mudah meneteskannya ke dalam hidung.

Atau, bisa juga menggunakan pipet atau sedotan dan meneteskannya secara perlahan. Larutan air garam ini sangat  cepat membantu melegakan hidung yang tersumbat.

3. Menghirup zat aromatik

Minyak kayu putih bisa membantu melegakan hidung yang tersumbat. Hirup aromanya dengan menempelkan botol minyak  kayu putih yang terbuka tutupnya. Hirup pelan-pelan dan berulang hingga merasakan sedikit keleluasaan dalam bernafas.

READ:  Yogurt dan Manfaatnya Bagi Tekanan Darah

Bisa pula membeli sejenis alat hirup semisal inhaler yang biasanya memiliki kandungan menthol, peppermint dan kayu putih.

4. Minyak kayu putih

Untuk meredakan gangguan hidung tersumbat, minyak kayu putih memang sudah dikenal sangat mujarab. Aromanya  yang sangat tajam dan kuat bisa seketika melegakan hidung  mampet.

Minyak kayu putih bisa dihirup langsung dari botolnya atau bahkan didapat dari aromatiknya saja. Bisa juga didapat dari obat batuk yang mengandung bahan dasar kayu putih.

5. Peppermint

Peppermint yang terdapat dalam menthol jika dihirup akan segera menyebar ke dalam rongga sinus dan membuat sinus  melebar sehingga ini membuat ruang kosong dan membuat lega pernafasan.

6. Mandi air panas (showering)

Mandi air panas dari pancuran atau showering akan membantu tubuh lebih rileks. Ini juga membuat gumpalan lendir di rongga sinus mencair lebih cepat sehingga dengan sendirinya membuat pernafasan menjadi jauh lebih lega.