Tren Infused Water, Cara Baru Minum Air Putih

Seiring bertambahnya waktu, berbagai metode terapi untuk kesehatan juga semakin beragam dan bisa saja menjadi tren terbaru yang dilakukan banyak orang.

Seperti yang banyak dilakukan para pemilik akun instagram yang saling mengirimkan foto botol minuman mereka yang berisi air putih dan di dalamnya terdapat potongan berbagai macam buah-buahan, terutama buah-buahan yang asam.

infused-water

Loading...

Tren Infused Water

Nah, botol minuman + buah ini disebut infused water, dimana infused water menjadi tren di kalangan masyarakat terutama para wanita yang katanya memberikan nutrisi lebih dari sekedar meminum air putih biasa.

Kalangan artis dan selebritis Indonesia juga mulai melakukan tren ini seperti Dian Sastro dan Susan Bachtiar dan mungkin akan semakin menjalar ke kalangan masyarakat umum.

Konsumsi air putih beraroma ini sudah didahului masyarakat barat lebih kurang beberapa bulan terakhir dan minuman berasa ini dibuat dengan takaran sesuka mereka yang akan meminum, tidak ada aturan pasti tentang tren minuman jenis ini.

Beberapa praktisi pelaku minum infused water menyarankan untuk meminum infused water ini setidaknya sebotol setiap hari, beberapa menyarankan untuk memakan buahnya juga dan beberapa lagi menyarankan untuk tidak memakan buahnya karena telah terjadi proses oksidasi.

Infused Water Secara Ilmiah

Secara medis memang belum ada penelitian ilmiah tentang infused water ini, hanya saja menurut ahli gizi diketahui bahwa dengan meminum infused water berisi buah ini akan berdampak baik bagi mereka yang kurang suka minum air putih. Sehingga ini bisa menjadi pemicu agar orang yang malas minum air putih menjadi sering minum air putih dan tentu secara tidak langsung kondisi kesehatan akan perlahan semakin membaik.

Selain itu menurut para ahli gizi, sebenarnya tidak ada perbedaan antara minum infused water dengan air putih, selagi masih dalam batas cuma buah-buahan saja tanpa tambahan gula atau sirup itu akan sehat.

Sebenarnya penyerapan buah justru lebih tinggi jika di dalam tubuh, bukan di dalam air minum putih anda. Karena sari buah akan lebih baik jika dikonsumsi seperti biasa dan akan di serap maksimal oleh tubuh jika sudah berada di dalam tubuh.

Tips Infused Water

Yang pasti jika anda masih tetap ingin menerapkan infused water, anda harus memperhatikan:

1. Kebersihan botol.
2. Kebersihan buah yang anda konsumsi. Justru jika buah anda tidak steril dalam artian masih tersisa pestisida dan sebagainya, jika larut di dalam air akan sangat berbahaya karena akan langsung terserap tubuh saat diminum nanti.
3. Kemurnian air putih yang anda konsumsi
4. Langsung habiskan dan jangan diisi ulang. Akan terjadi oksidasi buah yang beresiko tinggi karena jika terlalu lama buah akan membusuk dan jika airnya sudah habis sebiknya buahnya langsung dibuang saja.
5. Jangan simpan infused water seharian di kulkas karena reaksi kimia atau oksidasi pada buah dan suhu dingin akan merusak buah.

Meskipun tren ini semakin banyak dilakukan, namun para ahli gizi menyarankan mengkonsumsi buah segar secara langsung justru tetap lebih baik, mengingat penyerapannya akan lebih maksimal oleh tubuh.

Jika lemon dijadikan buah dalam infused water hanya dengan memotongnya saja, sari buah lemon tidak akan keluar sebanyak jika anda meminum langsung air perasan lemonnya.

Jadi semua tergantung anda, apakah akan mengikuti tren ini, atau tidak, yang pasti jangan lengah dengan efek negatif dan pastikan tren yang anda ikuti aman bagi kesehatan diri Anda dan keluarga.

READ:  5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang MERS