Loading...

6 Manfaat Kesehatan Dengan Melakukan Olahraga Ringan  

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Siapa bilang bahwa hanya mereka yang berkelebihan berat  badan perlu olahraga? Olah raga ringan dan sederhana menjadi kegiatan yang penting untuk dilakukan bukan hanya untuk yang berbadan gemuk. Hal ini dikarenakan dengan berolahraga dapat memberikan kesehatan untuk tubuh Anda.

Saat ini, dengan umur yang semakin bertambah, kebanyakan dari Anda kurang sadar akan pentingnya berolahraga dan lebih memilih untuk menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk di kursi kantor atau berbaring di rumah sepanjang hari.

Meskipun Anda memiliki banyak kegiatan, namun olahraga harus tetap dilakukan meskipun itu hanyalah olahraga ringan seperti jogging, berlari 15 menit atau berenang.

Loading...

Manfaat Olahraga Ringan

Selain membuat tubuh Anda sehat, ada manfaat lain lagi yang dapat Anda peroleh dengan melakukan olahraga ringan tersebut. Berikut kami bagikan untuk Anda.

1. Membantu Mengontrol Berat Badan

Melakukan olahraga fisik sederhana dengan teratur tidak hanya membantu menurunkan berat badan tetapi juga membantu untuk mendapat berat badan yang Anda inginkan. Berdasarkan pada intensitas aktivitas Anda, Anda dapat kehilangan sedikit demi sedikit berat badan hingga mendapatkan berat badan jika Anda ingin.

Bahkan jika Anda tidak gemar untuk melakukan aktivitas gym atau latihan yang ketat, Anda dapat melakukan olahraga fisik sederhana sesuai dengan jadwal yang telah Anda buat.

2. Dapat Memerangi Masalah Kesehatan  

Jika Anda melakukan olahraga fisik secara teratur, maka akan membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Olahraga dapat meningkatkan imunitas tubuh Anda dan memastikan bahwa Anda tetap jauh dari sejumlah penyakit.

Anda juga berkemungkinan akan terhindar dari masalah penyakit berat seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, arthritis, dan lain-lain. Selain itu juga dapat meningkatkan jumlah high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol “baik”.

3. Tidur Lebih Nyenyak

Jika Anda hanya terus berbaring di sofa sepanjang hari, Anda tidak akan tidur nyenyak pada malam hari. Di sisi lain, ketika Anda berbaring di tempat tidur pada malam hari setelah melakukan olahraga fisik ringan, Anda akan tertidur lebih nyenyak.

Anda akan bangun dalam keadaan segar karena tubuh Anda memiliki waktu istirahat yang cukup.

4. Membantu Memperkuat Tulang dan Otot

Penelitian menunjukkan bahwa cukup melakukan olahraga fisik sederhana akan meningkatkan intens yang bermanfaat untuk menguatkan tulang dan otot serta memperlambat proses otot kendor karena pertambahan umur.

Olahraga fisik akan lebih baik jika Anda telah memasuki usia 30-an.

5. Mempercepat Pemulihan

Dalam beberapa kasus untuk penyembuhan penyakit atau setelah menjalani rangkaian operasi, dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan beberapa olahraga ringan bukan hanya beristirahat di tempat tidur. Sebagian besar dokter menyarankan sejumlah aktivitas fisik untuk memastikan pemulihan lebih cepat.

6. Sehat Pikiran

Ini adalah salah satu manfaat paling sederhana yang Anda dapatkan dengan melakukan olahraga fisik ringan. Jika Anda merasa perlu untuk mengeluarkan pemikiran atau meredakan stress yang Anda rasakan, Anda dapat melakukan beberapa jenis latihan fisik ringan sekitar 30 menit.

Olahraga ringan yang dapat Anda lakukan seperti 30 menit berlari atau berjalan santai untuk meregangkan otot-otot yang tegang akibat stres.  Selain itu olah raga fisik ringan juga membantu meningkatkan suasana hati atau mood karena merangsang bahan kimia yang terdapat dalam otak yang akan membuat Anda merasa bahagia dan santai.

**

Demikian 6 manfaat olahraga ringan yang dapat memberikan banyak kesehatan untuk fisik dan mental Anda. Olahraga fisik yang dapat Anda lakukan seperti berlari, berjalan atau berenang. Luangkan waktu untuk melakukannya secara rutin dan rasakan manfaat besarnya.

Semoga bermanfaat.