Loading...

5 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan  

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Wanita

Menjaga kandungan dan menjalani masa kehamilan tidak dapat dikatakan sebagai hal yang mudah. Banyak hal yang harus dilakukan dan dihindari.

Semakin bertambahnya usia kandungan, maka semakin besar pula kekhawatiran calon ibu mengenai kehamilan dan bayi yang dikandungnya. Salah satu cara untuk mengetahui perkembangan sang bayi dan kesehatannya yaitu dengan melakukan cek up atau pemeriksaan rutin ke dokter kandungan.

Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan

Loading...

Selain itu, masih ada cara sederhana lain yang dapat Anda lakukan. Berikut kami bagikan untuk Anda.

1. Lakukan Pemeriksaan

Sebelum hamil, ada baiknya untuk Anda melakukan pemeriksaan dan berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa Anda cukup sehat untuk menjalani kehamilan.

Untuk tahap awal pemeriksaan, Anda akan menjalani sejumlah tes dan pemeriksaan seperti tes Pap smear, STD dan tes skrining, tes darah, tes tiroid dan tes untuk AIDS yang akan dilakukan bersama dengan pemeriksaan berat badan, payudara dan pemeriksaan perut.

Jika Anda khawatir mengenai ovulasi atau apapun yang ada kaitannya dengan kesehatan Anda, Anda dapat diberikan resep atau melakukan pembersihan. Pemriksaan awal ini juga membantu untuk memahami sejarah kesehatan Anda.

2. Perbanyak Mengonsumsi Asam Folat

Mengonsumsi pil asam folat  atau makanan yang kaya akan  asam folat dapat menurunkan kemungkinan beberapa hal misalnya cacat lahir  seperti spina bifida. Mengonsumsi 400 mcg asam folat harian umumnya akan direkomendasikan oleh dokter yang setidaknya harus dikonsumsi dalam satu bulan sebelum Anda hamil dan selama trimester pertama Anda.

Akan lebih baik untuk mendapatkan tablet asam folat sesuai dengan saran dokter Anda. Vitamin A juga penting untuk tubuh sebelum memasuki masa hamil.

Jadi, jika Anda mengkonsumsi multivitamin, pastikan bahwa Anda memeriksa label kandungan sebelum mengkonsumsi pil tersebut. Perlu diingat juga, kelebihan mengkonsumsi vitamin A mungkin berbahaya bagi Anda dan janin.

3. Hilangkan Kebiasaan Tidak Sehat

Sekarang adalah saat yang tepat untuk berhenti melakukan hal yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, minum dan  mengonsumsi obat-obatan tanpa berkonsultasi dengan dokter kandungan. Hal ini dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan berat  badan bayi yang tidak normal saat lahir. Mengonsumsi alkohol juga dapat mengakibatkan sejumlah masalah termasuk lahir cacat.

Jika Anda merasa sulit untuk menghentikan kebiasaan yang tidak sehat, berbicara dan lakukan konsultasi dengan dokter Anda untuk meminta beberapa bantuan.

4. Lakukan Pola Makan yang Sehat

Ingat, ketika Anda hamil, bayi Anda juga mengambil nutrisi makanan dari tubuh Anda. Jadi, penting untuk Anda mengonsumsi makanan yang sehat selama masa kehamilan untuk mendapatkan nutrisi yang sehat.

Dari buah-buahan organik yang segar, sayuran, makanan yang kaya kalsium seperti susu dan yogurt, bersama dengan kacang-kacangan dan daging, Anda dapat mengkonsumsi semua makan bergizi tersebut bahkan sebelum menjalani proses kehamilan.

5. Gerakkan Tubuh Anda

Anda harus memiliki tubuh yang sehat sebelum menjalani masa kehamilan. Jadi, cara terbaik untuk itu adalah dengan melakukan olahraga ringan yang setidaknya dapat menggerakkan tubuh Anda.

Sekitar 30 menit atau lebih olahraga ringan dapat dilakukan seperti berjalan, bersepeda atau berenang yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan Anda. Selain hal tersebut, sebelum memasuki masa kehamilan, fitness juga dapat membantu untuk menghilangkan stres yang bisa merepotkan Anda ketika Anda telah siap untuk menjalani kehamilan.

**

Demikian beberapa tips sederhana untuk menjalani kehamilan yang sehat hingga proses kelahiran nantinya. Proses persalinan akan berjalan lancar jika Anda melakukan pola sehat dan hal-hal positif selama masa kehamilan.

Semoga bermanfaat.

(foto: Aldo Murillo / Istock)