Memilih Bahan Hijab yang Nyaman Dikenakan

Banyak orang menganggap berhijab akan sangat melelahkan dan membuat gerah, namun sebagai wanita muslim, hijab adalah kewajiban dan harus dilaksanakan.

Para wanita muslimah semakin pintar dalam memilih hijab dan bahan hijab tepat yang tidak akan mengganggu aktifitas mereka, yaitu hijab yang sederhana namun tetap syar’i serta hijab yang nyaman dikenakan.

Memilih Bahan Hijab

Loading...

Mengingat Indonesia adalah negara tropis yang panas, tentu hijab yang nyaman akan sangat membantu aktifitas para hijaber ini, Dalam memilih bahan kerudung atau hijab, sebenarnya tidak sulit. Anda cukup meraba kain untuk hijab dan akan terasa bahan hijab yang nyaman, adem dan tidak membuat gerah.

Bahan hijab yang nyaman untuk dikenakan di antaranya adalah :

1. Bahan kaos

Bahan kaos ini sangat nyaman. Sebaiknya jangan pilih bahan kaos yang terlalu tebal, namun pilih bahan kaos yang bahannya 100% katun. Bahan kerudung ini sangat nyaman dipakai.

Beberapa model kerudung dari bahan kaos ini juga tidak susah didapatkan, mulai dari kaos bergo (jilbab instan), pashmina, kerudung segitiga dan kerudung instan modis yang sudah banyak dijual di pasaran. Namun kekurangannya bahan kaos ini jika sudah sering dicuci akan menjdi melar.

READ:  Warna-Warni Syal

2. Spandek

Bahan kerudung ini juga sangat pas untuk para hijaber, karena tidak panas dan berbahan lentur tidak mudah rusak, meskipun dicuci berulang kali.

Selain itu perawatannya tidak susah, mengeringkannya pun sangat mudah, cukup diangin-anginkan. Untuk warn nya ada beragam dan teksturnya juga beragam, ada yang mengkilap dan ada yang tidak.

3. Sutra

Ini adalah bahan kerudung paling bagus, sangat lembut dan halus. Tetapi sutra butuh perawatan khusus. Sutra tidak bisa sembarangan dicuci, karena bahannya sangat tipis dan lembut.

Bahan sutra hanya perlu dicuci dengan sabun cair untuk mandi, jangan diperas dan cukup diangin-anginkan saja. Jika disetrika pilihlah panas yang paling rendah. Meskipun demikian, jilbab berbahan sutra sangat nyaman dikenakan apalagi di daerah tropis seperti Indonesia.

4. Chiffon

Banyak sekali dijual di pasaran, namun anda jangan salah dalam memilih chiffon yang asli dan palsu. Di pasaran banyak tersedia kerudung chiffon yang tidak bagus, kaku dan terasa panas jika digunakan.

Pilihlah yang lembut, adem dan tidak gampang berbau kalau terkena keringat, kerena beberpa chiffon akan berbau jika terkena air wudhu dan keringat.

READ:  Waspadai 6 Tanda dan Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK) pada Wanita

5. Voile

Merupakan bahan kerudung yang cukup nyaman, namun agak sedikit kaku dibandingkan kaos dan spandek,sehingga untuk menghias jilbab bagian leher cenderung agak sulit.

6. Katun

Kainnya nyaman, lembut dan tidak panas, namun sedikit susah dimodifikasi karena bahannya yang sedikit lebih tebal

**

Selain kerudung, sebagai muslim yang mengenakan hijab, sebaiknya memperhatikan ciput (anakan dalam jilbab) yang tepat. Jika ciput yang anda kenakan berbahan polyester dan bahan panas lainnya akan sangat mengganggu dan membuat anda merasa tidak nyaman.

Gunakan ciput dari bahan kaos, spandek atau rayon yang terbuat dari serat alam, sehingga tidak terlalu panas, lembut, dan nyaman. Semoga bermanfaat.

(foto: adclout.com)