Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi cukup berbahayajika Anda tidak melakukan pola hidup sehat dan menghindari kebiasaan buruk yang harus dihindari.

Beberapa penyakit yang diketahui menjadi penyebab dari hipertensi yaitu stroke, serangan jantung dan beberapa masalah kesehatan serius lainnya.

Ada beberapa makanan yang perlu Anda hindari jika Anda penderita hipertensi. Walaupun salah satu makanan tersebut adalah makanan favorit Anda, namun untuk kesehatan Anda sebaiknya untuk tidak mengkonsumsinya.

Loading...

Penderita Hipertensi

Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita hipertensi.

1. Acar

Acar yang biasanya menjadi teman santap seperti martabak atau makanan berminyak lainnya, rendah akan kandungan kalori dan juga memiliki rasa yang nikmat.

Tetapi acar juga sarat dengan natrium. Bahkan jika Anda hanya mengonsumsi sedikit acar, maka jumlah sodium akan meningkat sehingga akan sangat cepat menaikkan tekanan darah Anda. Walaupun acar terdiri dari beberapa jenis sayuran, tetapi tambahan cuka dan garam yang akan menyebabkan naiknya tekanan darah.

2. Sup Ayam Kalengan

Sup ayam yang dijual dalam bentuk kalengan memiliki banyak bahan tambahan di dalamnya. Meskipun begitu, kandungan garam yang digunakan dalam sup ayam kalengan ini tidak diketahui secara pasti jumlahnya.

READ:  7 Ancaman Kesehatan Bagi Wanita dan Pencegahannya

Seperti yang diketahui,  garam adalah pengawet penting yang digunakan dalam makanan kaleng dan garam juga menjadi salah satu penyedap rasa yang sebaiknya dihindari atau dikurangi penderita hipertensi.

3. Asinan Kubis

Kubis yang masih masuk dalam kategori sayuran sangat baik jika dikonsumsi karena rendah kalori. Tetapi saat kubis diolah menjadi asinan, maka sebaiknya jangan pernah berpikir untuk mengonsumsinya.

Jumlah garam yang digunakan saat membuat asinan biasanya akan langsung meningkatkan tekanan darah tinggi Anda.

4. Kentang Goreng

Saat Anda mengunjungi lokasi makanan cepat saji, kebanyakan dari Anda akan memesan kentang goreng. Namun, perlu Anda ketahui kentang goreng yang Anda inginkan itu memiliki kandungan lemak-trans yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Selain itu, kentang goreng juga biasanya akan ditambahkan garam untuk lebih memberi rasa gurih saat dikonsumsi.

5. Daging Babi Asap

Daging babi asap mengandung sebagian besar lemak dan garam yang harus dihindari. Jika Anda ingin mengkonsumsi daging, sebaiknya ganti dengan daging kalkun atau daging yang tidak menyerap banyak garam.

READ:  5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Saat Kena Flu

6. Steak

Mengonsumsi steak dapat menyebabkan serangan jantung langsung pada penderita hipertensi. Daging steak yang diisi dengan garam dan sebagian besar lemak menjadi salah satu makanan yang harus dihindari.

7. Ikan Teri

Ikan teri yang biasanya disajikan dengan beberapa jenis makanan seperti bubur manado atau kapurung akan menambah rasa nikmat pada makanan tersebut. Namun, untuk penderita hipertensi sebaiknya tidak mencicipi ikan teri karena hanya akan berdampak pada tekanan darah.

8. Donat

Bukan hanya garam dan lemak yang dapat menjadi salah satu penyebab darah tinggi.

Jumlah gula yang terdapat pada donat juga dapat menyebabkan hipertensi. Selain itu, lemak yang terdapat pada donat juga sebaiknya dihindari.

9. Mie Instan

Mie instan juga menjadi salah satu makanan yang sebaiknya dihindari para penderita hipertensi. Dalam sekejap akan membuat tekanan darah Anda naik karena jumlah garam yang ada pada bumbu tidak diketahui jumlahnya.

**

Demikian 9 jenis makanan yang sebaiknya dihindari para penderita hipertensi (tekanan darah tinggi). Perbanyak makan sayuran yang diolah dengan cara dikukus tanpa harus menambahkan penyedap rasa. Semoga bermanfaat.