7 Tips Memilih Cincin Pernikahan yang Tepat

Momen pernikahan adalah momen yang sakral dan akan terkenang seumur hidup. Dalam berbagai persiapannya, dibutuhkan kesabaran dan kekompakan kedua pasangan karena beberapa hal kecil dalam urusan rencana pernikahan dapat menyebabkan perbedaan pendapat dan menyebabkan argumen.

Dari beberapa hal yang perlu disiapkan dengan matang untuk perayaan pernikahan yang sesuai dengan harapan, termasuk di dalamnya pemilihan cincin pernikahan.

Memilih Cincin Pernikahan

Loading...

Memilih cincin kawin bukanlah perkara mudah. Terlebih saat ini cincin kawin sangat beragam mulai dari bahan, warna, hingga hiasan dan inovasi baru lainnya.

Tidak seperti memilih perhiasan pada umumnya, memilih cincin kawin butuh kesabaran khusus karena akan dikenakan seumur hidup.

Untuk anda dan pasangan yang berencana memilih cincin kawin, berikut kami berikan tipsnya untuk anda.

1. Ajak Pasangan Saat Memilih

Cincin tersebut tidak hanya menuntun selera satu pihak saja, namun juga pasangan anda. Ajak dia ikut membicarakan cincin kawin dan memilihnya bersama-sama.

Dengan membicarakannya terlebih dahulu, anda dapat mengetahui model apa yang juga disukai pasangan dan mungkin dapat menjadi perpaduan dari model favorit kalian berdua.

READ:  6 Hal yang Perlu Disiapkan Menjelang Pernikahan

Janganlah juga bersikap egois dan dominan untuk memilih cincin yang hanya sesuai dengan selera anda, karena cincin tersebut juga aan dipakai pasangan. Tidak mau kan, jika cincin segan dipakai hanya karena modelnya tidak membuat pasangan percaya diri?

2. Model yang Netral

Model yang netral di sini berarti dapat dikenakan sehari-hari. Cincin kawin yang terlalu mencolok atau modelnya ‘berat’ akan sulit dipaduan dengan gaya berbusana sehari-hari. Anda tidak akan menggunakannya sebagai aksesoris ‘formal’ maupun pesta, namun yang juga serasi dengan gaya berbusana anda.

Sebaiknya pilih cincin dengan model yang simpel dan mencerminkan kepribadian anda dan pasangan.

3. Warna

Saat ini warna cincin kawin sangat bervariasi mulai dari emas, emas putih, hingga berwarna rose gold dan hitam. Pilih warna yang sesuai dengan gaya anda agar nyaman digunakan.

4. Batu Mulia

Siapa bilang cincin kawin harus selalu terlihat polos tanpa hiasan batu di tengahnya? Untuk wanita, mungkin model cincin kawin dengan hiasan batu di tengah merupakan model yang cantik. Pria pun juga dapat megenakannya, hanya saja dengan batu yang kecil dan nyaris tak terlihat.

READ:  5 Jenis Pernikahan Populer Tahun 2014

Cincin kawin juga tak selalu harus berhiaskan berlian. Banyak pilihan batu mulia lainnya seperti jamrud, batu safir, rubi dan batu mulia lainnya.

5. Jenis Logam Mulia

Saat ini jenis logam cincin kawin tak harus emas, anda juga dapat memilih yang berbahan titanium seperti yang banyak dijual saat ini.

Jika anda memilih emas, pertimbangkan juga jumlah karatnya karena semakin tinggi, cincin akan mudah berubah bentuk.

6. Mintai Pendapat Orang Terdekat

Jika anda berpikir bahwa orang terdekat anda seperti sahabat dan keluarga dapat membantu memilih cincin kawin untuk anda dan pasangan, kenapa tidak?

Ada kemungkinan mereka mengerti model apa yang saat ini sedang tren yang terlebih yang cocok untuk anda berdua.

7. Toko Perhiasan yang Terpercaya

Pilih toko perhiasan yang sudah terpercaya dan banyak dipilih pasangan dalam memilih cincin kawin. Toko yang sudah dipercaya biasanya dapat membuktikan bahwa cincin di toko tersebut berkualitas baik.

***

Setelah sukses memilih cincin kawin, pikirkan juga tulisan apa yang ingin anda ukir di baliknya, walaupun saat ini banyak juga cincin kawin dengan ukiran di sisi luar cincin.

READ:  Tips Memilih Hadiah Pernikahan yang Tepat untuk Sahabat

Tidak hanya berupa nama, cincin kawin juga dapat menjadi special dengan ukiran kata-kata favorit anda dan pasangan.