Apakah Anda Sudah Mencuci Rambut Dengan Benar?

Kita semua tentu mencuci rambut kita, dengan produk rambut berupa shampo, kondisioner hingga masker rambut dan yang lainnya dengan tujuan mendapatkan rambut yang bersih dan sehat.

Rambut yang sehat dapat terlihat dari kilau alaminya, tidak kusam, tidak bercabang dan tidak berketombe. Banyak wanita yang bermasalah dengan rambutnya berpikir bahwa hal tersebut disebabkan oleh produk perawatan rambut yang tidak cocok.

Mencuci rambut atau keramas memang terdengar sangat simpel, yaitu membasahi rambut, menggunakan shampo hingga rambut berbusa dan membilasnya.

Loading...

Padahal, mencuci rambut sebaiknya dilakukan dengan benar terutama jika anda memiliki rambut bermasalah. Dengan memahami cara mencuci rambut yang baik dan benar, kita tidak hanya terhindar dari masalah rambut, namun juga mendapatkan hasil rambut yang bersih dan sehat.

Mencuci Rambut Dengan Benar

Mencuci rambut yang benar tidak harus memakan banyak waktu, namun juga tidak hanya 1 menit. Bahkan, beberapa pakar kesehatan rambut juga menyebutkan bahwa keramas sangat berpengaruh pada kesehatan rambut. Idealnya, keramas dilakukan selama 5 menit dan 3 hingga 4 kali seminggu.

READ:  Tips dan Cara Membuat Shampo Sendiri

Karena kegiatan mencuci rambut ternyata sangat esensial untuk kesehatan rambut kita, yuk simak langkah keramas yang disarankan oleh para penata rambut internasional berikut ini!

1. Menyisir Rambut Sebelum Keramas

Sebagian kita keramas saat keadaan rambut sudah sangat berminyak. Tak jarang, rambut yang sudah seharian diikat dan tidak disisir langsung dicuci begitu saja.

Sebaiknya sisir ringan rambut anda sehingga rambut yang mudah kusut dapat terurai. Hal ini juga dapat membuat rambut lebih mudah dibersihkan. Selain itu, rambut yang kusut juga dapat meningkatkan potensi rambut patah dan menyumbat lubang saringan air di kamar mandi.

2. Basahi Seluruh Rambut

Terkadang kita tidak membasahi seluruh rambut, namun mencucinya dalam keadaan rambut yang setengah basah. Hal tersebut tidak baik karena akan menyebabkan shampo di rambut yang kering tidak terbilas dengan maksimal seperti rambut yang basah.

Basahi rambut dari pangkal hingga ujung terutama bagian leher yang sering terlewatkan.

3. Gunakan Shampo Dengan Benar

Saat menggunakan shampo, busakan terlebih dahulu pada bagian atas kepala yang biasanya lebih kotor dan berminyak. Setelah itu, busakan ke bagian lainnya.

READ:  Ketahui Kepribadian Anda Di Balik Jenis Teh Favorit!

Jika rambut anda panjang, ada kalanya ada perlu menggunakan shampo lebih banyak. Perhatikan banyaknya penggunaan shampo. Sebaiknya gunakan dulu secukupnya, dan apabila dirasa kurang, anda dapat menambahkannya.

4. Pijat

Saat anda berada di salon, mungkin anda merasakan perbedaan mencuci rambut dengan pemijatan di area kepala dan tidak.

Selain rasanya yang membuat bagian kepala lebih rileks, memijat kepala saat berkeramas juga dapat melancarkan aliran darah di kepala sehingga menyuburkan rambut dengan lebih baik. Pijat perlahan bagian atas kepala, tengah, hingga belakang ke leher

5. Kondisioner atau Masker

Kedua produk ini seperti wajib diaplikasikan ke rambut untuk melembutkan rambut yang kasar dan sebagai perawatan untuk rambut ang rusak maupun menjaga kesehatan  rambut.

Sebelum menggunakan produk ini, pastikan rambut anda dalam keadaan bersih terbilas. Terkadang setelah menggunakan shampo kita membilasnya dengan asal-asalan karena toh rambut akan dibeli kondisioner. Padahal, sebaiknya rambut dicuci dengan bersih terlebih dahulu.

6. Bilas yang Bersih

Untuk memastikan bilasan yang bersih anda dapat melihat air yang masih keruh dan berbusa atau tidak. Gosok ringan rambut anda untuk bilasan yang bersih.