5 Langkah Menurunkan Resiko Demensia

5 Langkah Menurunkan Resiko DemensiaOrang dengan demensia dapat mengembangkan gejala perilaku dan psikologis termasuk kegelisahan, agresi, delusi, halusinasi, apatis dan gangguan tidur. Perilaku dan gejala psikologis dalam demensia sangat umum dan biasanya berkembang selama penyakit berlangsung.

Penggunaan Obat

Dokter menggunakan obat-obatan untuk mengobati demensia dengan cara berikut:
– Memperbaiki kondisi yang menyebabkan demensia, seperti penggantian tiroid untuk hipotiroidisme, vitamin untuk kekurangan vitamin B12, atau antibiotik untuk infeksi
– Menjaga fungsi mental selama mungkin ketika demensia tidak dapat dikembalikan
– Mencegah stroke lebih lanjut pada orang yang menderita demensia yang disebabkan oleh stroke (demensia vaskular)
– Mengatur suasana hati atau perilaku masalah, seperti depresi, insomnia, halusinasi, dan agitasi

Loading...

Perubahan Gaya Hidup

Lima strategi sederhana dan perubahan gaya hidup dapat secara dramatis mengurangi resiko demensia, menurut sebuah studi di tahun baru oleh British Researchers.

Temuan yang dipublikasikan secara online dalam jurnal Public Library of Science, PLoS One, dan dilansir dari Medical News Today, menunjukkan bahwa mengadopsi lima strategi berikut ini lebih efektif dalam mengurangi resiko penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia daripada pengobatan medis atau prosedur pencegahan lainnya.

READ:  8 Cara Diet yang Keliru

– Berolahraga secara teratur
– Tidak merokok
– Menjaga berat badan yang rendah
– Mengikuti diet sehat
– menjaga asupan alkohol rendah

“Apa yang penelitian ini tunjukkan ialah bahwa mengikuti gaya hidup sehat memberikan manfaat besar yang mengejutkan bagi kesehatan,” kata ketua studi Peter Elwood dari Cardiff University School of Medicine.

Temuan ini didasarkan pada analisis perilaku sehat di antara 2.235 pria berusia 45-49 1979-2004, di Caerphilly, Inggris. Selama studi, diabetes, penyakit pembuluh darah, kanker, dan kematian dicatat, bersama dengan uji pada kondisi kognitifnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengikuti empat atau lima dari perilaku tersebut mengalami penurunan 60 persen pada demensia dan penurunan kognitif. Ada juga yang 70 persen lebih sedikit kasus diabetes, penyakit jantung, dan stroke, dibandingkan dengan individu yang tidak mengikuti perilaku.

Ketika bicara mengenai penurunan resiko demensia, tim mencatat bahwa olahraga merupakan faktor terkuat.

“Ukuran penurunan penyakit karena langkah-langkah sehat sederhana telah benar-benar menunjukkan hasil menakjubkan dan sangat penting dalam populasi besar yang menua,” kata Elwood.

Doug Brown, MD, direktur penelitian dan pengembangan di Alzheimer Society, mengatakan temuan memberikan bukti baru yang kuat untuk mendukung hubungan pikiran-tubuh, yang berhubungan dengan kesehatan fisik dan mental.

READ:  Khasiat Daun Salam si Penyedap Masakan

“Kami telah mengenal selama beberapa waktu, apa yang baik bagi jantung Anda juga baik untuk kepala Anda, dan studi ini memberikan bukti lebih lanjut untuk menunjukkan bahwa hidup sehat secara signifikan dapat mengurangi kemungkinan mengembangkan demensia,” katanya.