5 Cara Mencegah Gangguan Pendengaran

5 Cara Mencegah Gangguan PendengaranPenelitian telah menemukan bahwa alasan gangguan pendengaran bisa bervariasi. Bisa jadi parsial atau berat, yang disebabkan oleh trauma atau penyakit, atau bisa karena terkait usia. Apapun alasannya, ada metode untuk membantu mencegah telinga yang rusak atau hilangnya pendengaran.

Gangguan pendengaran dapat dihindari dengan menjaga telinga Anda aman dari suara keras dan dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti lemak jenuh dan lebih banyak asam lemak omega-3.

Baca artikel berikut untuk tahu apa saja penyebab hilangnya pendengaran, bagaimana mencegah telinga dari kerusakan, dan menghindari gangguan pendengaran, dilansir dari Newsmax Health.

Loading...

Hindari Paparan Terhadap Suara Keras

Paparan luas atau berkepanjangan terhadap suara keras seperti di pabrik-pabrik dan pekerjaan konstruksi atau mendengarkan musik keras dengan menggunakan penyumbat telinga adalah salah satu alasan utama yang mempengaruhi sel-sel rambut kecil di telinga, yang menyebabkan gangguan pendengaran.

Biasanya suara keras di atas 85 desibel dapat membahayakan telinga. Oleh karena itu, bijaksana untuk menjauh dari suara keras untuk membantu menjaga telinga Anda aman dan menghindari kerusakan gendang telinga atau kerusakan pada sel-sel rambut kecil di telinga bagian dalam.

READ:  Jumlah Dan Fungsi Dari Vitamin Prenatal

Dalam kasus di mana suara keras tidak dapat dihindari, misalnya merupakan bagian dari pekerjaan Anda, Anda dapat mencegah kerusakan telinga dengan menggunakan penyumbat telinga dan topi kanal, yang membantu Anda dengan memberikan perlindungan yang maksimal dari gangguan pendengaran.

Periksakan Telinga Anda

Hal ini penting. Setiap orang harus mencari bantuan untuk mencegah kerusakan telinga. Periksakan pendengaran Anda secara teratur untuk mengukur dan memantau sensitivitas pendengaran.

Headphone Dapat Membantu

Jika Anda mendengarkan musik dengan volume keras (yang merupakan salah satu alasan umum untuk gangguan pendengaran) untuk kualitas suara yang dinamis, pastikan untuk menggunakan noise-canceling headphone.

Seperti namanya, kehilangan pendengaran terjadi karena penuaan dan kerusakan sel-sel rambut kecil di telinga. Biasanya orang mulai kehilangan pendengaran setelah menginjak usia 50 tahun. Namun, gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia dapat ditunda atau dikendalikan dengan mengambil bantuan.

Konsumsi Makanan Sehat

Diet sehat tidak meliputi lemak hewan tak jenuh, logam berat seperti merkuri dan timah. Mengambil lebih banyak vitamin A , B1 , B2 , B3, asam folat B12, dan vitamin E membantu pendengaran yang baik.

READ:  Manfaat Masker Rumput Laut dan Cara Membuatnya

Suplemen omega-3 atau minyak ikan dapat membantu meningkatkan pendengaran. Sesuai studi penelitian di Australia yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, orang yang mengonsumsi ikan lebih banyak 42 persen lebih kecil kemungkinan untuk mengembangkan gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia.

Hindari Paparan Tembakau

Studi telah menemukan bahwa paparan tembakau adalah salah alasan utama untuk gangguan pendengaran. Hindari merokok untuk membantu meningkatkan pendengaran dan mencegah ketulian terkait usia.

Meskipun perkembangan di ilmu kedokteran telah memungkinkan untuk mengidentifikasi alasan dan menyembuhkan beberapa pasien tuna rungu, yang terbaik adalah selalu melakukan pencegahan.