6 Tips Agar Cepat Beradaptasi dengan Lingkungan Kerja Baru

Memiliki pekerjaan baru tentu menyenangkan. Namun ada satu hal yang mau tidak mau harus kita hadapi, yaitu lingkungan tempat kerja yang baru.

Ya, orang-orang yang baru, cara kerja perusahaan yang baru hingga hal-hal kecil lainnya yang berbeda dengan kantor lama membuat kita harus beradaptasi dan membuat diri kita nyaman berada di sana.

Tak heran jika hari pertama di kantor baru membuat sebagian besar orang gugup karena bisa jadi di awal tidak terlalu menyenangkan, seperti rasa canggung terhadap kolega baru, tempat kerja dengan ruangannya yang banyak, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dan lain sebagainya.

Loading...

Beradaptasi dengan Lingkungan Kerja Baru

Sebenarnya beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru tidak sesulit seperti yang kita bayangkan. Asal ada kemauan dan meyakinkan diri sendiri bahwa kita adalah pribadi yang menyenangkan dan dapat berbaur dengan lingkungan baru.

Apa saja yang bisa kita lakukan sebagai langkah awal untuk beradaptasi di lingkungan kerja baru? Berikut tips dari kami untuk anda.

1. Ramah

Bersikaplah ramah terhadap semua orang. Meskipun anda memegang jabatan yang cukup tinggi di kantor tersebut, berusahalah untuk tetap bersifat ramah meski kepada bawahan anda.

READ:  Hindari Kata yang Tak Perlu dalam Pidato dengan 5 Cara Ini

Sikap ramah dapat anda tunjukkan dengan menyapa dan memberi salam saat anda datang dan pulang. Hal lainnya adalah bersikap santai dan terbuka, seakan anda tidak menjaga jarak terhadap kolega-kolega baru anda.

2. Bertanya

Lingkungan kerja yang baru mungkin bisa jadi membingungkan di awalnya. Jangan segan bertanya kepada kolega anda terhadap hal yang anda tidak mengerti. Hal tersebut juga dapat membuat mereka merasa dihargai.

Namun perhitungkan juga situasinya, dengan tidak mengganggu saat mereka sedang sibuk bekerja. Dalam keadaan terdesak, bertanyalah dengan sopan atau ungkapkan sebelumnya jika anda akan banyak bertanya di awal.

3. Taati Peraturan Perusahaan

Jangan terlambat datang atau melakukan hal-hal yang tidak boleh dilakukan di perusahaan.

Biasanya sebelum memulai bekerja anda dapat meminta peraturan tertulis kepada atasan tentang etika di perusahaan. Selain itu, jika ada peraturan yang tidak tertulis, tanyakan juga padanya.

4. Bergaul Dengan Kolega

Mungkin menjalin pertemanan dengan kolega membutuhkan waktu yang tidak singkat, namun anda selalu dapat memulainya.

READ:  11 Tips Jadi Copywriter Hebat

Ajak kolega mengorbrol saat istirahat atau di sela-sela pekerjaan sesekali waktu. Karena anda orang baru, biasanya andalah yang sering ditanya, saat-saat seperti ini dapat anda manfaatkan untuk menciptakan suasana hangat dan menjalin pertemanan dengan mereka.

Tak hanya di lingkungan kantor, mereka juga dapat menjadi teman anda di acara non formal lainnya seperti makan malam bersama, ke pusat perbelanjaan dan yang lainnya.

5. Pahami Pekerjaan

Pahami dengan baik dan seksama tentang pekerjaan anda. Apa yang harus anda lakukan, bagaimana cara bekerjanya dan sebagainya. Tunjukkan kinerja yang baik dan bertanyalah jika ada yang tidak anda pahami.

6. Meminta Penilaian

Katakan kepada atasan atau bawahan anda untuk menilai kinerja anda. Anda dapat meminta pendapat mereka untuk menilai anda dengan jujur sehingga anda dapat mengetahui kualitas kinerja anda.

***

Beradaptasi dengan lingkungan baru di kantor memang memerlukan waktu, namun cepat atau lambatya tergantung pribadi anda. Selamat beradaptasi.