4 Tips dan Cara Menghadapi Kolega yang Menyebalkan

Pernahkan anda mengalaminya? Memiliki kolega di tempat kerja yang tergolong menyebalkan dan sering mengganggu konsentrasi kita saat bekerja.

Mereka biasanya melakuan hal-hal yang tidak menyenangkan langsung ke kita atau ke atasan dan bawahan sehingga membuat suasan kerja yang suram. Orang-orang tersebut biasanya tidak menyadari akan perbuatan yang mereka lakukan dan cenderung cuek dengan sinyal yang diberikan kolega lain.

Hal tersebut diperburuk dengan kita yang tidak berani menegurnya karena takut menyinggung dirinya. Terlebih jika dia memegang jabatan cukup penting dan lebih lama bekerja di sana ketimbang kita.

Loading...

Menghadapi Kolega yang Menyebalkan

Berikut 4 tipe kolega yang menjengkelkan dan bagaimana cara kita menghadapinya.

1. Si Tukang Bohong

Semua orang mungkin pernah melakukannya. Berbohong dengan sengaja untuk menutupi kesalahannya. Namun jika kebohongan tersebut melibatkan orang lain, beda lagi jadinya.

Biasanya kolega tipe ini suka memberi alasan yang tidak sebenarnya jika ditanya atasan, seperti kenapa dia datang terlambat atau pekerjaan yang diminta belum selesai.

Jika kejadian berbohong ini terus-menerus terjadi, anda harus menyikapinya dengan tegas, yaitu dengan berbicara dengannya seperti, “bukannya kamu tadi bilang A, kenapa bilang B ke bos?”.

READ:  6 Alasan Kenapa Harus Menjadi Freelancer

Ada kemungkinan kolega anda berbohong karena takut, anda dapat menyarankannya untuk berkata jujur karena jika suatu saat terkuak, dia juga yang kena sasaran. Terlebih jika dia melibatkan anda, katakan jangan pernah melibatkan anda dalam kebohongannya atau anda akan mengatakan yang sebenarnya ke bos.

2. Si ‘Bos’ Dadakan

Kolega seperti ini biasanya suka menyuruh orang lain menyelesaikan pekerjaannya dengan alasan dia sendiri sangat sibuk atau tidak dapat melakukannya.

Jika hal tersebut terjadi berulang-ulang, anda dapat mengatakan padanya jika anda tidak keberatan untuk mengerjakan tugas yang seharusnya ia lakukan. Katakan padanya untuk lebih pandai mengatur waktu sehingga pekerjaan dapat selesai tepat waktu.

Anda dibayar untuk menyelesaikan pekerjaan anda bukan?

3. Si Pesaing

Tipe ini biasaya terlihat ingin bersaing dengan anda di segala hal. Mungking tidak dengan anda saja, namun juga dengan kolega yang lain. Tidak hanya dalam segi penampilan, namun juga pribadi seperti menyindir kualitas kinerja anda, atau terlalu membanggakan dirinya sendiri akan segala hal.

READ:  4 Tips Mengatasi Ketegangan Dengan Rekan Kerja Beda Generasi

Jika sudah terjadi berlebihan dan anda mereasa tidak nyaman, jika ia mengulangi kata-kata yang sudah anda pernah dengar sebelumnya, katakan bahwa ia sudah berulang kali mengatakannya dan anda tidak perlu mendengarnya lagi.

Atau jika ia mengejek pekerjaan anda, katakan bahwa pekerjaan anda cukup baik dan tidak ada komplain tentang kerjaan anda, sehingga anda merasa telah melaksanakan kewajiban dengan baik.

Cara lainnya adalah dengan cuek dan menghindarinya sehingga ia tahu bahwa sifatnya menjauhkan dia dari orang lain.

4. Si Tukang Menyela

Saat bos sedang menanyakan sesuatu kepada anda, kolega yang suka menyela akan menjawabnya padahal dia tidak ditanya. Mungkin bos tidak akan keberatan dengan hal tersebut karena dia hanya membutuhkan jawaban.

Namun hal tersebut tentu tidak menyenangkan. Katakan padanya bahwa anda keberatan saat ia menjawab pertanyaan yang bukan untuknya.

***

Karakteristik kolega di kantor memang terkadang menjengkelkan. Namun dengan komunikasi yang baik, anda dapat mengatasinya. Semoga bermanfaat.