4 Tipe Rekan Kerja yang Sebaiknya Dihindari

Di lingkungan pekerjaan, terkadang kita bertemu atau berada di satu ruangan dengan rekan kerja yang memiliki sifat berbeda dengan kita.

Sifat mereka yang berbeda tersebut dapat berupa sifat yang positif dan negatif. Mungkin pernah terjadi di lingkungan kerja anda, saat anda memiliki rekan kerja yang memiliki kebiasaan buruk.

Kebiasaan buruk mereka mungkin saja sudah diketahui luas oleh kolega yang lain, namun tidak ada yang berani menegur. Jika hal tersebut telah terjadi, langkah paling baik adalah menghindarinya dan memilih untuk tidak berurusan dengannya.

Loading...

Tipe Kolega yang Sebaiknya Dihindari

Apa saja tipe rekan kerja atau kolega yang sebaiknya kita hindari? Berikut ulasannya.

1. Si Tukang Bohong

Kolega yang satu ini sering tidak menceritakan kejadian yang sebenarnya dan sering berbohong untuk menutupi sesuatu.

Saat anda mengobrol dengannya, dia tampak lancar berbicara dan seakan mengatakan yang sebenarnya. Namun yang terjadi adalah dia menceritakan hal yang berbeda ke orang lain.

Kolega yang suka berbohong sebaiknya anda abaikan saat ia sedang bercerita dan pasang ekspresi seakan apa yang dia katakan tidak anda tanggapi dengan serius.

READ:  4 Tips dan Cara Menghadapi Kolega yang Menyebalkan

2. Suka Hutang

Kolega yang suka meminjam uang mungkin bukan hal yang asing lagi di lingkungan kerja.

Biasanya dia meminjam uang ke beberapa kolega dengan jumlah nominal yang tidak terlalu banyak tapi cukup sering. Ia bisa juga mengatakan alasan meminjam uang yang berbeda sehingga tidak jelas untuk apa ia meminjam uang tersebut.

Yang buruk adalah ketika ia tidak mengembalikan uang tersebut sesuai waktu yang ia sudah janjikan. Jika ada kolega yang seperti ini, sebaiknya anda hindari dan jangan pinjamkan uang. Anda dapat mengatakan jika anda juga sedang butuh dan ada keperluan penting dengan uang yang anda miliki.

Normalnya, jika ada kolega yang ingin meminjam uang, ia wajib mengatakan untuk apa uang itu akan dipakai dan kapan ia dapat mengembalikan uang tersebut.

3. Tukang Gosip

Bergosip di kantor bukan suatu hal yang asing, terutama di kalangan wanita. Namun, bergosip juga ada batasnya. Terkadang ada kolega yang hobi bergosipnya sudah melampaui batas, misalnya dengan selalu membicarakan kejelekan orang dan mempengaruhi orang lain untuk mengikuti pandangannya.

READ:  7 Tips Mengatasi Sifat Pemalu

Anda sebaiknya menghindari si tukang gosip dan tidak terlalu terbuka mengumbar urusan pribadi anda. Siapa tahu anda target gosip yang berikutnya.

4. Si Glamor

Ada beberapa kolega terutama wanita yang tampil mewah dan cenderung konsumtif dalam urusan berbelanja. Tentu hal tersebut adalah urusannya untuk berpenampilan.

Namun, jika gaya hidup mewahnya ingin anda ikuti, sedangkan penghasilan anda dan dia cukup berbeda, atau keadaan ekonomi keluarganya berbeda, anda bisa ikut menjadi konsumtif dan tidak terkontrol dalam berbelanja.

Hiduplah sesuai dengan penghasilan anda dan tentu anda tetap biasa berteman dengannya, hanya batasi aktivitas anda dengannya.

***

Itulah empat tipe rekan kerja yang sebaiknya anda hindari. Jangan buang waktu dengan tipe rekan kerja seperti ini! Semoga bermanfaat.