8 Perlengkapan Bayi yang Perlu Dibawa Saat Bepergian

Membawa bayi saat berpergian dapat dikatakan gampang gampang susah. Bagaimana tidak? Selain barang bawaan yang pasti bertambah, membawa bayi cukup merepotkan karena harus tetap mengurusnya, terlebih lagi saat ia membuat suasana gaduh seperti menangis keras.

Namun, membawa bayi saat bepergian juga cukup menyenangkan. Meski mungkin saat-saat liburan belum terekam di ingatanannya, bagi orang tua, mengajak sang buah hati ikut bersama mereka tentu adalah pengalaman yang indah.

Terutama bagi orang tua yang memang hobi traveling, mungkin membawa bayi ikut serta bukanlah hal yang mengganggu, malah menambah semangat dan keceriaan mereka.

Loading...

liburan dengan bayi

Dari berbagai perlengkapan bayi yang harus dibawa, terdapat beberapa benda dan barang yang sebaiknya anda pastikan bahwa anda membawanya.

Apa saja barang tersebut? Yuk simak tips dari kami berikut.

1. Obat-Obatan

Obat-obatan untuk bayi sangat dianjurkan untuk dibawa. Bayi biasanya masih rentan akan penyakit yang dapat berasal dari lingkungan maupun orang dewasa.

Maka dari itu, pastikan anda membawa obat-obatan untuk mengatasi penyakit ringan yang bisa timbul saat bepergian dan juga mencegah penyakit yang dapat timbul.

READ:  5 Tips Berwisata dengan Cerdas

2. Tisu

Tisu basah maupun tisu kering sangatlah berguna untuk dibawa selama bepergian. Anda dapat menggunakannya untuk mengelap tangan dan mulut bayi setelah ia makan, anda juga bisa membersihkan bagian tubuh bayi lainnya saat anda belum bisa memandikannya.

Pastikan juga tisu anda mengandung anti bakterial yang akan berguna untuk membersihkan kuman dan bakteri pada tubuh bayi selama bepergian.

3. Kantung Plastik atau Kertas

Kantung berbahan plastik atau kertas akan sangat berguna dibawa selama bepergian dengan bayi untuk membuang popok bayi misalnya, atau menyimpan baju kotornya. Pastikan juga anda membungkusnya dengan baik sehingga tidak menimbulkan bau atau bocor.

4. Alat Gendong

Alat gendong berupa jarit atau yang siap pakai (sling) sebaiknya anda bawa untuk menggendong bayi dengan cara praktis, terutama untuk bepergian ke tempat yang tidak mudah dijangkau dengan kereta bayi.

Selain itu, penggunaan alat gendong ini akan membuat kedua tangan anda juga bebas untuk membawa barang lainnya.

5. Alas Pelindung

Bawalah alas pelindung yang berbahan tahan air untuk mengganti popok bayi dimana saja. Alas ini berguna terutama di dalam mobil, bandara ataupun kamar hotel sehingga tidak akan mengotori alas lainnya.

READ:  Ide Gaya Rambut Untuk Liburan

6. Mainan Bayi

Untuk mencegah bayi bosan dan mudah menangis, anda dapat menyiapkan beberapa mainan bayi yang dapat menenangkannya. Mainan yang dapat dia genggam, lihat maupun dengar menjadi ide mainan yang baik untuk dibawa bepergian.

7. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi bayi juga jangan lupa dibawa. Biasanya beberapa tempat memang menyediakan  perlengkapan mandi namun tidak dikhususkan untuk bayi.

Karena kulit bayi masih sangat sensitif dan lembut, menggunakan sabun atau produk mandi untuk dewasa sangat tidak dianjurkan. Bawalah perlengkapan mandi khusus bayi anda dengan menyimpannya di dalam wadah kecil nan praktis hingga mudah dan ringan dibawa.

8. Makanan Bayi

Untuk menghindari kesulitan menemukan makanan bayi dalam perjalanan, anda sebaiknya membawa beberapa makanan bayi anda dari rumah yang dapat anda simpan dalam wadah kedap udara atau belilah makanan bayi dalam kemasan yang praktis.

***

Bepergian dengan bayi tak selamanya merepotkan. Buatlah suasana nyaman dengan si bayi untuk liburan yang menyenangkan. Selamat berlibur 🙂

READ:  5 Tempat Wisata Terbaik di Malang

(foto : blog.monarch.co.uk)