5 Penyebab Radang Tenggorokan dan Cara Alami Mengatasinya

 Radang TenggorokanRadang tenggorokan atau faringitis adalah penyakit umum yang hampir setiap orang pernah mengalaminya.

Apalagi ketika terjadi perubahan cuaca dan perpindahan musim maka radang tenggorokan seringkali muncul lebih dulu sebagai sebuah gelagat  flu dan batuk.

Radang tenggorokan bukanlah sebuah penyakit yang super serius, ia bisa ditangani segera dengan cara mudah apalagi jika ditangani lebih dini ketika masih fase gelagat. Bahkan pada beberapa orang atau kasus, radang tenggorokan bisa sembuh sendiri saat tubuh diistirahatkan.

Loading...

Tetapi apapun jenis penyakit, lebih baik dan bijaksana jika kita mengantisipasi dan menghindarinya. Akan lebih baik lagi jika kita berusaha mengenali jenis-jenis penyakit dan pengobatannya secara dini sehingga kita tak perlu menggantungkan diri pada aparat medis yang notabene selalu menuntut kelayakan finansial.

5 Penyebab Radang Tenggorokan

Berikut adalah 5 hal yang dapat memicu radang pada tenggorokan:

1. Infeksi virus

Infeksi virus adalah pemicu radang tenggorokan yang paling sering terjadi.  Biasanya diawali dengan serangan flu berat yang bertahan beberapa hari. Keadaan ini tentu saja akan menurunkan daya tahan tubuh dan melemahkan stamina.

READ:  Aneka Solusi Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan

Ini menjadi masa inkubasi buat virus coxsackie untuk menjalar dan memperburuk keadaan hingga muncul peradangan di tenggorokan. Fase bisa terjadi hingga seminggu atau bahkan lebih.

2. Infeksi bakteri

Bakteri yang menginfeksi radang tenggorokan adalah bakteri streptokokus. Radang tenggorokan yang disebabkan bakteri ini kondisinya bisa lebih parah. Untungnya, bakteri ini tak berinkubasi sesering virus  coxsackie.

3. Pengaruh makanan

Makanan yang terlalu pedas, panas dan asam secara ekstrem, juga yang mengandung banyak minyak, bisa memicu  radang  tenggorokan. Apalagi ketika tubuh kita tidak sedang fit.

4. Kebiasaan merokok dan minum alkohol

Sebagaimana kita tahu bahwa dua hal ini bukan cara hidup yang sehat. Ada banyak resiko  di dalamnya.

5. Alergi

Alergi bisa bersumber dari mana dan apa saja. Ketika tubuh sudah terinfeksi alergi maka daya tahannya cenderung menurun. Maka saat stamina lemah inilah virus dan bakteri bisa berinkubasi secara cepat.

5 Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan

Untuk Anda yang terlanjur terinfeksi radang tenggorokan dan lebh memilih pengobatan herbal, cara alami mengobati radang tenggorokan berikut ini layak untuk dicoba:

READ:  Manfaat dan Efek Samping Bad Mood

1. Kumur dengan air garam dan kunyit

Ramuan tradisional ini sangat efektif mengatasi sakit tenggorokan. Campurkan 1 sdt garam dan sejumput kunyit ke dalam 200 ml air hangat dan berkumurlah dengannya beberapa kali sehari.

2. Daun Kemangi

Rebus sejumput daun kemangi dan minumlah air rebusannya. Atau, kalaupun tudak terlalu merasa nyaman dengan rasanya, sekedar berkumur dengan airnya pun cukup membantu mengurangi sakit di tenggorokan.

3. Bawang Putih

Senyawa allicin dikenal sebagai agen pembunuh bakteri. Dan senyawa ini tersimpan banyak dalam bawang putih. Kunyahlah bawang putih, ini akan membantu meredakan sakit di tenggrorokan.

4.  Jus Belimbing Manis

Kalau anda tidak tahan dengan aroma bawang putih yang sangat menyengat, terapi alami yang satu ini mungkin bisa dicoba. Ambil 100 gram buah belimbing manis, buat jus dan minum. Ini akan sangat membantu karena belimbing manis memiliki khasiat anti radang.

5. Konsumsi Sup

Sup sangat baik dikonsumsi saat anda mengalami radang tenggorokan. Biasanya, saat mengalami radang tenggorokan, kita akan kehilangan nafsu makan  akibat ketidaknyamanan saat menelan. Ini membuat tubuh anda makin melemah dan riskan.

READ:  Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan

Cobalah mengkonsumsi sup hangat dengan dicampuri perasan jeruk nipis secukupnya. Ini tidak hanya akan meredakan sakit tetapi juga mensuplai nutrisi ke dalam tubuh anda sehingga membuat anda lebih segar.

Dan biasanya… mengkonsumsi sup hangat akan membuat tubuh bermetabolisme sehingga mengeluarkan keringat.  Zat negatif yang keluar ini akan membuat tubuh anda jauh lebih baik.