Selalu Merasa Mengantuk? Mungkin Ini Penyebabnya!

Selalu Merasa Mengantuk? Mungkin Ini Penyebabnya!Tidak Cukup Tidur

Ini mungkin tampak jelas, tetapi Anda bisa saja tidur terlalu sebentar. Hal negatif tersebut dapat mempengaruhi konsentrasi dan kesehatan. Orang dewasa harus mendapatkan tujuh sampai delapan jam tidur setiap malam.

Jadikan tidur sebagai prioritas dan jaga jadwal rutin. Jauhkan laptop, ponsel, dan televisi dari kamar tidur Anda. Masih mengalami kesulitan? Tanyakan pada dokter, Anda mungkin memiliki gangguan tidur.

Loading...

Sleep Apnea

Beberapa orang berpikir bahwa mereka mendapatkan cukup tidur dan tetap merasa mengantuk, sleep apnea bisa menjadi penyebabnya. Slee apnea secara singkat menghentikan pernapasan Anda sepanjang malam. Setiap gangguan membangunkan Anda sejenak, tapi Anda mungkin tidak menyadarinya. Akibatnya: Anda kurang tidur meskipun menghabiskan delapan jam di tempat tidur.

Menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan, berhenti merokok, dan tidur dengan perangkat CPAP untuk membantu menjaga jalan napas terbuka di malam hari.

Tidak Cukup Energi

Makan terlalu sedikit dapat menyebabkan kelelahan, tapi makan makanan yang salah juga dapat menjadi masalah. Makan diet seimbang membantu menjaga kadar gula darah Anda dalam rentang normal dan mencegah perasaan lesu ketika gula darah Anda turun.

Selalu menyempatkan sarapan dan mencoba untuk memasukkan protein dan karbohidrat kompleks setiap kali makan. Misalnya, makan telur dengan roti gandum. Juga makan makanan dan makanan ringan sepanjang hari untuk mendapatkan energi berkelanjutan.

Anemia

Anemia adalah salah satu penyebab utama kelelahan pada wanita. Kehilangan darah menstruasi dapat menyebabkan kekurangan zat besi, menempatkan wanita pada resiko. Sel darah merah diperlukan karena mereka membawa oksigen ke jaringan dan organ.

Untuk anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi, mengonsumsi suplemen zat besi dan makan makanan kaya zat besi, seperti daging tanpa lemak, hati, kerang, kacang-kacangan, dan sereal yang diperkaya, dapat membantu.

READ:  8 Cara Alami Sederhana Untuk Mengatasi Sakit Gigi

Depresi

Anda mungkin berpikir depresi sebagai gangguan emosi, tetapi juga akan mengakibatkan banyak gejala fisik. Kelelahan, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan adalah salah satu gejala yang paling umum. Jika Anda merasa lelah dan “down” selama lebih dari beberapa minggu, pergilah ke dokter.

Depresi merespon dengan baik terhadap psikoterapi dan/atau obat-obatan.

Hipotiroidisme

Tiroid adalah kelenjar kecil pada pangkal leher. Tiroid mengontrol metabolisme, kecepatan di mana tubuh Anda mengubah bahan bakar menjadi energi. Ketika kelenjar kurang aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, Anda mungkin merasa lemas dan menambah berat badan.

Jika tes darah menegaskan hormon tiroid Anda rendah, hormon sintetik dapat mempercepat metabolisme Anda.

Kafein Berlebih

Kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi dalam dosis moderat. Tapi terlalu banyak kafein dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan kegelisahan. Dan penelitian menunjukkan terlalu banyak kafein sebenarnya menyebabkan kelelahan pada beberapa orang.

Kurangi asupan kopi, teh, cokelat, minuman ringan, dan setiap obat yang mengandung kafein secara bertahap. Menghentikan secara tiba-tiba dapat menyebabkan penarikan kafein dan lebih banyak kelelahan.

ISK Tersembunyi

Jika Anda pernah mengalami infeksi saluran kemih (ISK), Anda mungkin mengenal rasa sakit terbakar dan rasa urgensi. Namun infeksi tidak selalu menunjukkan gejala yang jelas seperti itu. Dalam beberapa kasus, kelelahan mungkin satu-satunya tanda. Sebuah tes urine dapat dengan cepat mengkonfirmasi ISK.

Antibiotik merupakan obat untuk ISK, dan kelelahan biasanya akan hilang dalam waktu seminggu.

Diabetes

Pada penderita diabetes, kadar gula tinggi yang tidak normal tetap berada dalam aliran darah, tidak memasuki sel-sel tubuh, di mana ia akan diubah menjadi energi. Akibatnya, tubuh kehabisan uap walaupun memiliki cukup makan. Jika Anda mengalami kelelahan yang tidak dapat dijelaskan, tanyakan kepada dokter untuk menguji Anda untuk diabetes.

READ:  4 Hal Tentang Otak yang Perlu Anda Ketahui

Pengobatan untuk diabetes mungkin termasuk perubahan gaya hidup seperti diet dan olahraga, terapi insulin, dan obat-obatan untuk membantu tubuh memproses gula.

Dehidrasi

Kelelahan bisa menjadi tanda dehidrasi. Apakah Anda bekerja di luar atau bekerja di belakang meja, tubuh Anda membutuhkan air untuk bekerja dengan baik dan tetap tenang. Jika Anda haus, Anda sudah mengalami dehidrasi.

Minumlah air sepanjang hari sehingga urin Anda berwarna terang. Miliki minimal dua gelas air setiap satu jam atau lebih sebelum aktivitas fisik yang direncanakan. Kemudian, minum selama berolahraga dan kemudian minum dua cangkir setelahnya.

Penyakit Jantung

Saat merasa kelelahan selama kegiatan sehari-hari, seperti membersihkan rumah atau menyiangi halaman, bisa menjadi tanda bahwa jantung Anda sedang bermasalah. Jika Anda kemudian menjadi semakin sulit untuk menyelesaikan tugas-tugas yang dulunya mudah, bicarakan dengan dokter Anda tentang penyakit jantung.

Perubahan gaya hidup, obat-obatan, dan prosedur terapi bisa mendapatkan penyakit jantung di bawah kontrol dan mengembalikan energi Anda.

Shift Work Sleep Disorder

Bekerja di malam hari atau berganti shift dapat mengganggu jam internal Anda. Anda mungkin merasa lelah ketika Anda harus terjaga. Dan Anda mungkin mengalami kesulitan tidur di siang hari.

Batasi paparan terhadap siang hari ketika Anda perlu istirahat. Buat kamar Anda gelap, tenang, dan sejuk. Masih mengalami masalah tidur? Bicarakan dengan dokter Anda. Suplemen dan obat-obatan dapat membantu.

READ:  8 Penyebab Mengejutkan Timbulnya Rasa Lelah

Alergi Makanan

Beberapa dokter percaya alergi makanan tersembunyi dapat membuat Anda mengantuk. Jika kelelahan Anda semakin intensif setelah makan, Anda bisa saja memiliki intoleransi ringan pada sesuatu yang Anda makan – tidak menyebabkan gatal-gatal, hanya cukup untuk membuat Anda lelah.

Cobalah menghilangkan makanan satu per satu untuk melihat apakah kelelahan Anda membaik. Anda juga dapat meminta dokter Anda melakukan tes alergi makanan.

Sindrom Kelelahan Kronis dan Fibromyalgia

Jika kelelahan Anda berlangsung lebih dari enam bulan dan sangat parah sehingga Anda tidak dapat mengatur kegiatan sehari-hari Anda, sindrom kelelahan kronis atau fibromyalgia adalah suatu kemungkinan. Keduanya dapat memiliki berbagai gejala, tetapi terus-menerus, kelelahan adalah yang utama.

Meskipun tidak ada perbaikan cepat untuk keduanya, pasien sering membaik dengan melakukan perubahan jadwal harian, belajar kebiasaan tidur yang lebih baik, dan memulai program latihan yang ringan.

Jika Anda mengalami kelelahan ringan yang tidak terhubung ke setiap kondisi medis, solusinya mungkin berolahraga. Penelitian menunjukkan orang dewasa yang sehat tetapi lelah bisa mendapatkan dorongan energi yang signifikan dari program latihan sederhana. Dalam satu studi, peserta mengendarai sepeda statis selama 20 menit dengan kecepatan ringan. Melakukan hal ini hanya tiga kali seminggu sudah cukup untuk melawan kelelahan.