Loading...

Tips Mengatasi Demam Pada Anak

Penulis: Mayrani Rubrik: Keluarga, Kesehatan

Mengatasi Demam Pada AnakMungkin sangat sulit melihat anak Anda mengalami demam – dan kadang-kadang juga menakutkan. Namun ingat, demam pada anak sangat umum terjadi. Demam adalah pertahanan alami tubuh terhadap infeksi. Tubuh meningkatkan suhu untuk membunuh kuman. Dalam kebanyakan kasus, demam tidak berbahaya dan pergi dengan sendirinya.

Berikut adalah beberapa fakta dan tips untuk membantu meredakan demam anak Anda, dilansir dari webMD.

Demam Pada Anak

Loading...

– Seberapa sering anak Anda demam? Sering. Infeksi, banyak yang menyebabkan demam, sangat umum pada anak-anak.
– Berapa lama demam anak Anda bertahan? Ini bervariasi, namun demam bisa berlangsung selama 1 sampai 3 hari.
– Seberapa sering Anda perlu memeriksa suhu tubuh anak Anda yang sedang sakit? Itu tergantung pada situasi. Tanyakan dokter anak. Biasanya, Anda tidak perlu memeriksa suhu tubuh anak Anda secara obsesif – atau bangunkan anak dari tidur untuk membacakannya cerita. Tetapi periksa jika energinya tampaknya rendah.
– Termometer mana yang paling baik untuk anak-anak? Yang terbaik ialah termometer digital. Termometer digital dapat digunakan secara oral, rektal, atau di bawah lengan. Untuk anak-anak, suhu rektal yang paling akurat. Jika anak Anda berusia 4 sampai 5 tahun atau lebih, Anda mungkin bisa mendapatkan suhu oral yang baik. Suhu ketiak kurang dapat diandalkan. Ingatlah untuk menambahkan derajat pada pembacaan suhu ketiak. Ini akan menjadi lebih dekat dengan suhu yang benar.

Lihat perilaku keseluruhan anak Anda, bukan hanya suhu. Jika anak Anda demam tetapi bermain dan tersenyum pada Anda, itu pertanda baik. Dokter lebih memperhatikan jika anak lesu, memiliki ruam, atau bertindak terutama marah – responsif atau menangis tak terkendali.

Tips Mengobati Demam Pada Anak

Hal-hal yang dapat bekerja saat anak Anda demam:

– Gunakan acetaminophen untuk anak berusia 2 tahun atau lebih (jika anak Anda kurang dari 2 tahun, tanyakan pada dokter mengenai dosis yang tepat) atau ibuprofen untuk anak berusia 6 bulan atau lebih.
– Gunakan kompres dingin pada dahi anak Anda.
– Mandikan anak Anda menggunakan spons dengan air hangat suam-suam kuku. Jika anak Anda mulai menggigil, hentikan.
– Jaga ruang pada suhu yang nyaman – tidak terlalu panas atau terlalu dingin.
– Pakaikan anak Anda dengan pakaian ringan satu lapis dan tawarkan selimut ringan.
– Pastikan anak Anda minum banyak cairan untuk tetap terhidrasi.

Hal-hal yang tidak bekerja pada demam anak:

– Jangan gunakan aspirin untuk demam anak. Hal ini dapat menyebabkan kondisi serius yang disebut sindrom Rey .
– Hindari kombinasi obat pilek dan flu pada anak. Obat tersebut tidak boleh digunakan pada anak-anak di bawah usia 4 tahun. Pada anak-anak yang lebih tua, tidak jelas seberapa baik obat bekerja. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan obat flu, baca label dan pilih obat yang paling sesuai untuk gejala anak.
– Jangan mandikan anak dengan air dingin atau menggosok kulit anak Anda dengan alkohol. Keduanya dapat memperparah demam.
– Bahkan jika anak Anda merasa dingin dan menggigil, jangan berikan selimut atau pakaian tebal.
– Jangan mengganti obat-obatan tanpa persetujuan dokter anak.

Biasanya, Anda tidak perlu membawa anak yang sakit ke dokter. Tapi kadang-kadang demam bisa menjadi tanda peringatan yang serius. Hubungi dokter anak jika anak Anda:

– Memiliki suhu 104 F atau lebih
– Berusia di bawah 3 bulan dan memiliki suhu 100,4 F atau lebih
– Mengalami demam yang berlangsung selama lebih dari 3 hari (atau lebih dari 24 jam jika anak Anda di bawah usia 2 tahun)
– Demam disertai dengan gejala lain seperti leher kaku, sakit tenggorokan, sakit telinga, ruam, atau sakit kepala parah
– Mengalami kejang
– Tampaknya sangat sakit, marah, atau tidak responsif