5 Tips dan Cara Alami Mencegah Mabuk Perjalanan

Hampir semua orang pernah mengalami hal tak menyenangkan yang satu ini, mabuk perjalanan. Tidak hanya terjadi di kalangan orang tua, mabuk perjalanan juga dapat terjadi pada remaja dan anak-anak.

Penyebab mabuk perjalanan dikatakan banyak orang sangat beragam, mulai cara mengemudi supir tak tidak enak dan mulus, bau dalam kendaraan yang tidak disukai, kurang asupan makan hingga memang sudah kebiasaan.

Hal-hal tersebut mungkin saja benar, karena tidak semua orang mengalami mabuk kendaraan. Biasanya ada orang yang mudah mabuk kendaraan dan yang tetap fit selama perjalanan panjang.

Loading...

Cara Alami Mencegah Mabuk Perjalanan

Lalu apa penyebab sebenarnya mabuk kendaraan?

Menurut seorang ahli kesehatan tidur, mabuk perjalanan seringkali muncul karena adanya motion sickness. Motion sickness ini adalah munculnya perasaan yang tidak enak pada tubuh karena gerakan yang berulang. Tak salah jika dalam mobil yang seringkali mengerem mendadak, penumpang di dalamnya akan lebih mudah mabuk perjalanan.

Ia menambahkan bahwa dalam perjalanan jauh resiko mabuk perjalanan akan lebih besar arena gerakan yang berulang ini akan berlangsung lama. Mabuk perjalanan dapat menimbulkan efek seperti pusing, mual, berkeringat dingin dan rasa ingin muntah.

READ:  Tips dan Trik Agar Tidak Mabuk Dalam Perjalanan

Mengatasi mabuk perjalanan dapat dilakukan dengan meminum obat-obatan tertentu, yang terkadang menimbulkan efek mengantuk sehingga mabuk perjalanan dapat teratasi dengan tidur.

Adakah cara lain yang lebih alami untuk mencegah dan mengatasi mabuk perjalanan? Berikut ulasan kami.

1. Asupan Makan yang Cukup

Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan anda mendapatkan asupan makan yang cukup, namun tidak terlalu banyak. Makanan ini juga sebaiknya dikonsumsi sekitar 2 jam sebelum perjalanan.

Hindari juga memakan makanan yang lambat untuk dicerna, pedas dan terlalu berminyak. Selama perjalanan anda juga dapat memakan kudapan sesekali.

2. Mengonsumsi Produk Jahe

Produk berbahan jahe baik dikonsumsi untuk mencegah mabuk perjalanan dan juga mengobatinya. Produk ini dapat berupa kudapan, permen, kapsul dan minuman.

3. Posisi Duduk yang Nyaman

Orang yang mudah mabuk perjalanan sering memilih duduk di depan atau di tengah. Hal tersebut memang merupakan salah satu cara yang tepat untuk mencegah mabuk kendaraan.

Mabuk kendaraan juga dapat disebabkan oleh pandangan yang sempit dan tertutup sehingga membuat tidak nyaman. Pilihlah posisi duduk di depan maupun di tengah sehingga anda lebih leluasa melihat pandangan di depan. Anda juga sebaiknya duduk dengan tegak.

READ:  Indahnya Surga Bawah Laut di Wakatobi

4. Teknik Pernapasan

Anda dapat melakukan teknik pernapasan dalam yang secara alami akan mencegah anda dari gejala mabuk perjalanan. Teknik pernapas ini dapat dilakukan dengan cara menutup mulut dan mengambil napas dalam-dalam melalui hidung.

Hirup udara selama 4 detik dan tahan selama 7 detik, kemudian hembuskan perlahan selama 8 detik. Ulang teknik pernapasan ini hingga 3 kali.

5. Pepermint

Kandungan perpermint dianggap ampuh dalam mencegah dan mengobati mabuk perjalanan. Sebelum perjalanan misalnya, anda dapat meminum secangkir air hangat yang diberi irisan daun pepermint.

Anda juga dapat mengonsumsi tablet pepermint sesekali di dalam kendaraan.

***

Selain ke-lima cara di atas, mabuk perjalanan juga dapat diatasi dengan mengalihkan perhatian misalnya melihat pemandangan yang tinggi, mengobrol dan bercanda selama perjalana hingga mengonsumsi kudapan favorit yang berbahan ringan. Semoga bermanfaat.