6 Tips dan Cara Menyenangkan Berekreasi ke Kebun Binatang

Berekreasi ke kebun binatang? kenapa tidak? jalan-jalan ke tempat penuh hewan ini sangat menarik untuk dilakukan. Manfaat yang kita dapatkan juga banyak, terutama bagi anak-anak untuk pengetahuannya akan alam.

Berkunjung ke kebun binatang mungkin sering kita lakukan. Selain senang melihat perilaku hewan-hewan, kita juga dapat menambah pengetahuan karena informasi yang diberikan di kebun binatang tersebut.

Tidak hanya hewan, kebun binatang biasanya juga menawarkan atraksi beragam lainnya seperti taman bermain anak, kolam renang, dan yang lainnya.

Loading...

Berekreasi ke Kebun Binatang

Tak salah jika kebun binatang menjadi salah satu tujuan tempat wisata yang selalu dipilih oleh wisatawan. Namun, berkunjung ke kebun binatang juga ada tips dan cara agar menjadi lebih menyenangkan! Berikut kami bagikan untuk anda.

1. Peta

Di pintu masuk, biasanya ada kebun binatang yang memberikan peta, ada juga yang tidak karena telah dipampang di papan informasi, misalnya. Anda dapat mencoba untuk meminta peta tempat wisata kepada petugas maupun memotret peta yang terpampang.

Hal tersebut dapat memudahkan anda selama berkunjung karena kebun binatang identik dengan tempat yang luas dan teradang jalurnya tidak berurutan. Pastikan anda melihat semua hewan yang ada.

READ:  5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Saat Merayakan Natal di Paris

2. Membaca Informasi

Banyak orang yang ke kebun binatang hanya untuk melihat binatang saja, padahal jika anda perhatikan, di sebagian besar kebun binatang, tertulis informasi tentang hewab tersebut seperti dari mana asalnya, penyebarannya dan lain sebagainya.

Hal ini dapat anda manfaatkan untuk menambah pengetahuan anda tentang hewan tersebut, sekaligus untuk anak-anak anda agar tahu lebih tentang hewan tersebut.

3. Jangan Menyakiti Hewan

Hal-hal yang sering terlupakan oleh pengunjung di kebun binatang adalah menyakiti hewan. Memang tidak secara ekstrim, tapi jik anda perhatian, tak sedikit pengunjung yang misalnya mengetuk kaca di kandang hewan (ikan misalnya), atau melempar sesuatu ke arah hewan untuk melihat reaksinya.

Hal-hal semacam itu sebaiknya tidak dilakukan karena akan membuat hewan stress dan secara tidak langsung, anda menyakitinya. Kaca yang sering diketuk atau digedor akan sangat terdengar oleh hewan di dalamnya dan mudah membuatnya stress. Begitu pula dengan melempar sesuatu ke arah hewan.

4. Menjaga Kebersihan

Hingga saat ini, masalah yang sering terjadi di kebun binatang di Indonesia adalah para pengunjung yang masih jarang menjaga kebersihan. Dengan konsep wisata yang berbasis ekosistem, pengunjung seharusnya turut menjaga kebersihan.

READ:  5 Makanan Yang Wajib Dicicipi Jika Ke Makassar

Membuang sampah pada tempatnya, tidak terlalu banyak membawa makanan ke dalam kebun binatang hingga tidak merokok dapat meningkatkan kebersihan di kebun binatang.

5. Siapkan Cairan Pembersih Tangan

Jika berkunjung ke kebun binatang dan ada beberapa atraksi untuk berinteraksi dengan hewan, sebaiknya anda menyiapkan cairan pembersih tangan.

Beberapa kebun binatang mungkin menyediakan tempat cuci tangan, namun untuk yang praktis dan lebih higienis, bawa sendiri hand sanitizer anda karena akan sangat berguna untuk membersihkan tangan dari kuman dan bakteri di tubuh hewan. Terlebih jika anda membawa serta anak-anak.

6. Bertanya ke Petugas

Jika anda ingin mengetahui informasi yang lebih banyak tentang beberapa hewan, anda sebaiknya tak segan bertanya kepada petugas yang berjaga terutama di sekitar kandang hewan.

Dengan bertanya kepadanya, anda akan mendapat informasi yang mungkin tidak tertulis atau informasi menarik lainnya.

***

Berkungjung ke kebun binatang memang menyenangkan. Tetaplah menjaga kelestarian satwa Indonesia.