Yuk ke Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta!

Mungkin Candi Prambanan, Candi Borobudur maupun Candi Ratu Boko sudah tidak asing lagi bagi anda. Candi yang berada di daerah Yogyakarta dan Magelang tersebut memang sudah lama menjadi tujuan wisata utama, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Namun bagaimana dengan Candi Ijo? Apakah anda mendengarnya? Candi ini merupakan candi tertinggi di Yogyakarta, dimana anda dapat melihat kota Yogyakarta secara lapang dari atas.

Candi yang sudah mulai dikenal karena keindahannya ini berada tak terlalu jauh dari Candi Ratu Boko. Jika anda bepergian menuju kota Solo dari Yogyakarta, anda perlu belok kanan sebelum kompleks Candi Prambanan untuk menuju ke arah Candi Ratu Boko, dan ke Candi Ijo.

Loading...

Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta

Lokasinya memang tidak terlalu mudah dijangkau. Selain tidak terlalu banyak penanda arah menuju kesana, jalan ke Candi Ijo juga masih dalam perbaikan.

Namun jika anda sudah tiba di Candi Ijo, rasa lelah selama perjalanan dijamin sirna karena suguhan pemandangan luar biasa dan juga Candi yang sangat cantik.

READ:  6 Tempat Menyeramkan di Jogja

Candi Ijo terdiri dari 4 Candi dengan 1 Candi Utama yang berisi patung Lingga dengan beberapa relief di sekelilingnya. Ketiga candi berukuran lebih kecil lainnya juga menyimpan beberapa arca di dalamnya.

Bagi anda yang gemar fotografi, Candi Ijo dapat menjadi lokasi yang sangat menarik dan eksotis. Mau tahu alasan kenapa anda harus berkunjung ke Candi Ijo? Berikut ulasannya.

1. Cenderung Sepi Pengunjung

Hingga kini Candi Ijo belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Selain promosinya yang kurang, akses munuju candi yang masih perlu dioptimalkan, kompleks candi juga tergolong kecil jika dibandingkan candi yang sudah populer lainnya.

Namun hal tersebut bukanlah hal yang buruk karena anda dapat lebih leluasa untuk memotret, melihat-lihat candi dengan seksama, hingga menhabiskan waktu mengobrol dengan teman. Seakan Candi Ijo bukanlah kawasan wisata, namun taman indah di bukit yang tinggi dengan candi-candi yang amat cantik.

2. Pemandangan yang Indah

Karena letak Candi Ijo yang sangat tinggi, anda dapat melihat kota Yogyakarta dari atas. Jika cuaca sedang cerah, pemandangannya pun akan semakin tampak cantik. Bandara Adi Sutjipto pun dapat terlihat dari Candi Ijo.

READ:  Mengunjungi Angry Birds Land di Finlandia

3. Melestarikan Candi

Hingga saat ini masuk ke Candi Ijo tidak dipungut biaya alias gratis. Anda akan diminta mengisi buku tamu dan hanya dengan itu saja, anda dapat menikmati wisata candi yang berbeda.

Dengan berkunjung ke Candi Ijo, secara tidak langsung anda ikut berpartisipasi untuk melestarikan candi karena dengan kunjungan wisatawan, berarti Candi Ijo memang menarik dan perlu semakin dipromosikan.

4. Spot Berfoto yang Sempurna

Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Candi Ijo mengabadikan foto mereka dengan latar belakang candi-candi yang indah maupun pemandangan kota Yogyakarta dari atas.

Candi Ijo juga dikelilingi dengan hantaran rumput hijau yang indah, sehingga semakin menonjolan warna batu candi-candinya. Jangan lupa untuk membawa kamera saat ke Candi Ijo, dan abadikan foto anda.

***

Yogyakarta memang masih menyimpan banyak lokasi wisata unik dan asyik untuk dikunjungi, salah satunya Candi Ijo. Jadi tunggu apa lagi? Pastikan anda berkunjung ke sana!

(foto: jogja.co)