9 Manfaat Sehat Dibalik Bau Kurang Sedap Buah Petai

Mungkin buah yang satu ini menjadi favorit namun juga musuh beberapa orang : Petai. Ya, petai memang terkenal dengan baunya yang tidak sedap.

Selain itu, bau pada petai tidak hanya saat belum dimakan, namun saat dimakanpun, baunya semakin menjadi. Maka dari itu, banyak orang yang tidak menyukai petai hanya karena baunya yang kuat.

Bau petai yang kuat tidak membuat semua orang membencinya. Pada kenyataannya, di Indonesia, petai banyak dikonsumsi karena menurut ‘penggemarnya’, rasa petai sangat lezat, terlebih jika dicampur dengan aneka sambal dan masakan.

Loading...

Buah Petai

Namun tahukah anda, di balik baunya yang tidak sedap, ternyata petai menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Sebuah situs kesehatan menyebutkan bahwa di dalam petai terkandung zat-zat baik bagi tubuh seperti karbohidrat, lemak, kalsium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, fosfor dan juga zat besi.

Bagi anda penyuka petai, ada kabar gembira karena manfaat petai yang banyak untuk tubuh.  Nah, apa saja manfaat petai bagi kesehatan tubuh? Berikut ulasan kami untuk anda.

READ:  6 Tips Olahraga di Rumah

1. Membantu Konsentrasi

Petai mengadung potassium yang dapat membantu otak kita bekerja lebih baik. Hal ini dapat meningkatkan konsentrasi otak untuk mengerjakan akvitias terutama aktivitas harian.

2. Mengobati Anemia

Jika anda memiliki penyakit anemia, anda dianjurkan untuk sering mengonsumsi petai. Hal ini karena kandungan zat besi pada petai dapat merangsang pembentukan sel darah merah, sehingga baik untuk orang yang mengalami anemia atau kurang darah.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan potassium dalam petai ternyata tidak hanya baik untuk kinerja otak, namun juga untuk membantu menurunkan tekanan darah. Bagi penderita hipertensi, mengonsumsi petai dapat menjadi piihan pengobatan yang alami.

4. Membantu Meredakan PMS

Saat wanita sedang dalam masa haid, emosinya terkadang tak terkontrol. Hal tersebut juga membuat wanita cenderung sensitif dan mood yang sering berubah-ubah.

Petai dapat dimanfaatkan untuk mengatasi PMS. Kandungan vitamin B6 dalam petai mampu mengontrol gula darah dalam tubuh sehingga membantu wanita mendapatkan mood yang lebih baik.

5. Mengurangi Nafsu Makan

Jika anda sedang berdiet dan ingin mengurangi nafsu makan anda, anda dapat mengonsumsi petai karena petai dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat menurunkan nafsu makan sehingga seseorang tidak mudah ngemil di sela-sela waktu makan utama.

READ:  Booster ASI Alami Tetap Yang Terbaik

6. Membantu Menjaga Pencernaan

Petai juga dapat membantu menjaga sistem perncernaan dengan membuat usus kita menjadi lebih sehat, sehingga terhindar dari sembelit.

7.  Mengobati Luka Lambung

Petia dikenal dengan teksturnya yang lembut dan halus. Karena itu petai dapat digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan. Buah ini juga dapat membantu menetralkan asam lambung.

8. Berhenti Merokok

Jika anda sedang berusaha ingin berhenti merokok, petai sebaiknya anda konsumsi karena kandungan vitamin B6 dan B12 bersama dengan kalium dan magnesium yang ada di dalamnya dapat membantu tubuh lebih cepat sembuh dari efek penghentian nikotin.

9. Mengobati Stroke

Menurut sebuah riset dalam sebuah jurnal kesehatan, mengonsumsi petai sebagai ‘teman’ makanan sehari-hari dapat menurunkan resiko kematian karena stroke hingga 40%.

***

Begitu banyak manfaat petai untuk kesehatan tubuh. Namun, anda juga patut memperhatikan jumlah konsumsi petai karena konsumsi petai yang terlalu berlebihan juga tidak baik utuk kesehatan ginjal dan rematik. Konsumsi dengan bijak dan nikmati manfaat buah petai. Semoga bermanfaat.