6 Manfaat Manis Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Buah apel, yang mempunyai nama latin Malus domestica adalah salah satu jenis buah yang dapat tumbuh subur dan berasal dari Asia Tengah. Kini perkembangan buah apel sudah sangat pesat tersebar secara merata ke seluruh dunia, terutama pada negara – negara yang memilki suhu udara sejuk dan dingin.

Apel adalah salah satu jenis buah – buahan yang paling banyak disajikan di meja makan rumah orang yang mengerti secara dalam akan manfaat kesehatan yang diberikan dari sebutir buah apel yang Anda konsumsi sehari – hari.

Jika musim panen tiba, jumlah buah apel sangat banyak dan tentu saja berpengaruh terhadap harga pasaran yang relatif murah. Di samping itu,  buah apel mempunyai kandungan tinggi untuk kesehatan, sehingga tidak salah menjadikan buah ini sebagai buah favorit masyarakat.

Loading...

manfaat apel

Buah apel dapat Anda konsumsi dalam keadaan segar dan sering juga diolah menjadi minuman jus dan salad sehat, semua terasa sangat nikmat.

Wajar saja jika dewasa ini sudah banyak yang membudidayakan pohon apel ini sebagai buah dengan nilai ekonomi tinggi dan memberikan sejuta manfaat kesehatan tubuh.

READ:  Obat Apa Saja Yang Wajib Dibawa Saat Bepergian?

Nah, melalui artikel singkat ini kita membahas secara mendetail manfaat apa saja yang bisa Anda peroleh dari rajin mengonsumsi sebutir apel setiap hari:

1). Manfaat Serat

Serat yang terkandung di dalam sebutir buah apel bisa membantu Anda menjaga kesehatan serta sistem pencernaan dalam tubuh, agar terhindar dari serangan penyakit diare atau konstipasi.

Guna serat di sini adalah untuk mengurangi timbunan zat – zat lemak dan kolesterol tubuh yang tinggi sehingga sangat baik dijadikan sebagai menu dalam program diet sehat Anda.

2). Menjaga Kesehatan Gigi

Mengonsumsi buah apel yang masih segar dengan cara dikunyah secara perlahan, bisa meningkatkan jumlah produksi air liur dalam mulut. Hal ini dapat berpengaruh baik terhadap kondisi kesehatan Anda yaitu menurunkan tingkat bakteri di dalam mulut serta bisa melindungi gigi dari sakit kropos dan jenis penyakit gigi lainnya.

3). Kandungan Antioksidan Tinggi

Apel mengandung zat antioksidan tinggi sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia terhadap radikal bebas negatif yang banyak terdapat di udara maupun di dalam tubuh.

READ:  8 Manfaat Hebat Apel Hijau

4). Melindungi Kesehatan Mata

Apel berfungsi bagus sebagai pelindung mata dari berbagai penyakit sebagai akibat virus yang menyerang mata seperti sakit katarak.

5). Menurunkan Resiko Alzheimer

Mengonsumsi buah apel secara rutin setiap harinya akan membantu menurunkan resiko terserang penyakit Alzheimer pada otak.

6). Manfaat Kulit dan Daging Buah

Kulit buah apel bisa dimanfaatkan sebagai obat ampuh untuk menghambat tumbuhnya sel – sel ganas kanker pada lever, usus besar, dan sebagainya. Daging buahnya juga berguna di dalam mengatasi anemia.

Buah apel juga dikenal sebagai media ampuh penghilang kelemahan daya tahan tubuh dan menambah vitalitas sehat untuk tubuh manusia.

**

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari buah apel, seperti yang sudah kami ulas di atas, Anda bisa rutin mengonsumsinya baik itu dalam keadaan segar ataupun setelah diolah menjadi berbagai bahan makanan dan minuman berbahan dasar dari buah apel seperti cake apel, salad, dan jus sehat apel.

Nah, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk semua.