Loading...

Resep dan Cara Membuat Red Velvet Cakes Bertekstur Lembut Untuk Valentine’s Day

Penulis: Nila Rubrik: Resep, Wanita

Beberapa jenis cake spesial untuk menyambut perayaan valentine’s day, salah satunya adalah jenis red velvet cake yang tengah menjadi tren besar di ibukota seluruh dunia. Bahkan restoran dan kafe mewah mulai memasukkan kue klasik ini sebagai salah satu menu favorit yang ditawarkan pada pelanggan.

Sesuai dengan namanya, yang menjadi ciri – ciri utama dan mencolok dari red velvet cake adalah dari warna merah yang pekat. Meskipun terbuat dari bubuk cokelat asli, tetapi rasa yang tersaji dalam red velvet sangat berbeda dari kue – kue cokelat pada umumnya.

Cara Membuat Red Velvet Cakes

Loading...

Adapun resep rahasia pembuatan cake ini adalah berasal dari campuran asam cuka yang sudah disuling, menjadikan warna merah pada kue semakin menyala dan tidak lupa juga tekstur yang dihasilkan, padat tetapi lembut menggoda. Hal lain yang menjadikan istimewa dari red velvet cake yaitu berupa olesan krim keju yang lezat di sekeliling roti tarnya.

Sampai saat ini, selain menjadi kudapan atau camilan sehat untuk keluarga maupun rekan – rekan kerja dan sepermainan Anda di luar rumah, red velvet cake juga sering dipakai sebagai pilihan tepat untuk menjadi kue pengantin atau hadiah manis pada perayaan valentine’s day untuk mereka yang Anda kasihi.

Anda ingin mencoba membuat red velvet cake untuk hari valentine? Kami mempunyai satu resep sederhana tetapi istimewa. Ini dia!

Bahan – bahan kue:

  • 2 1/2 cangkir (250 gram) tepung terigu diayak
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan (15 gram) cokelat bubuk
  • 1/2 cangkir (113 gram) mentega tidak asin
  • 1 1/2 cangkir (300 gram) gula pasir halus
  • 2 butir telur ayam
  • 1 sdt vanili ekstrak
  • 1 cangkir (240 ml) buttermilk
  • 2 sdm pewarna makanan cair warna merah
  • 1 sdt cuka suling putih (distilled vinegar)
  • 1 sdt baking soda

Bahan pembuatan krim keju:

  • 227 gram krim keju
  • 227 gram keju mascarpone
  • 1 sendok teh vanili ekstrak
  • 115 gram gula bubuk
  • 1 cangkir whipping cream

Cara membuat :

1. Kocok mentega dan gula pasir hingga halus, kemudian masukkan telur dan vanili, kocok hingga merata.

2. Masukkan susu dan pewarna merah dengan perlahan – lahan.

3. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk – aduk.

4. Campurkan cuka dan baking soda, lalu masukkan larutan ini ke dalam adonan.

5. Setelah merata, tuang adonan ke loyang, lalu panggang dalam oven bersuhu 180 c selama 30 menit.

6. Untuk membuat krim keju, campurkan semua bahan lalu dimixer dengan kecepatan tinggi sampai lembut sekali.

7. Hiasi kue dengan krim keju, lalu hidangkan.

Tips

Perlu juga diingat untuk menghasilkan sebuah tart yang cantik, Anda haruslah mengetahui beberapa tips khusus yang diperlukan dalam menghasilkan cake lezat bertekstur lembut.

1). Butter cream – Salah satu bahan penting yang dipakai dalam menghiasi kue cake adalah butter cream. Dibuat dari mentega putih yang dikocok hingga lembut lalu dibubuhkan pemanis. Pemanis dapat berupa tepung gula, sirup atau susu kental manis putih.

Butter cream yang terbuat dari tepung gula seringkali menghasilkan tekstur kurang lembut karena tepung gulanya tidak mampu betul – betul hancur saat dimixer bersama – sama mentega putih. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan susu kental manis putih atau sirup saja yang akan menghasilkan butter cream lebih baik dari tepung gula.

2). Pewarnaan butter cream – Untuk menghasilkan tart/cake indah dalam bentuk atau rasa, butter cream diberi warna. Pewarna kue biasa sering dipilih untuk dipakai sebagai pewarna butter cream.Agar warnanya tercampur merata, gunakanlah pewarna yang tidak mengandung banyak air.

3). Cake – Tart yang enak tergantung dari cakenya. Cake yang tepat adalah cake jenis sponge cake karena bertekstur lebih ringan. Cake yang berat seperti butter cake terlalu lembut jika dimakan bersama – sama dengan olesan krim.

Karena selera masyarakat Indonesia cenderung gemar makan cake jenis sponge cake, maka usahakan agar cake yang Anda buat jangan terlalu padat dan keras.

4). Agar cake terasa lembap – Cake harus bertekstur sedikit keras tetapi tanpa mengesampingkan rasanya agar tetap lembut. Syarat lainnya adalah cake tidak boleh terlalu kering. Supaya mendapatkan hasil lebih lembut, siram atau perciki permukaan cake dengan sirup gula yang dicampur sedikit rhum. Saat menyiram atau perciki sirup, pastikan cake dalam kondisi dingin.

Jika Anda membuat cake yang terdiri dari dua susun, maka permukaan cake yang disiram adalah dari urutan yang pertama kemudian baru ditumpuk dengan urutan kedua, sirami lagi atasnya dengan sirup.

5). Cara mengoles – Rahasia cantiknya kue valentine’s day yang akan Anda buat terletak pada bagaimana cara Anda dalam mengoleskan butter cream sebagai penutup cake. Hasilnya haruslah benar – benar licin dan rata. Butter cream tidak boleh bergelombang, harus lurus dan licin terutama pada permukaannya.

Cara paling baik mengoles adalah masukkan butter cream ke dalam plastik segitiga lalu semprotkan perlahan – lahan di atas atau di samping kue. Dengan bantuan spatula lebar, jalankan perlahan – lahan hingga licin. Pembubuhan krim dengan plastik segitiga member fungsi agar permukaan cake tidak rusak karena sentuhan spatula berulang – ulang.

6). Memberi hiasan – Hiasan tart tidak perlu terlalu rumit jika Anda belum trampil atau ahli dalam membuat kue jenis ini. Pertama adalah buat yang sederhana, namun kerapian harus tetap dijaga. Misalnya dalam membuat garis – garis atau ornamen dari cokelat cair/cokelat leleh.

Tetapi harus tetap diingat bahwa yang namanya ornamen kue tart haruslah dibuat rapi karena kalau tidak dapat membentuk garis lurus atau bersih, sebaiknya Anda tidak membuat motif kue terlalu ramai.

Dalam merangkai sebuah kue untuk persiapan pesta sederhana di hari valentin adalah dengan menambahkan rangkaian buah – buahan segar dan aneka bunga.

Cara lain yang tak kalah menyenangkan untuk dilakukan jika Anda hendak membuat sebuah pesta sederhana bersama dengan teman – teman sekolah dan tentu saja sang pacar, adalah memilih dan memasang aneka ornamen pesta yang banyak tersedia di toko – toko bahan kue. Ornamen dapat berupa patung – patung lilin kecil bertema cinta atau bunga kering. Selamat mencoba!

(foto: blisstree.com)