5 Alasan Mengapa Olahraga Diperlukan Selama Masa Kehamilan

Saat masa kehamilan, penting untuk para ibu mendapat asupan gizi, vitamin dan nutrisi untuk pertumbuhan bayi dan juga kesehatan ibu pastinya. Berbagai jenis makanan juga disarankan oleh para dokter untuk kesehatan calon bayi.

Di samping kesehatan dari dalam, dibutuhkan juga kesehatan dari luar yaitu selama masa kehamilan sangat baik untuk ibu hamil melakukan banyak pergerakan apalagi di usia kandungan yang sudah mendekati masa persalinan. Olahraga ringan dapat membantu dan memberi banyak manfaat kesehatan baik selama masa kehamilan.

Olahraga Diperlukan Selama Masa Kehamilan

Loading...

Selain manfaat ketika persalinan tiba, terdapat juga beberapa alasan mengapa penting untuk ibu hamil melakukan olahraga selama kehamilan. Untuk mengetahui alasan tersebut, silahkan baca artikel di bawah ini.

1. Menghindarkan dari Sembelit  

Para dokter menyarankan sedikit berolahraga ringan selama masa kehamilan akan menghindarkan penyakit sampai pada janin.

Saat Anda berolahraga, saluran interstitial, fungsi ginjal dan sistem retensi air  akan tetap bekerja dengan baik sehingga akan menghindarkan dari terjadinya sembelit. Di samping sembelit, berolahraga juga menghindarkan dari gestational diabetes.

READ:  6 Jenis Makanan Perusak Sistem Kekebalan Tubuh

2. Melahirkan Bayi yang Sehat

Percaya atau tidak, ibu hamil yang jarang berolahraga akan lebih memiliki bayi yang cenderung berbobot berat sedangkan untuk ibu hamil yang sering melakukan olahraga ringan akan memiliki bayi yang berbobot standard dan sehat.

Anda tidak bisa membiarkan kalori dan asupan makanan yang dikonsumsi berubah menjadi lemak yang nantinya akan dikonsumsi bayi Anda. Karena itu, menjadi salah satu alasan mengapa para wanita hamil sangat penting untuk melakukan olahraga selama masa kehamilan mereka.

3. Menghindarkan dari C – section atau Intervensi Lainnya

Meskipun belum diketahui kebenarannya secara ilmiah, namun untuk ibu hamil yang rajin berolahraga selama masa kehamilan,  akan lebih kecil resiko C – section atau intervensi eksternal saat melahirkan.

4. Membantu Proses Persalinan 

Kebanyakan wanita saat mendekati proses persalinan akan diberikan instruksi untuk melakukan olahraga panggul dan perut dengan bimbingan ahli medis untuk menghasilkan tenaga saat proses persalinan.

Selain itu, ini juga membantu menghilangkan rasa takut saat akan menghadapi proses persalinan nantinya.

READ:  6 Vitamin yang Penting Selama Masa Kehamilan

5. Menyimpan Sejumlah Energi untuk Proses Persalinan

Akan diperlukan banyaknya kesiapan saat masa persalinan, salah satunya energi yang harus disiapkan ibu hamil.

Energi tidak hanya berasal saat Anda mengkonsumsi makanan selama masa kehamilan, melainkan tenaga juga akan dihasilkan saat melakukan olahraga karena akan menjaga tingkat energi dan metabolisme dalam tubuh, Latihan sederhana dan dasar seperti meregangkan otot akan membantu persalinan.

**

Demikian 5 alasan mengapa ola raga akan sangat membantu para ibu hamil selama proses persalinan. Saat ini sudah banyak jenis olah raga yang dapat dilakukan para ibu hamil untuk membantu proses persalinan dan juga kesehatan calon bayi.

Anda dapat berjalan di pagi hari atau berenang selama  beberapa menit. Jika ini terlalu sulit untuk Anda, yoga atau meditasi juga dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat dilakukan. Ingat, asupan makanan juga jangan sampai terlupakan. Semoga bermanfaat.