Tetap Sehat Menghadapi Musim Penghujan

Awal tahun 2014 ini menjadi ujian berat bagi masyarakat Indonesia di beberapa wilayah. Seperti yang terjadi di sekitar wilayah Jabodetabek.

Beberapa tempat harus mengalami banjir yang cukup parah. Bahkan banyak pula yang harus mengungsi meninggalkan tempat tinggal karena banjir yang cukup tinggi telah mengenai rumah mereka.

Selain musibah banjir, hal yang harus diwaspadai saat musim hujan adalah kuman penyakit. Berbagai penyakit seperti batuk, pilek bahkan demam sepertinya akan mudah menyerang kita di musim penghujan ini.

Loading...

Tetap Sehat Menghadapi Musim Penghujan

Untuk itu, anda pun harus berhati-hati. Anda harus mempersiapkan diri dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh anda dan keluarga agar tidak mudah terserang penyakit.

Berikut ini adalah tips  yang dapat anda terapkan untuk menghadapi musim penghujan agar tubuh anda tetap sehat.

1.  Jaga Asupan Nutrisi dan Kebersihan Makanan

Tentu saja, tubuh yang sehat  bergantung pada apa asupan yang kita makan. Musim hujan yang dingin mungkin akan makin menggerakkan hati anda untuk mencoba berbagai macam makanan hangat seperti gorengan, mie baso yang dijual di pinggir jalan bahkan mungkin mie instant yang ada di rumah.

READ:  5 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

Ingat! pada musim penghujan, sinar matahari lebih sering tertutup awan sehingga kuman dapat tumbuh lebih leluasa. Jika anda tidak memperhatikan apa yang anda makan, maka anda akan dengan mudah jatuh sakit.

Kurangi dan hindari jajanan di pinggir jalan yang belum jelas kebersihannya. Lebih baik anda makan di rumah dengan asupan nutrisi yang seimbang. Makan buah tinggi vitamin C, karbohidrat, sayuran, protein dan vitamin lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

Jangan lupa cuci sayuran dan buah hingga bersih serta pastikan tangan anda pun sudah dicuci dengan sabun dan air bersih.

2. Minum Air Putih

Air putih dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh anda. Air putih merupakan zat detoksifikasi yang bisa dengan mudah dan murah anda dapatkan. Air putih juga dapat memberikan manfaat bagi kulit anda karena dapat membuat kulit tampak lebih sehat dan tidak kering.

Yang harus anda perhatikan adalah pastikan bahwa air yang anda minum berasal dari sumber air yang bersih dan tidak terkontaminasi zat-zat yang dapat menyebabkan penyakit.

READ:  Ingin Lebih Semangat Menjalani Hari? Coba 3 Efek Plasebo Berikut

3. Hangatkan Tubuh Anda

Pastikan anda senantiasa mempersiapkan payung atau jas hujan kemanapun anda pergi karena Anda tidak dapat memprediksi kapan hujan akan turun. Anda juga bisa menggunakan jaket hangat atau sweater untuk melindungi anda dari udara dingin.

Sebelum berangkat kerja atau pergi ke luar, akan ada baiknya jika anda membaluri tubuh anda dengan minyak kayu putih. Anda juga dapat meminum air putih/teh/susu/wedang hangat sebelum berangkat agar badan anda terasa hangat dari dalam.

4. Jemur Pakaian Hingga Kering

Anda bisa mencari cara agar pakaian anda tetap kering meski cuaca mendung/hujan. Membuat jemuran di dalam/ teras rumah akan lebih baik daripada pakaian basah hanya ditumpuk dalam ember cucian.

Jika pakaian masih terasa lembab justru akan berdampak kurang bagus bagi kesehatan, karena pakaian lembab mengindikasikan ada kandungan air dalam pakaian sehingga dapat menjadi sarang tumbuhnya bakteri.

5. Tetaplah Berolahraga

Cuaca yang dingin jangan Anda jadikan alasan untuk malas berolahraga. Justru berolahraga dapat menjaga tubuh anda terasa hangat dan tentunya sehat.

READ:  Royal Jelly, Rahasia Umur Panjang

Jika cuaca hujan membuat Anda tidak bisa berolahraga di luar, maka anda tetap bisa berolahraga di dalam rumah. Anda bisa berjalan cepat di atas treadmill  atau berolahraga dengan naik turun tangga.

Anda juga bisa melakukan berbagai pekerjaan rumah untuk melatih otot-otot tangan anda tetap lentur dan kuat. Anda bisa membantu orang tua/ isteri membersihkan lantai, merapikan rumah atau anda bisa berkeringat hanya dengan bermain dengan anak-anak anda. Banyak cara yang bisa Anda lakukan jika Anda memang ingin berolahraga di rumah.

**

Demikian 5 tips agar tetap sehat di musim penghujan kali ini. Selamat mencoba.