5 Perlengkapan Pengendara Motor di Musim Hujan yang Harus Dibawa

Di musim penghujan seperti sekarang ini, mengendarai motor menjadi hal yang tidak menyenangkan.

Bagaimana tidak? Berbeda dengan pengendara mobil atau angkutan umum, mengendarai motor di saat hujan tidak menyenangkan karena membuat tubuh basah dan kita sulit terhindar dari air hujan.

Meskipun telah menggunakan jas hujan, mengendarai motor di bawah derasnya air hujan juga membuat kaki kita basah, rambut menjadi lebih lepek dan yang tidak dapat dihindari adalah repotnya memasang dan melepas jas hujan tersebut.

Loading...

 Perlengkapan Pengendara Motor di Musim Hujan

Terutama bagi wanita yang sedang menuju tempat kerja, tampilan tubuh yang sedikit basah dengan rambut lepek sangat mengganggu penampilan.

Namun berkendara di musim hujan dapat menjadi lebih baik jika kita memiliki persiapan beberapa perlengkapan yang dapat membantu kita terbebas dari masalah-masalah di atas tersebut.

Berikut perlengkapan yang sebaiknya selalu bersama anda, baik anda pakai, anda bawa dalam bagasi motor anda, atau dalam tas bawaan anda.

1. Helm Berkaca

Saat hujan, walau dengan jas huja yang menutupi tubuh dari basahnya air hujan, wajah tak dapat terhindar dari percikan air hujan. Sebaiknya anda mengenakan helm yang memiliki kaca di depannya, sehingga air tak dengan mudah menerpa wajah dan membuat wajah basah.

READ:  4 Tips Mencegah Sakit saat Musim Hujan

Akan semakin baik pula jika anda menggunakan masker untuk menutupi hidung dan mulut anda agar wajah semakin terhindar dari air hujan.

2. Sepatu atau Sandal Berbahan Plastik

Anda sebaiknya menyimpan sepasang sandal jepit atau sepatu berbahan plastik dalam bagasi motor anda sehingga skekita hujan, anda dapat mengganti alas kaki yang anada gunakan dengan alas kaki cadangan tersebut.

Tak ingin kan kaus kaki dan sepatu anda basah? Selain sulit dikeringkan, sangat tidak menyenangkan menggunakan alas kaki yang basah terisi air.

3. Lap dan Handuk Kering

Kedua benda ini sebaiknya selalu anda siapkan baik di bagasi motor atau di dalam tas anda. Lap dapat anda gunakan untuk mengeringkan kaki yang basah, maupun mengeringkan jok  motor yang misalnya anda parkir saat hujan.

Handuk dapat anda gunakan untuk mengeringkan anggota tubuh yang basah seperti tangan, kaki , wajah hingga rambut

4. Sabun Anti Bakteri

Mungkin terdengar aneh, namun sabun anti bakteri dalam bentuk gel yang praktis sangat berguna di musim hujan seperti sekarang ini, untuk mencuci tangan dan kaki anda setelah tiba di tempat tujuan.

READ:  Tips Agar Sling Tipe Plasma Pada Winch Tidak Mudah Rusak

Musim hujan memang identik dengan penyakit karena bakteri dan kuman. Percikan air hujan ke kaki dan tangan anda membuat bagian tubuh tersebut bisa menjadi gatal atau alergi jika tidak segera dibersihkan.

Cuci tangan dan kaki anda dengan sabun tersebut untuk menjaganya tetap bersih dan higienis.

5. Aksesoris Rambut

Bagi wanita, rambut lepek setelah memakai helm dalam keadaan hujan menjadi tidak menyenangkan karena mengganggu penampilan. Siapkan aksesoris rambut untuk mengatasinya seperti bando, bandana, maupun jepit dan ikan rambut.

***

Tetaplah berkendara dengan aman dan nyaman selama musim penghujan. Semoga bermanfaat.

(foto: QT Luong/Terragalleria.com)