5 Jenis Makanan Terbaik Untuk Dikonsumsi Sebelum Berolahraga

Makanan apa saja yang tepat untuk dikonsumsi sebelum berolahraga? Mungkin banyak dari Anda yang tidak terlalu memikirkan jenis makanan apa yang harus dikonsumsi baik sebelum berolahraga atau sesudahnya, namun perlu untuk diketahui bahwa ada jenis makanan tertentu yang baik untuk dikonsumsi sebelum berolahraga karena akan membantu menemukan keseimbangan yang tepat dan memberikan asupan energi yang cukup saat berolahraga.

Makanan Terbaik Untuk Dikonsumsi Sebelum Berolah Raga

Penasaran dengan jenis makanan apa saja yang dapat bermanfaat untuk Anda terlebih sebelum melakukan olahraga? Silahkan baca artikel di bawah ini.

Loading...

1. Pisang

Karena sangat mudah dicerna, pisang tetap menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dikonsumsi sebelum melakukan olahraga. Selain mudah dicerna, pisang juga kaya akan kandungan karbohidrat dan kalium.

Asupan karbohidrat umumnya disarankan karena akan memberikan Anda banyak energi. Selain itu, kalium di dalam pisang juga akan menggantikan kalium yang keluar saat berkeringat.

2. Yogurt

Susu menjadi salah satu minuman yang sebaiknya dihindari sebelum melakukan olah ragaringan ataupun berat karena tinggi akan kandungan lemak dan sangat sulit untuk dicerna. Namun beda halnya dengan yogurt. Yogurt  adalah satu-satunya pengecualian dari aturan tersebut.

READ:  Makanan Dalam Kemasan Plastik, Bahayakah?

Berbeda dengan produk susu lainnya, yogurt menjadi pilihan yang jauh lebih sehat karena tidak mengandung banyak lemak seperti susu. Yogurt dikenal sebagai salah satu sumber energi yang baik.

3. Selai Kacang

Selai kacang biasanya dijadikan sebagai tambahan saat membuat roti panggang atau biasanya dikonsumsi langsung. Satu sendok selai kacang dapat digambarkan seperti  sebuah kapsul kecil yang terdiri dari  protein yang dapat diubah menjadi bahan bakar dan digunakan saat berolah raga. Kacang juga bagus untuk menjaga tingkat energi tetap tinggi.

4. Sereal

Bukan hanya baik dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi, tetapi semangkuk kecil sereal yang tinggi akan karbohidrat menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi sekitar satu atau dua jam sebelum berolah raga. Namun penting untuk Anda ingat untuk tidak mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi karena akan memberikan waktu untuk perut dalam mencerna.

Sayuran berserat dan buah-buahan harus dihindari sebelum berjalan karena dapat menyebabkan diare dan gangguan pencernaan.

5. Pasta

Ini mungkin tidak dapat dikatakan sebagai pilihan makanan yang tepat untuk kesehatan, tetapi pasta  memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Tidak seperti gandum atau makanan yang sulit untuk diproses, pasta ternyata  mudah untuk dicerna.

READ:  7 Makanan Yang Membantu Melancarkan Sirkulasi Darah

**

Demikian 5 jenis makanan yang bisa dikonsumsi sebelum melakukan olahraga ringan ataupun berat. Anda dapat mengonsumsi makanan satu atau dua jam sebelum melakukan olahraga untuk menghindari terjadinya masalah saat olahraga.

Perbanyak minum air putih setelah berolah raga juga akan membantu Anda. Semoga bermanfaat.