8 Tips Mengurangi Stres Selama Masa Kehamilan

Kehamilan bisa menjadi waktu yang sangat sulit untuk kehidupan seorang wanita. Banyak hal yang akan dirasakan saat menjalani proses ini seperti rasa bahagia, kecemasan dan bahkan tidak jarang sebagian ibu hamil akan mengalami masa stres dan ini semua kadang terjadi pada waktu yang bersamaan.

Melakukan kegiatan positif dan membuat diri tetap tenang dalm menjalani masa kehamilan akan benar-benar dapat membantu untuk Anda menjalani masa kehamilan Anda.

Mengurangi Stres Selama Masa Kehamilan

Loading...

Selain itu, ada juga beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindarkan stress selama masa kehamilan yang dapat Anda baca pada artikel di bawah ini.

1. Olahraga Teratur

Berolahraga secara teratur menjadi salah satu tips yang akan tetap menjaga endorfin yang bermanfaat  dalam memerangi stres. Tapi perlu untuk diingat, karena sedang dalam keadaan hamil maka hindari melakukan olahraga berat.

Anda dapat melakukan olah raga ringan seperti jalan pagi dan sore hari, berenang selama beberapa menit dan mengikuti kegiatan olahraga khusus ibu hamil.

2. Lakukakan Kegemaran Anda

Libatkan diri Anda dalam melakukan kegiatan yang Anda sukai. Cukupkan waktu Anda untuk mengeksplorasi hobi seperti melukis, blogging, dan hal lainnya yang Anda sukai.

READ:  6 Kesalahan Terbesar dalam Perawatan Kulit

Melakukan hal-hal ini akan membuat pikiran Anda menjadi sibuk dan juga memberikan kebahagiaan.

3. Berkumpul dengan Teman

Berada dalam masa kehamilan akan banyak pikiran yang menghantui Anda. Mulai dari rasa cemas akan kesehatan bayi, proses kelahiran bahkan hal apa yang akan dilakukan setelah proses kehamilan. Namun, dengan berkumpul bersama teman akan memberikan Anda sedikit rasa tenang dan nyaman.

Teman dan sahabat Anda juga akan memberikan banyak masukan tentang apa saja hal yang perlu dilakukan, karena itu akan sangat baik jika Anda setidaknya meluangkan waktu untuk berjalan-jalan bersama teman Anda.

4. Perbanyak Minum Air

Ini sudah menjadi hal yang sangat umum dan wajib untuk dilakukan tidak terkecuali untuk ibu hamil. Bagi wanita hamil  sangat penting untuk mendapatkan asupan air yang lebih banyak untuk menghindarkan dari dehidrasi dan juga menghidar dari  kehilangan nafsu makan dan menjauhkan penyakit.

Minum banyak air ( minimal delapan gelas sehari) akan membuat Anda sehat dan juga menghilangkan racun tertentu dalam tubuh yang menjadi penyebab stres.

READ:  Masalah Tidur Terkait dengan Kanker Prostat?

5. Gunakan Pakaian Longgar

Untuk ibu hamil sangat tidak disarankan untuk menggunakan pakaian ketat. Pakaian longgar namun nyaman akan lebih memungkinkan untuk Anda agar bergerak lebih bebas dan tetap santai.

6. Manjakan Diri

Membuat  janji di salon kecantikan atau spa langganan Anda juga menjadi salah satu tips menghilangkan stress. Pijatan lembut pada daerah kepala, badan, tangan dan kaki akan membuat Anda merasa lebih rileks.

7. Percaya Diri

Kebanyakan para ibu akan merasa stres sebelum menjalani proses persalinan. Mereka akan memikirkan hal-hal buruk yang akan terjadi pada dirinya dan bayinya nanti.

Namun, perlu untuk Anda menyakinkan diri untuk percaya bahwa saat persalinan nanti Anda akan berhasil, Anda siap untuk merawat bayi Anda nantinya dan akan menjadi ibu terbaik untuk bayi yang akan dilahirkan .

8. Seringlah Berkonsultasi Pada Dokter

Anda bisa mendapatkan banyak informasi kesehatan terkait dengan membaca dan berbicara dengan teman-teman atau dokter pribadi Anda. Ini akan mengurangi tingkat stres Anda.

READ:  5 Resep Masker Rambut dari Pisang

**

Demikian beberapa tips sederhana yang dapat menurunkan tingkat stres yang biasa dialami ibu hamil pada umumnya. Saat Anda berada pada kondisi stres, bukan hanya Anda yang akan merasakannya, melainkan bayi pun akan merasakannya. Karena itu, akan lebih baik untuk tidak memikirkan atau melakukan hal yang dapat memicu stres. Semoga bermanfaat