Sedapnya Sup Ayam Saat Musim Penghujan

Di musim penghujan seperti sekarang ini, tentu paling nikmat rasanya jika kita menyantap hidangan yang hangat-hangat. Salah satunya hidangan sup ayam.

Selain nikmat, sup ayam juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, sup ayam ini bisa menjadi rekomendasi untuk menu masakan anda di rumah.

Sup Ayam Saat Musim Penghujan

Loading...

Apa saja manfaat sehat dari sup ayam? Berikut penjelasannya.

1. Penambah Energi

Daging ayam memiliki kandungan protein tinggi untuk tubuh. Selain Anda akan merasa lebih kenyang lebih lama, kandungan protein yang ada pada daging ayam dapat menjadi sumber penambah energi bagi tubuh anda jika anda sedang merasa lesu.

2. Cocok untuk Penderita Flu

Ternyata, kuah sup ayam dianggap lebih efektif mengatasi hidung tersumbat daripada air panas biasa. Sup ayam yang masih panas ternyata dapat membersihkan sekresi atau lendir pada hidung yang diakibatkan oleh bakteri patogen atau virus.

Oleh karena itu, jika Anda sedang terserang flu, ada baiknya jika Anda menyantap sup ayam untuk mempercepat proses penyembuhan.

READ:  Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Di Musim Hujan?

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bumbu-bumbu yang ada di dalam sup seperti bawang putih, merica, pala, daun bawang dan seledri merupakan bumbu-bumbu yang memiliki khasiat baik untuk kesehatan.

Bawang putih misalnya, ternyata dapat berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh kita dan memperkuat sel yang ada dalam tubuh untuk bekerja menjadi pembunuh virus. Dari penelitian tentang khasiat bawang putih ini, ternyata ditemukan bahwa bawang putih dapat membunuh bakteri-bakteri yang ada dalam hidung dan tenggorokan kita.

Selain itu, berbagai macam sayuran yang ada dalam sup ayam seperti wortel, tomat, buncis, kol juga bisa menjadi sumber vitamin dan antioksidan yang bermanfaat baik bagi tubuh.

Sebagai contoh misalnya sayur wortel. Seperti kita ketahui, wortel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dan daun seledri juga mengandung serat dan vitamin C yang sangat bagi kesehatan tubuh.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan hanya dalam satu mangkok sup ayam saja. Anda pun bisa mencoba membuatnya di rumah. Dengan rasanya yang nikmat dan banyaknya khasiat, tentu anda wajib memasukkan hidangan ini ke dalam list menu masakan Anda.

READ:  5 Hal yang Harus Anda Persiapkan Menjelang Musim Hujan

Berikut ini kami sertakan juga resep sup ayam, semoga bermanfaat.

Resep Sup Ayam Sehat

Bahan :

  • 1 ekor ayam yang sudah dipotong menjadi bagian-bagian kecil
  • 150 gr wortel (dipotong kotak atau bulat, sesuai selera)
  • 100 gr kapri, siangi
  • 100 gram jagung manis pipil
  • 1 tangkai seledri, iris-iris
  • 1 batang daun bawang, dipotong 1 cm
  • 1800 ml air
  • 2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh pala bubuk
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 2 buah bawang putih, geprek dan cincang

Cara Pengolahan :

  1. Rebus ayam hingga empuk.
  2. Sambil menunggu ayam empuk, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan tumisan ke dalam rebusan ayam.
  3. Masukkan garam, merica, dan pala.
  4. Masukkan sayuran : wortel, kapri dan jagung manis pipil
  5. Tidak lama kemudian, masukkan seledri, daun bawang dan tomat. Masak sebentar hingga sayuran empuk. Jangan lupa cicipi rasanya terlebih dahulu. Anda bisa tambahkan garam jika masih terasa kurang asin.
  6. Tuang ke dalam mangkuk saji dan sajikan segera selagi hangat.

Sangat gampang membuatnya bukan? Anda sendiri pun bisa mempraktikkannya di rumah. Selamat mencoba.