4 Tips Memilih Aplikasi Chat untuk Ponsel Anda

Saat ini, tidak bisa dipungkiri messenger telah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat modern. Silahkan cek handphone anda dan teman Anda, pasti semua memiliki minimal 1 aplikasi messenger dalam handphonenya.

Sebenarnya, kebutuhan akan messenger ini tidak terlepas dari kebutuhan sehari-hari untuk berkomunikasi. Saat ini, fitur messenger pun juga lebih beragam.

 Tips Memilih Aplikasi Chat

Loading...

Jika dulu, kita lebih mengenal yahoo messenger sebagai alternatif untuk chatting dengan teman, saat ini kita bisa memilih aplikasi sesuai dengan yang kita inginkan karena begitu banyak variasi fitur yang ada.

Sebut saja, whatsApp, Blackberry Messenger, KakaoTalk, Line, dan Wechat. Semua memiliki penawaran pada fiturnya masing-masing, meskipun rata-rata tetap memiliki fungsi yang sama.

Saat ini, boleh dibilang pengguna messenger kian menggila. Seperti yang ditulis dalam majalah Sinyal edisi Agustus 2013, jumlah pengguna messengger cukup fantastis. Seperti BBM yang memiliki 60 juta pengguna. Line 150 juta, WhatsApp 200 juta, dan bahkan Wechat 300 juta pengguna.

Sebenarnya banyak hal yang menyebabkan messenger lebih menarik dari sms. Selain karena faktor biaya, faktor fitur yang ada di dalamnya telah membuat messenger ini dilirik oleh banyak pengguna di dunia.

READ:  Mengenal Aplikasi Line dan Cara Menggunakannya

Namun, dengan banyaknya aplikasi messenger yang tersedia secara gratis, terkadang kita bingung. kira-kira manakah yang terbaik untuk dipilih? Jangan sampai kita menginstall applikasi yang justru hanya membebani memory handphone kita.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih messenger. Simak penjelasan berikut.

1. Lihat Jumlah Anggotanya

Salah satu hal yang membuat BBM laris di Indonesia karena banyaknya pengguna smartphone Blackberry.

Meskipun saat ini sering terdengar keluhan dari pengguna BB, tapi tak bisa diingkari bahwa messenger ini masih diminati oleh banyak kalangan karena jumlah pengguna hp BB sendiri memang masih cukup banyak. Apalagi saat ini BBM bisa diinstall di hp android.

Jika orang-orang di sekeliling anda banyak yang menggunakan BB, maka pilihan BBM bisa menjadi pilihan terbaik untk anda. Demikian pula dengan aplikasi lain. Anda dapat menggunakan aplikasi semisal WhatsApp, jika ternyata orang-orang di sekeliling Anda banyak yang menggunakan aplikasi tersebut.

2. Pilih yang Mensupport Banyak Operating System (OS)

Jika kita ingin menggunakan messenger ini untuk kebutuhan, maka faktor ini layak juga Anda perhitungkan. Semakin banyak OS yang di dukung pada messenger anda, maka akan semakin banyak pula kemungkinan orang lain menggunakan messenger tersebut.

READ:  9 Macam Ancaman Terhadap Jaringan Komputer

3. Fitur itu Penting

Carilah messenger yang memiliki banyak fitur.

Jika bicara soal fitur standar dari messenger pada umumnya, maka adanya fitur chat, emoticon, send multimedia, sebenarnya sudah cukup menjadi acuan dalam memilih sebuah aplikasi messenger. Namun, Anda harus tahu bahwa tidak semua messenger memiliki fitur lebih, seperti video call, send file, dan lain-lain.

Semakin banyak fitur yang dimiliki dalam sebuah messenger, maka sejatinya messenger akan semakin baik. Anda setuju?

4. Ringan, Cepat dan Stabil

Jangan lupa, selain mencari fitur yang banyak, Anda juga harus yakin bahwa messenger tersebut itu bisa menjalankan fungsinya dengan ringan, stabil dan cepat.

Saat ini banyak sekali messenger yang menawarkan banyak fitur dengan tampilan yang bagus, namun sayang sekali ternyata masih kurang stabil saat digunakan, kurang cepat dalam pengiriman dan menghabiskan banyak memory pada hp anda.

Meskipun tentu saja, ketika bicara soal stabil dan cepat, semua itu juga bergantung pada faktor lain seperti faktor jaringan, server dan faktor dari software itu sendiri.

READ:  Wah, Ternyata Ada Bulu Mata Palsu Yang Bisa Menyala

Anda bisa mencari review tentang berbagai fitur messenger lewat internet atau majalah, untuk meyakinkan anda bahwa messenger yang Anda pilih dapat memuaskan kebutuhan anda dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik.