6 Tips Merawat Sepatu : Beda Jenis, Beda Cara Membersihkannya

Jika anda termasuk pecinta sepatu alias seseorang yang memiliki banyak jumlah sepatu dan memang gemar memiliki berbagai jenis sepatu yang anda sesuaikan dengan model berbusana anda, semoga anda juga gemar merawatnya.

Sepatu yang terawat akan awet untuk digunakan, tidak mudah berjamur dan rusak, hingga warna dan kebersihan yang tetap terjaga. Selain itu, sepatu yang terawat juga dapat membantu menjaga kebersihan kaki anda lho.

Terutama jika sepatu tersebut tidak berharga murah, sebaiknya anda pintar-pintar untuk merawat sepatu tersebut hingga nasibnya tidak sama dengan sepatu murah yang rela anda tinggalkan jika rusak sedikit saja.

Loading...

Tips Merawat Sepatu

Merawat sepatu dapat dikatakan susah-susah gampang, karena sepatu terdiri dari berbagai jenis bahan pembuatnya, hingga fungsi, warna dan yang lainnya.

Karena setiap jenis sepatu memiliki cara perawatan yng berbeda, berikut tips merawat sepatu berdasarkan jenis dan bahannya.

1. Kulit

Sepatu kulit akan tampak indah digunakan jika tetap terjaga kebersihannya yang mengkilap tak berdebu. Sepatu berbahan kulit yang kotor dan berdebu akan mengurangi tampilannya dengan drastis seperti sepatu usang.

READ:  Tetap Bergaya di Musim Hujan Dengan Sepatu Boots

Anda dapat merawat sepatu kulit anda dengan menggunakan kain yang lembab namun tidak terlalu basah untuk membersihkan permukaannya. Poles sepatu dengan semir dan lindungi dengan pelapis khusus anti debu dan kotoran.

Untuk sepatu kulit dengan detil yang kecil, anda dapat menggunakan sikat gigi bekas untuk menjangkau area yang sulit.

Dikarenakan keadaan udara di Indonesia cukup lembab, simpan sepatu kulit anda di tempat yang kering.

2. Suede

Sepatu berbahan suede sering dianggap paling sulit dibersihkan karena bahannya yang lembut dan mudah kotor.

Untuk membersihkan sepatu berbahan suede, anda dapat menggunakan sikat lembut yang khusus digunakan untuk sepatu berbahan suede. Sikat tersebut terdapat di toko-toko sepatu yang khusus menjual produk perawatan sepatu.

Jika sepatu bernoda, jangan bersihkan dengan lap basah karena anda membuat sepatu semakin kotor dan lebih sulit untuk dibersihkan.

3. Satin

Sepatu satin yang seksi sebaiknya dibersihkan dengan menggunakan sponge atau kain yang hangat. Bila ada kotoran atau noda, bersihkan dengan gosokan lembut satu arah agar tidak merusak bahan satin tersebut.

READ:  8 Cara Terlihat Lebih Kurus Secara Instan

4. Espadrille

Sepatu Espadrille adalah sepatu berbahan jerami yang cocok digunakan pada musim panas karena gayanya yang kasual dan ‘adem’.

Sepatu ini sebaiknya dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi yang berbulu sangat halus yang dapat anda campur dengan sedikit deterjen. Tidak disarankan untuk menyikatnya terlalu keras karena akan membuat warna bahan menjadi luntur.

5. Kulit Ular

Sepatu berbahan kulit ular sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sepatu kulit lainnya. Simpan ditempat yang sejuk, tidak terlalu lembab dan juga tidak langsung di bawah terik matahari.

Untuk perawatannya, anda dapat menggunakan krim khusus untu sepatu berbahan kulit ular.

6. Kanvas

Sepatu kanvas atau yang dikenal dengan sebutan sneakers mungkin merupakan salah satu jenis sepatu yang jarang dibersihkan karena memang nyaman digunakan dan tidak menuntut tampilan sepatu yang sangat bersih.

Namun dalam perawatan dan membersihkannya, anda dapat mencucinya dengan sabun lembut seperti shampo dan sikat berbulu halus. Jangan jemur di bawah sinar matahari langsung karena dapat memudarkan warnanya.

***

Semoga bermanfaat.