6 Tips Agar Rambut Tetap Indah di Musim Hujan

Di musim hujan seperti sekarang ini, seaakan tak ada pilihan lain, bahwa kita harus melengkapi aktivitas dengan membawa perlengkapan seperti jas hujan, payung, handuk kering dan lain sebagainya.

Hal tersebut karena saat hujan tiba, tak jarang kita sedang berada di luar ruangan dan kita harus rela sedikit berbasah-basahan karena hujan.

Sebagian orang mungkin tidak terlalu ambil pusing untuk terkena air hujan, karena sekilas air hujan hanyalah tetesan air. Namun karena keadaan lingkungan semakin memburuk, air hujan juga tak lepas dari kandungan polusi, debu dan lain sebagainya.

Loading...

Agar Rambut Tetap Indah di Musim Hujan

Bagian tubuh yang paling sering terkena hujan adalah rambut. Jika anda perhatikan, rambut yang terkena hujan dengan rambut yang terkena air bersih cukup berbeda. Rambut yang terkena air hujan biasanya lebih susah dikeringkan dan terkesan lengket. Hal ini tentu tidak menyenangkan.

Terutama bagi wanita, tetesan air hujan  pada rambut sangat mengganggu karena selain membuat rambut menjadi basah, rambut juga terlihat lepek dan berantakan.

Nah, untuk menjaga kecantikan rambut di musim hujan, berikut tipsnya untuk anda.

READ:  Tetap Bergaya di Musim Hujan Dengan Sepatu Boots

1. Mencuci Rambut

Tentu, mencuci rambut tidak hanya disarankan untuk musim hujan. Hanya saja, di musim hujan kelembaban rambut bertambah sehingga membuat rambut lebih cepat berminyak.

Sebaiknya cuci rambut anda secara teratur seperti biasa, namun dengan shampo yang memberi efek bervolume dan menyegarkan. Kandungan shampo juga sebaiknya dari daun mint, lemon dan lain sebagainya.

2. Teknik Mengeringkan Rambut

Jika rambut anda basah karena hujan, keringkan dulu dengan menggunakan handuk bersih. Setelah rambut tidak terlalu basah, sisir dengan sisir bergigi jarang untuk mengurangi rambut patah.

Rambut yang basah karena hujan sebaiknya dikeringkan dengan diangin-anginkan saja, dengan bantuan jari tangan anda. Hindari menggunakan pengering rambut karena akan membuat rambut lebih mudah kering dan rapuh.

3. Cegah Ketombe

Di musim hujan, rambut biasanya lebih mudah berketombe. Hal ini kelembaban rambut semakin tinggi dan menjadikan rambut lebih mudah berminyak.

Anda dapat mencegah rambut berketombe dengan cara menggunakan shampo anti ketombe sebagai ganti shampo biasa anda, maupun melakukan perawatan alami anti ketombe dengan menggunakan masker rambut berbahan jeruk nipis.

READ:  Beraneka Masker Rambut Alami yang Patut Dicoba

4. Penutup Kepala

Jika anda tahu bahwa anda akan sering berada di luar ruangan, siapkan penutup kepala yang dapat melindungi rambut anda dalam keadaan darurat saat hujan turun.

Pilih topi yang tidak hanya melindungi wajah anda namun juga rambut bagian belakang dan juga payung yang berukuran mini hingga praktis dibawa. Siapkan juga handuk kering dalam tas anda sehingga dapat anda gunakan sewaktu-waktu.

5. Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat dapat membantu menyuburkan dan merawat rambut dari dalam, terlebih saat musim hujan. Cobalah cara alami ini dengan asupan makanan yang banyak mengandung vitamin E dan kalsium.

6. Atur Gaya Rambut

Hindari gaya rambut yang beresiko menjadi ‘berantakan’ saat terkena hujan seperti mengeriting dengan alat curling. 

Pilih gaya rambut yang simpel seperti mengikatnya atau membiarkannya jatuh tergerai dengan pilihan aksesoris cantik seperti bandana, bando, atau pernak-pernik rambut lainnya.

***

Itulah 6 kiat untuk menjaga keindahan rambut di musim hujan. Semoga bermanfaat.